Resensi Novel Ayok Putus; Sinopsis, Intrinsik dan Pesan Moral

Bagi kamu suka dengan kisah percintaan remaja yang cukup romantis dan berbeda dimana di novel ini dikisahkan Selatan yang selalu berganti pacar setelah tiga hari ia harus mencari pacar baru hingga ia menemukan satu wanita yang berbeda.

1 Fashion murah

Resensi novel Ayok putus ini akan dijelaskan secara lengkap pada artikel ini dimana kami akan bahas sinopsis, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya. Yuk, simak sampai akhir ya!

fashion muslim murah

Identitas Novel Ayok Putus

Judul NovelAyok Putus
PenulisAnanda Ryu
PenerbitAkad
Jumlah Halaman360 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi Romance
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.89.100,-

Buku karya Ananda Ryu ini cukup terkenal dan bahkan sudah diangkat menjadi sebuah film dengan judul yang sama. dimana film tersebut di bintangi oleh Syfa Hadju dan Brian Domino serta artis keren lainnya.

Buku yang diterbitkan pada tahun 20201 dengan ketebalan mencapai 360 halaman ini ternyata cukup populer dan laris manis sehingga buku ini menjadi best seller terutama di kalangan para remaja.

Sinopsis Novel Ayok Putus

Dalam resensi novel ayo putus ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel dimana sinopsis ini menceritakan secara singkat atau garis besar dari isi novel ini dan berikut penjelasan lengkap mengenai sinopsis novel Ayok Putus.

Ayo putus ini mengisahkan seorang remaja tampan bernama Selatan yang tidak bisa berpacaran lebih dari tiga hari dan setelah tiga hari ia akan menggantinya dengan pacar baru.

1 Fashion murah

“Ayu Putus” ajak Selatan dengan enteng pada cewek di sampingnya sembari memesan cilok kesukaannya di depan sekolah. Dan membuat Naya, cewek yang diajak putus itu seketika terkejut mendengar ajakan Selatan.

Gila! Mereka bahkan baru tiga hari menjalin hubungan namun Selatan mengakhiri dengan alasan sudah bosan. Naya menampar Selatan penuh emosi sehingga membuat cowok itu tak siap dengan serangan yang mendadak tersebut.

Dan seketika tamparan itu menjatuhkan sekantung cilok di tangannya dan mencium tanah. Selatan menggerutu, namun di detik kemudian matanya langsung terpana pada satu cewek yang melintas dengan rambut dicepol lengkap dengan seragam basketnya.

Selatan mengabaikan beberapa protesan dari Naya dan terus menatap gadis itu. Dan untuk pertama kalinya, entah kenapa jantung Selatan benar-benar berdebar saat melihat sosok cewek itu yang terasa berbeda dari cewek kebanyakan yang dia pacarin.

Dengan kuncir satu ke belakang sambil membawa bola basket cewek ini begitu terlihat cantik, sporty, kuwl, gokil sih nih cewek dan tentunya beda banget sama cewek-cewek yang gue pacarin dan kayaknya juga enggak manja” pikir Selatan.

Selatan tidak tahu nama cewek itu namanya siapa. Dan dia berusaha mencari tahu seharian, tapi nihil hingga keseokan harinya geng cowok-cowok di mana ia tergabung, mendatangi Selatan.

1 Fashion murah

Dan kemudian Leon, Farhan, dan Angga menceritakan tentang cewek baru dengan predikat “PACARAN Gak BOLEH Lebih Dari 3 Hari” pun ditantang oleh mereka untuk memacari cewek baru tersebut.

Gak boleh lebih dari 3 hari, jika lebih Selatan harus menuruti apa pun yang ketiga sahabatnya minta. Lantas apakah semua rencana mereka berhasil? Yuk, simak kisah selengkapnya di novel Ayok Putus ya!

Unsur Intrinsik Novel Ayok Putus

Dalam resensi novel Ayok Putus ini kami akan jelaskan juga beberapa unsur intrinsik yang terdapat dalam novel dan untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang kisah percintaan remaja yang unik dan tidak biasa.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh dan penokohan dari novel Ayok Putus, diantaranya adalah:

  • Selatan, cowok playboy yang belum menemukan cinta sejatinya
  • Naya, perempuan baik yang menjadi korban perasaan Selatan yang playboy
  • Leon, Farhan dan Angga, ia merupakan sahabat Selatan dalam satu geng motor yang suka bikin rusuh dan gokil abis
  • Alma, siswi cantik yang bisa mengubah perasaan Selatan dan mencintainya dengan tulus
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju atau progresif dimana novel ini diceritakan dari awal hingga akhir secara lengkap.

1 Fashion murah

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari, sore hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di sekolah, di lapangan basket, di gerbang sekolah dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Ayok Putus ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ayok putus ini adalah janganlah membohongi perasaan dirimu sendiri dan jika kamu benar-benar cinta maka katakan saja dengan tulus serta berjuang mendapatkannya untuk selamanya.

Unsur Ekstrinsik Ayok Putus

Dalam resensi novel Ayok Putus ini juga akan dijelaskan beberapa unsur ekstrinsik dalam novel dan berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1 Fashion murah

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang Selatan miliki cukup bagus ia memiliki banyak teman dan bergaul dengan siapa saja dan ia orang yang musah bergaul.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung dalam novel ini adalah sikap sahabat-sahabat yang bercanda berlebihan jangan memberikan tantangan ke orang yang memang tidak mampu ia lakukan.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Ayok Putus

Dalam sebuah karya tentunya akan ditemukan kelebihan dan juga kekurangannya termasuk dalam karya sebuah novel. Dan berikut penjelasan kelebihan dan juga kekurangannya yang perlu kamu ketahui.

1. Kelebihan

  • Kelebihan pertama dari novel ini adalah karakter setiap tokoh berbeda dan memiliki karakter yang kuat
  • Selanjutnya gaya bahasa yang digunakan ini khas anak remaja pada umumnya sehingga mudah dipahami bagi semua kalangan
  • Kisah cinta ini diceritakan dari berbagai sudu pandang sehingga kita memahami isi cerita secara keseluruhan
  • Alur yang sederhana dan apik

2. Kekurangan

  • Endingnya mudah ditebak
  • Masih ditemukannya beberapa tyfo penulisan
  • Ada beberapa adegan terulang

Pesan Moral Novel Ayok Putus

Novel ini mengajarkan mengenai arti sebuah perasaan atau cinta jangan pernah menganggap sebuah cinta itu hanya hal yang tidak patut dihargai. Karena sejatinya setiap wanita memiliki rasa yang sama dan jangan sampai melukainya jika kamu tidak ingin menyesal.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Ayok Putus telah kami jelaskan secara lengkap mulai dari identitas novel, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya.

Semoga apa yang kami sampaikan dalam artikel ini dapat bermanfaat ya terutama bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai hal ini.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: