Resensi Novel Black Showman

Bagi kamu yang sedang mencari novel bergenre misteri kamu bisa banget coba baca buku dari Jepang yang bernama Black Showman dan pada kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan mengenai resensi novel black showman secara lengkap.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moralnya tidak hanya itu kamu akan jelaskan juga mengenai kelebihan dan kekurangan novel untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Identitas Novel Black Snowman

Resensi Novel Black Showman
Judul NovelBlack Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama
PenulisKeigo Higashino
PenerbitPT. Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman516 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi Misteri
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.119.000,-

Novel black showman ini merupakan sebuah novel dari negara Jepang yang ditulis oleh penulis asal Osaka bernama Keigo Higashino novel ini di Indonesia diterbitkan pada tahun 2022 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama.

Novel black showman ini memiliki ketebalan mencapai sekitar 516 halaman dengan ukuran buku sekitar 13 x19 cm dan kamu bisa mendapatkan novel ini mulai kisaran harga sekitar Rp.119.000,- an saja.

Sinopsis Novel Black Showman

Dalam resensi novel black showman kita akan menjelaskan terlebih dahulu sinopsisnya. Dimana sinopsisnya ini akan membantu kamu untuk memahami isi novel ini secara garis besar dan untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Novel ini mengisahkan pembunuhan di kota kecil yang terpencil dan hampir terlupakan dan sedang dilanda wabah pandemi covid-19.

Seorang mantan guru SMP bernama Kamio Eiichi ditemukan tewas dengan bekas cekikan di halaman rumahnya sendiri. semasa ia masih mengajar, Kamio Eiichi adalah sosok guru yang disegani murid-muridnya.

Bahkan, selepas ia pensiun ia mengajar pun, masih banyak murid yang menghubunginya untuk meminta nasihat dan bantuan. Polisi tidak tahu apakah ini pembunuhan yang tak disengaja, atau aksi pencurian yang akhirnya jadi pembunuhan.

Oleh karena itu, polisi mengetahui bahwa korban kerap kali bertemu dengan para mantan muridnya, tentu saja kemudian para mantan murid korban yang saat itu sedang pulang ke kota untuk menghadiri reuni.

Dan itu menjadi masuk daftar orang-orang yang dicurigai polisi yang menyelidiki kasus ini sangat kebingungan untuk mencari sosok keji ini, si pelaku pembunuhan di sisi lain lega, karena ia berpikir bahwa identitasnya tak akan pernah ketahuan.

Di tengah penyelidikan yang tak berujung, putri Kamio Eiichi yang tinggal jauh di Tokyo tiba-tiba datang ke kota itu bersama dengan pamannya yang merupakan mantan pesulap eksenstrik.

Karena kinerja polisi yang dinilai tidak efektif dan terlalu lambat, mereka berdua akhirnya berupaya mencari dan menyelidiki sendiri tentang penyebab dan siapa pelaku utama dari kejadian pembunuhan tersebut.

Mereka akhirnya ikut menyelidiki kasus pembunuhan ini, mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi san siapa yang tega membunuh Kamio Eiichi.

Lantas apakah mereka bisa berhasil mengungkapkan kasus pembunuhan ini ? yuk, simak kelanjutan kisahnya dalam novel black showman dan pembunuhan di kota tak bernama langsung di novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Black Showman

Dalam resensi novel balck showman ini akan kami jelaskan juga mengenai unsur intrinsik novel di dalamnya yang perlu kamu ketahui, dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel black showman ini yaitu tentang kisah misteri pembunuhan guru yang bernama Kamio Eiichi.

2. Tokoh dan penokohan

Berikut beberapa tokoh dalma novel black showman yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Putri Keiko Eiichi, ia merupakan seorang putri yang mencoba mengungkapkan kasus pembunuhan yang menimpa ayahnya
  • Paman, ia merupakan paman dari putri Keiko yang merupakan seorang pesulap ekstrinsik yang mahir dan mencoba membantu mengungkap kasus pembunuhan
  • Polisi, bertugas menyelidiki kasus pembunuhan tapi berjalan lambat dan lama
  • Calon suami putri Keiko, ia merupakan calon suami dari putri Keiko yang sama-sama mengungkap pembunuhan tersebut
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel black showman ini yaitu menggunakan alur campuran diamna terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novelnya secara lengkap.

4. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini di sebuah kota terpencil dan tak bernama serta hampir terlupkan di Jepang.

5. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini sama seperti novel pada umumnya yaitu pagi hari, siang hari dan malam hari.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel black showman ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan bahsa Jepang yang sudah di terjemahkan menjdi bahasa Indonesia.

8. Amanat

Tidak ada yang bisa diduga di dunia ini sebaik apa pun diri kita, sebaik apa pun niat kita, di mata orang lain yang melihat hal yang kita lakukan belum tentu baik. tetap lakukanlah hal baik dan tida mengacuhkan pendapat orang lain.

Unsur Ekstrinsik Novel Black Showman

Selain unsur intrinsiknya kami dalam resensi novel black showman ini akan menjelaskan juga unsur ekstrinsiknya dan berikut penjelasannya:

1. Nilai Sosial

Sikap putri Keiko yang sangat ingin mengungkap siapa dalang di baling semua ini menjadikan dia ikut serta dalam penyelidikan dan ikut berpikir secara mendalam.

2. Nilai Moral

Sikap baik dari guru Kamio Eiichi yang merupakan guru teladan nyatanya ada beberapa orang yang memang tidak menerima nasihat darinya atau malah membencinya.

Kelebihan Novel

Seperti pada sebuah karya umumnya bahwa black showman ini memiliki beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui, dan berikut penjelasan lengkapnya adalah:

  • Cerita fiksi ini menyelipkan realita kehidupan dunia nyata dengan kondisi dunia seperti covid 19 sehingga ita bisa membayangkan latar suasana saat itu
  • Novel ini tidak membosankan dan selalu membuat penasaran di setiap part nya
  • Karakter yang dibangu cukup kuat dan dinilai pas dengan perannya
  • Latar belakang tokoh diceritakan secara detail dan apik
  • Ada plot twis tak terduga

Kekurangan Novel

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut penjelasannya:

  • Alur di tengah novel melambat
  • Nasari berulang
  • Tidak cocok dibaca oleh anak di bawah umur

Pesan Moral Novel Black Showman

Kita hendaknya tidak menaruh kepercayaan secara penuh kepada orang lain sekali pun anggota keluarga yang paling dekat  untuk membatasi hubungan diri kita dan orang tersebut akan niat buruk dan mencegah cukup sangat baik dilakukan.

Akhir Kata

Nah, itu dia penjelasan mengenai resensi novel Black Showman semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat dan tentunya membantu kamu yang sedang mencari resensi novel ini secara lengkap.

Artikel Menarik Lainnya: