Resensi Novel Arthan; Sinopsis, Intrinsik dan Pesan Moral

Bagi kamu yang suka dengan kisah percintaan perjodohan yang seru kamu bisa coba baca novel Arthan karena perjodohan yang kocak dan juga seru mereka yang sama-sama ketua geng motor yang harus di jodohkan.

Dalam artikel ini akan di bahas terlebih dahulu resensi novel Arthan dan dalam resensi ini akan kami bahas mengenai unsur intrinsik novel, sinopsis, identitas, hingga kelebihan dan juga kekurangan serta pesan moralnya. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Arthan

Judul NovelArthan
PenulisLoli Milkyy
PenerbitLoveable x Romancius
Ukuran Buku14×20 cm
Jumlah Halaman320 halaman
Tahun Terbit2021
KategoriFiksi Romance
Harga BukuRp.95.000,-

Novel Arthan ini merupakan salah satu cerita Lolimilky yang pertama kali diterbitkan di Wattpad bahkan novel ini dibukukan pada tahun 2021 oleh PT. Loveable X Romancius dan meraih gelar best seller.

Novel ini memang sangat cocok dibaca oleh para remaja dewasa sebagai bacaan santai dan dapat di baca dalam waktu senggang ketika sedang boring ada di rumah karena kisah mereka cukup unik menarik dan tentunya berbeda dari kisah yang ada.

Sinopsis Novel Arthan

Dalam sebuah resensi novel Arthan kamu akan menemukan sinopsis novel. Dan sinopsis ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin memahami novel ini secara garis besar karena sinopsis ini menceritakan kisah novel Arthan secara singkat saja.

Perlu kamu ketahui bahwa novel Athan ini yaitu bercerita mengenai Beby yang mengira dijodohkan hanya akan ada pada cerita-cerita fiksi remaja belaka saja.

Namun, nyatanya kejadian itu menimpa dirinya dan menjadi nyata dimana Beby si ketua geng motor Aggasa ini harus di jodohkan dengan ketua geng motor Herperos.

Dimana ketua geng Heperos ini bernama Arthan, dan Beby tidak menyangka sama sekali jika harus di jodohkan dengan Arthan karena Beby selalu menganggap bahwa Arthan ini merupakan lelaki tengil yang gak jelas.

Dan ia sangat tidak mau jika harus membayangkan ia berjodoh dengannya bahkan menjadi suami yang sangat mencintainya, dan hari pun kini kian berganti dimana setiap pertemuan Beby dan Arthan selalu diwarnai dengan keributan,

Dimana mereka selalu beradu argumen dan saling mencaci maki satu sama lain. dan intinya tidak akan berdamai jika dilihat dari cara mereka berkomunikasi.

Bagi Arthan sendiri Beby merupakan perempuan yang sangat keras kepala yang tidak kenal takut. Dan bagi Beby Arthan adalah seorang lelaki yang menyebalkan, tengil dan juga tidak waras dan kadang membuat Beby sangat benci Arthan karena sikapnya yang tengil.

Namun, ternyata dibalik kekonyoloan mereka berdua, terdapat rahasia besar yang sebenarnya disembunyikan mereka dan kemudian melewati perjodohan ini.

Lantas apakah pada akhirnya Beby dan Arthan bisa saling jatuh cinta atau malah saling menyakiti satu sama lain? lalu apa rahasia yang mereka berdua sembunyikan dan membuat pembaca merasa penasaran dengan mereka berdua?

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui jawabannya kamu bisa simak secara langsung di novel Arthan secara langsung ya! di jamin kamu akan menikmati novel ini.

Unsur Intrinsik Novel Arthan

Dalam sebuah resensi novel Arthan kamu juga akan menemukan beberapa unsur intrinsik novel Arthan yang perlu kamu ketahui, dimana unsur intrinsik ini adalah unsur pembangun novel yang berasal dari dalam. Dan berikut beberapa unsur intrinsik dalam novel ini, yaitu:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Arthan ini yaitu menceritakan tema tentang percintaan, perjodohan dan juga persahabatan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Arthan, ia merupakan sosok yang tengil, tidak jelas dan sangat suka mengerjai Beby
  • Beby, ia merupakan cewek yang keras kepala, tidak suka di atur, semaunya sendiri dan tidak bisa dibantah
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Arthan ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur yang terdapat dalam novel.

4. Latar waktu

Latar waktu yang terdapat dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu yang sama dengan novel lainnya yaitu pagi hari, siang hari, dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di rumah Beby, di rumah Arthan, di jalanan, di atas motor dan masih banyak lagi latar tempat lainnya yang digunakan.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini menggunakan sudut pandang campuran dimana ada sudut pandang orang ketiga dan sudut pandang masing-masing tokoh utama.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Arthan ini menggunakan gaya bahasa pada umumnya yaitu bahasa gaul para remaja lo, gue dan sebutan lainnya dalam remaja dewasa di perkotaan.

8. Amanat

Janganlah membenci seseorang dengan terlalu karena ujungnya bisa jadi cinta dan jadilah seperti Beby yang tidak takut dengan masalah yang selalu datang padanya dan banyak yang iri melihat kehidupannya yang sangat bahagia.

Unsur Ekstrinsik Novel Arthan

Dalam resensi novel Arthan ini kami juga akan jelaskan juga unsur ekstrinsik novel Arthan dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Sikap Arthan yang biasanya tengil tentunya ia juga memiliki teman dan juga sahabat dan menandakan ia memiliki sosialisasi yang cukup bagus begitu pula dengan Beby juga memiliki sahabat yang cukup banyak.

2. Nilai Moral

Beby yang pemberani ia tidak takut menghadapi maslah justru ia menghadapinya dengan berani dan tegas ia tipe orang yang keras kepala dan tidak bisa dibantah.

3. Nilai Pendidikan

Novel ini tidak begitu baik dalam pendidikan karena ada banyak kata-katas kasar dan juga adanya perkelahian jadi tidak cocok di baca anak-anak.

Kelebihan Novel Arthan

Dalam sebuah karya tentunya kita akan menemukan beberapa kelebihan dan juga kekurangan sama halnya dengan novel Arthan ini berikut beberapa kelebihan novel Arthan, diantaranya adalah:

  • Novel ini memiliki alur yang mudah dipahami oleh semua kalangan
  • Suasana dalam novel juga dijelaskan secara detail
  • Gaya bahasa yang digunakan merupakan gaya bahasa remaja gaul yang sangat mudah dipahami dan sudah lumrah digunakan
  • Karakter yang kuat dan membekas di ingatan

Kekurangan Novel Arthan

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Ada beberapa kata-kata kasar di dalam novel yang tidak pantas di contoh
  • Beberapa tyfo dalam novel
  • Endingnya mudah di tebak

Pesan Moral Novel Arthan

Dalam novel ini mengajarkan bahwa ketika kamu membenci seseorang maka kamu jangan terlalu membenci karena suatu saat perasaan itu akan berubah jadi cinta dan tentunya keberanian dari Beby harus patut di acungi jempol dalam menghadapi semua masalah.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Arthan mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan pesan moralnya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: