Resensi Novel Atharrazka: Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Resensi novel Atharrazka ini akan menjelaskan identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik kelebihan dan juga kekurangannya tak hanya itu kami juga akan jelaskan pesan moral novel Atharrazka secara lengkap.

Dan untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. Novel yang mengisahkan kisah percintaan romantis ini bisa kamu coba baca di waktu senggang tapi sebelumnya bisa simak resensinya terlebih dahulu sebelum membeli bukunya.

Identitas Novel Atharrazka

Resensi Novel Atharrazka
Judul NovelAtharrazka
PenulisErlis Kurniyanti
PenerbitCloud Books
Jumlah Halaman280 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2023
Harga BukuRp.84.000,-

Novel Atharrazka ini merupakan sebuah novel karya Erlis Kurniyati yang diterbitkan pada tahun 2023 oleh PT. Cloud Books dan novel ini memiliki ketebalan mencapai 280 halaman dan ukuran buku sekitar 13×19 cm.

Novel ini diterbitkan awalnya di versi Wattpad dan kemudian akhirnya dibukukan di tahun tersebut. Dan novel ini ini memiliki fokus cerita lebih ditujukan pada tokoh utama, yaitu Arshaka dan hubungannya dengan Zanara.

Sinopsis Novel Atharrazka

Dalam resensi novel Atharrazka ini akan kami jelaskan juga mengenai sinopsis novel dimana sinopsis ini akan membuat kamu paham apa isi dari novel Atharrazka ini secara garis besar dan berikut sinopsis ceritanya.

Novel ini mengisahkan seorang Arshakan Nizama Atharraka yaitu seorang pemuda yang menjadi anak sulung keluarga Abiya. Dan saat ini usianya menginjak 23 tahun, Arshaka tengah menempuh pendidikan S2 dalam bidang psikologi dan semester tiga.

Arshaka memiliki paras yang tampan, namun dingin, tegas, to the point, jarang senyum namun memiliki kehangatan di dalam dirinya. peran penting jatuh kepada Arshakan sebagai pemimpin pesantren yang memiliki oleh keluarga Abyan.

Istri dari Abiyan ini bernama Zara Ninditama. Selain Arshaka mereka juga memiliki anak lainnya yaitu Aryan, Zyana, Abyzar da Alarik. Dan keluarga ini selalu menjadi teladan dan idaman bagi banyak orang.

Mereka terkenal memiliki hubungan yang erat, penuh cinta, saling melindungi dan peduli dan mereka menjunjung tinggi kekeluargaan dan selalu memberikan dukungan serta kebersamaan.

Namun, siapa sangka kehadiran seorang santriwati baru yang selalu memberontak dan membantah aturan pesantren justri membuat Arshaka jatuh hati dan perempuan itu bernama Zanara Anindya gadis cantik berusia 19 tahun.

Hasil Zanara masuk pesantren bukanlah hal yang ia kehendaki tapi paksaan dari sang nenek dan hal itu membuat Zanara seringkali tidak betah dan ia seringkali terkena hukuman dan berurusan dengan pengasuh pesantren.

Dibalik sifat keras kepala dan penentang Zanara, terdapat daya tarik yang tidak bisa diabaikan Arshaka karena menemukan sosok keibuan dari sosok Zanara. Namun, Zanara berasal dari keluarga berantakan dan membuat ia tidak percaya dengan pernikahan.

Zanara memiliki hati yang rapuh dan kerinduan tak terungkap akan kasih sayang dari keluarga. Dan Arshaka dengan sabar dan tekad yang kuat berusaha memenangkan hati Zanara dengan berbagai cara.

Namun, Arshaka tidak hanya menginginkan cinta Zanara, tetapi juga ingin membantu Zanara menemukan kebahagiaan dan mengatasi trauma yang dialaminya. Dan akhirnya Arshaka memberikan suatu tantangan kepada Zanara.

Yaitu merubah adik Arshaka yang nakal menjadi pribadi yang lebih baik apakah Zanara berhasil menyelesaikan tantangan tersebut? Bagi kamu yang penasaran dengan kisahnya kamu bisa simak langsung di novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Atharrazka

Dalam resensi novel Atharrazka ini akan kami jelaskan juga mengenai unsur intrinsik dari novel tersebut secara lengkap, dan berikut penjelasannya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Atharrazka ini yaitu tentang kisah percintaan romantis islami.

2. Tokoh dan penokohan

  • Atharrazka, ia merupakan seorang anak pertama dari pemilik pesantren Darussalam yang di pimpin oleh ayahnya memiliki kepribadian, tegas, dingin dan jarang tersenyum
  • Zanara, ia merupakan gadis yang keras kepala dan suka tidak menaati aturan namun memiliki sifat keibuan
  • Abyan, ia merupakan ayah dari Arshaka yang bijaksana dan juga bertanggungjawab serta baik hati
  • Zara Ninditama, ia merupakan ibu dari Arshaka yang baik dan juga memiliki paras yang sangat cantik
  • Aryan, ia merupakan adik Arshaka yang pertama
  • Zyana, adik Arshakan yang kedua
  • Abyzar, adik Arshaka yang ketiga
  • Alarik adik Arshaka yang terakhir

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Atharrazka ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di pesantren Darussalam, rumah nenek Zanara, rumah Abyan dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

5. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Atharrazka ini yaitu menggunakan latar pada umumnya yaitu pagi hari, siang hari, malam hari, subuh, tengah malam dan masih banyak lagi latar waktu lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Atharrazka ini yaitu menggunakan sudut pandang oarng ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini banyak menggunakan gaya bahasa yang islami namun masih menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel adalah sebuah jodoh adalah takdir dari Tuhan dan jangan pernah menyesali apa yang menjadi takdirmu karena sesungguhnya di balik semua yang tidak kamu inginkan akan ada hikmah didalamnya.

Unsur Ekstrinsik Novel Atharrazka

Selain unsur intrinsik resensi novel Atharrazka ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik di dalamnya dan berikut penjelasannya:

1.Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini yaitu sikap Arshaka yang sebetulnya ingin mengubah kehidupan Zanara lebih baik dan membimbing menjadi istri yang sholehah.

2. Nilai Moral

Sikap Zanara yang membangkang karena trauma akan masalah keluarganya membuat ia susah di atur dan tidak percaya akan cinta dan keluarga.

Kelebihan Novel Atharrazka

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel Atharrazka ini yaitu:

  • Novel ini memiliki tema romance islami yang menggabungkan unsur romance dan nilai-nilai keagamaan islami
  • Memiliki plot cerita yang menarik
  • Cover buku menarik
  • Gaya bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan

Kekurangan Novel Atharrazka

Selain kelebihan novel Atharrazka ini juga memiliki kekurangan dan berikut penjelasannya:

  • Novel ini memiliki 280 halaman namun sisi penggambaran karakter terasa kurang spesifik
  • Ada beberapa kesalahan penulisan atau tyfo

Pesan Moral Novel

Setiap pribadi pasti memiliki masa lalu dalam hidupnya dan jangan jadikan masalalumu menjadikan dirimu pribadi yang selalu jadi terburuk dan tidak bisa menikmati hidup karena sejatinya setiap pribadi berbeda.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Atharrazka semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya terutama bagi kamu yang mencari resensi novel ini.

Artikel Menarik Lainnya: