Resensi Novel Arkananta; Sinopsis, Intrinsik Dan Pesan Moralnya

Resensi Novel Arkananta; Sinopsis, Intrinsik dan Pesan Moralnya

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Kamu yang suka dengan novel yang berbau keluarga kamu bisa loh simak dan baca novel Arkananta. Dimana novel ini mengisahkan duda kaya yang harus berjuang menjadi ayah dan juga ibu untuk ke tujuh anak lelakinya yang tampan.

Dalam resensi novel Arkananta ini kami akan jelaskan secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan kekurangan dan juga pesan moralnya. Yuk, simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Arkananta

Judul NovelArkananta
PenulisShiningjaemz
PenerbitAkad
Ukuran Buku14×20 cm
Jumlah Halaman244 Halaman
KategoriFiksi
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.89.500,-

Novel Arkananta ini merupakan sebuah karya dari Shiningjaems yang diterbitkan pada tahun 2021 dimana buku ini memiliki jumlah halaman sekitar 244 halaman dengan ukuran 14×20 cm.

Buku ini cukup menarik dari kisah keluarga biasanya karena mengisahkan duda tampan dengan ke tujuh anaknya yang memiliki keunikan dan perbedaan masing-masing dan bagi kamu yang penasaran dengan kisahnya kamu bisa simak sinopsisnya terlebih dahulu.

Sinopsis Novel Arkananta

Dalam resensi novel Arkananta kami juga akan menjelaskan sinopsis novel dimana sinopsis ini dapat membuat kamu memahami secara garis besar ini menceritakan tentang apa dan berikut penjelasannya.

Arkananta, merupakan nama belakang yang dimiliki oleh tujuh remaja tampan dan unik dengan masing-masing karakter yang dimiliki. Sebuah keluarga yang dikepalai oleh Januar Arkananta.

Januar Arkananta ini merupakan seorang duda kaya tampan dan memiliki kehiudpan yang hangat dan penuh cinta satu sama lain dalam satu ataap bernama rumah.

Dan semuanya terasa begitu indah dan menyenangkan sebelum akhirnya, sebuah kehancuran datang menghampiri. Satu per satu anggota keluarganya pergi meninggalkan bangunan yang telah mengukir indah kisah mereka.

Rumah yang dulunya nyaman, mendadak berubah menjadi bangunan kosong tanpa makna, jika salah satu dari mereka ingin memperbaiki, apakah berhasil atau justru semakin hancur?

Dan siapa sangka seorang pria sukses dan kaya raya harus menerima nasibnya untuk mengemban peran ganda? Selain menjadi CEO ternama salah satu perusahaan Januar Arkananta ini juga harus berperan sebagai sosok ayah sekaligus ibu di dalam keluarga.

Dimana dia harus menjadi peran ganda bagi ke tujuh anak lelaki tampannya dengan berbagai karakter. Di mulai dari si Kevin si anak pertama yang penurut, Rei si mudah emosian, Bian yang selalu menyelesaikan semua masalah dengan otot.

Abel manusia usil, Raven di pengganti sosok mama, Jeje si ambisius dan si bungsu yang bernama Atha yang manja banget dan keluarga ini hidup dengan bahagia.

Hingga suatu ketika, sebuah kehilangan datang menghampiri dimana keadaan rumah yang bermula hangat berubah dingin dan berasa semakin memuakkan.

Dimana ketika Januar menyalahkan salah satu dari mereka tentang kejadian tersebut. Semuanya hancur dan berantakan. Namun, jika salah satu dari mereka inngin berusaha untuk memperbaiki.

Lalu apakah keadaan akan kembali seperti sedia kala? Ataukah akan semakin hancur? Dan selanjutnya apakah mereka bisa bersama kembali seperti layaknya sebuah keluarga yang hangat? Kamu bisa simak kisah kelanjutannya di dalam novel Arkananta secara lengkap ya.

Unsur Intrinsik Novel Arkananta

Dalam resensi novel Arkananta ini kami juga akan menjelaskan sedikit mengenai unsur intrinsik dari novel tersebut dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang digunakan dalam novel ini adalah tentang keluarga dan segala permasalahannya.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Januar Arkananta, ia merupakan ayah yang bertanggung jawab dan bijak serta tampan dan kaya raya
  • Kevin, ia merupakan si sulung anak pertama yang sangat penurut
  • Rei, dia anak yang mudah emosian
  • Bian, seorang anak yang suka menyelesaikan masalah dengan otot dan kekerasan
  • Abel, ia anak yang suka usil
  • Raven, ia sosok pemuda yang bisa mengganti sosok mama karena penyayang
  • Jeje, dia remaja yang sangat ambisius
  • Atha, si bungsu yang sangat manja

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan adalah pagi hari, siang hari, sore hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di rumah Januar, di sekolah dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Arkananta ini adalah sudut pandang orang ketiga yang serba tahu dan sudut pandang orang pertama.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan sehingga novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan mulai remaja hingga dewasa.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah selesaikanlah masalah dengan mencari solusi bukan menyalahkan orang lain dan berhati-hatilah dalam menentukan atau memutuskan sesuatu agar kamu tidak menyesal pada akhirnya.

Unsur Ekstrinsik Novel Arkananta

Selanjutnya dalam resensi novel Arkananta ini kami juga akan membahas mengenai unsur ekstrinsik novel Arkananta dan berikut penjelasannya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang ada dalam novel ini adalah sikap ke 7 saudara yang selalu bekerja sama dalam menghadapi masalah hingga masalah itu datang dan ayah mereka tidak lagi menyayangi mereka.

2. Nilai Moral

Sikap Januar Arkananta yang keras karena menganggap kematian Kevin disebabkan oleh adik-adiknya sehingga membuat Januar benci anak-anaknya hal itu merupakan hal yang patut di contoh.

Kelebihan Novel Arkananta

Setiap karya tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya dan berikut penjelasan lengkap kelebihan dari novel ini yaitu:

  • Kelebihan pertama yaitu novel ini memiliki alur cerita yang menarik dan unik
  • Selanjutnya ceritanya yang ringan dan mudah dipahami oleh pembaca
  • Tidak hanya itu, novel ini juga memiliki pengembangan karakter yang baik
  • Penulis juga menggambarkan suasana dengan sangat detail sehingga pembaca dapat membayangkan situasi yang terjadi dengan baik

Kekurangan Novel Arkananta

Selain kelebihan tentunya novel ini juga memiliki kekurangan yang perlu kamu pahami, dan berikut beberapa kekurangannya yaitu:

  • Novel ini memiliki banyak tokoh sehingga kita perlu membaca dengan teliti sehingga tidak keliru tokoh mana yang sedang berperan
  • Selanjutnya masih ditemukan beberapa kesalahan kata atau tyfo yang membuat kalimat tidak enak di baca

Pesan Moral Novel

Novel ini mengajarkan kita akan sangat pentingnya sebuah komunikasi dalam keluarga supaya tidak terjadi kesalahpahaman yang dapat merugikan semua anggota keluarganya dan jangan sampai menyelesaikan masalah karena emosi tapi harus di pikir secara matang.

Akhir Kata

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai resensi novel Arkananta yang kami jelaskan mulai dari identitas novel, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: