Resensi Novel Babi Ngesot, Novel Keren Karya Raditya Dika

Resensi novel Babi Ngesot karya Raditya Dika menceritakan tentang hal-hal lelucon. Dimulai dari saat ia memilih sekolah, dijahili oleh kaka kelasnya, kejadian mistis di rumahnya, dan juga kisah cintanya.

1 Fashion murah

Semua ceritanya memiliki unsur komedi yang recomended dibaca. Bahasanya juga ringan sehingga akan membuat kamu enjoy saat membaca novel ini.

fashion muslim murah

Artikel ini merangkum dengan lengkap dan detail mengenai resensi novel Babi Ngesot. Baca sampai selesai ya.

Identitas Novel

Judul NovelBabi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang
PenulisRaditya Dika
Jumlah halaman240 Halaman
Ukuran buku13 x 19.5 cm
PenerbitBukune
KategoriKomedi
Tahun Terbit2008
Harga novelRp.40.000,-

Novel Babi Ngesot karya Raditya Dika berjumlah 240 halaman. Buku ini diterbitkan oleh Bukune dengan kategori buku Komedi pada tahun 2008. Harga novel ini yaitu Rp.40.000,-.

Sinosis Novel Babi Ngesot

Novel Babi Ngesot menceritakan tentang perjalanan hidup Raditya Dika yang yang lucu-lucu. Salah satu bagian ceritanya yang berjudul Asal Jangan Jadi Perkedel.

Bagian cerita tersebut menceritakan tentang keseharian Raditya Dika saat ia mulai memasuki bangku SMA itu di SMA 70 Bulungan mulai dari saat awal Raditya memilih sekolah itu.

1 Fashion murah

Awalnya, tokoh Raditya ini bingung memilih sekolah saat lulus SMP. Tetapi, akhirnya ia memilih SMA 70 Bulungan. Alasannya karena deket pasar burung, deket mall, dan deket jalan besar.

Hingga akhirnya ia masuk sekolah dan bertemu dengan para kakak kelasnya di SMA.

Awalnya kegiatan sekolah di SMA 70 Balungan dianggap tetap menyenangkan. Tetapi, ternyata lama kelamaan ia mendengar bahwa Kaka kelasnya selalu jahil dengan anak kelas satu.

Ternyata hal tersebut juga terjadi dengan Raditya. Ia sering dijahili oleh kaka kelasnya.

Bahkan, suatu waktu Radith benar-benar hampir dikencingin oleh kakak kelasnya. Tetapi, ia berhasil kabur.

Di waktu-waktu kemudian hari Radith juga masih terus dijahili oleh kaka kelasnya. Hingga ia pernah berpikir untuk melawannya.

1 Fashion murah

Kisah komedi lainnya yang diceritakan dalam novel yaitu ketika Radith pulang ke rumah. Ia bertemu dengan setan berponi. Ia memanggilnya sebagai setan Britney Spears.

Banyak kejadian mistis yang diceritakan di rumahnya Radith. Bahkan, akhirnya seluruh keluarga rumah Radith pun mengalami kesurupan. Pembantu di rumahnya pun juga ikut kesurupan.

Selain itu, terdapat kisah buruk Radith. Dimana saat ia berkencan, harus tetap menyiapkan babi bersayapnya.

Unsur Intrinsik

Adapun beberapa unsur intrinsik dalam novel Babi Ngesot karya Raditya Dika yang harus kamu tahu, yaitu:

1. Tema

Tema dalam novel Babi Ngesot karya Raditya Dika yaitu tentang perjalanan hidup tokoh Radith yang penuh dengan lika-liku.

Semua kisah kehidupan Radith dimulai dari memilih sekolah SMA, kehidupan bersama keluarga, dan kisah cintanya juga diceritakan pada novel ini.

1 Fashion murah

Tetapi, penyampaian cerita kehidupan tokoh utama yang penuh dengan konflik ini selalu disampaikan dengan banyak lelucon.

2. Tokoh

Tokoh-tokoh utama dalam novel Babi Ngesot yaitu:

  • Raditya Dika
  • Mama Radith
  • Nenek Radith
  • Edgar
  • Mbak Minah,
  • Maya
  • Phil

3. Latar Tempat

Latar tempat yang diceritakan dalam novel Babi Ngesot yaitu berada di SMA 70, di jalan, di rumah, apartmen, dan caffe.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang diceritakan dalam novel Babi Ngesot, yaitu:

  • Malam hari
  • Pagi hari
  • Jam istrirahat

5. Alur

Alur yang diceritakan dalam novel Babi Ngesot yaitu menggunakan alur maju. Dimana peristiwa diceritakan dari peristiwa sebelumnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan penulis untuk menggabarkan karakter tokohnya yaitu sudut pandang orang ketiga, pelaku utama.

1 Fashion murah

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa dalam novel Babi Ngesot sangatlah bervariasi. Sebagai novel komedi memang banyak ditemukan bahasa yang kasar.

8. Amanat

Radith mempunyai semangat yang tinggi dalam menempuh pendidikan. Sehingga ia bisa kuliah sampai ke Universitas di Australia.

Unsur Ekstrinsik Novel

Adapun beberapa unsur ekstrinsik novel Babi Ngesot karya Raditya Dika yang harus kamu ketahui, diantaranya yaitu:

1. Nilai Sosial

Radith mempunyai jiwa sosial yang cukup tinggi. Meski, ia selalu dibully oleh kaka kelasnya. Tetapi, ia tetap menghadapi dengan sikap kejenakaannya.

Selain itu, ia pun selalu membantu teman-temannya yang mendapatkan tindak bullying dari kaka kelasnya.

2. Nilai Moral

Janganlah melakukan tindakan bullying kepada siapapun. Karena hal tersebut sangat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

1 Fashion murah

3. Nilai Pendidikan

Nilai pendidikan yang terdapat di dalam novel Babi Ngesot yaitu semangat meraih cita-cita atas bakat yang kamu miliki.

Dibalik sifat kejenakaan Radith, ia berhasil menempuh pendidikan sampai ke Universitas di Australia.

4. Psikologi Pengarang

Psikologi pengarang digambarkan sebagai seseorang yang mempunyai jiwa lelucon tinggi. Hingga ia pun mampu menuliskan cerita novel dengan karakter tokoh yang suka lelucon.

Kelebihan Novel

Dalam cerita ini menggunakan bahasa sehari-hari jadi bahasanya tidak baku tetapi cerita ini sangat sangat cocok bagi para remaja.

Lalu rekomendasi cerita ini sangat cocok dibaca oleh para remaja.

Karena ceritanya sangat menggambarkan anak-anak remaja saat berada di dunia sekolah. Cerita ini juga sangat lucu sehingga para pembaca bercerita ini akan terasa sangat enjoy.

1 Fashion murah

Kekurangan Novel

Terdapat penggunaan bahasa yang sedikit kasar. Sehingga cerita ini tidak cocok jika dibaca oleh anak-anak di bawah usia dibawah umur.

Pesan Moral/Amanat Novel Babi Ngesot

Pesan moral dalam novel Babi Ngesot yaitu jangan melakukan tindak bullying. Baik, itu di sekolah atau dimanapun karena itu dapat membuat orang menjadi tidak percaya diri.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu