Resensi Novel Brianna Dan Bottomwise Lengkap

Resensi Novel Brianna dan Bottomwise Lengkap

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kau yang sedang mencari referensi novel yang mengisahkan tentang petualangan, musik dan detektif sepertinya novel Brianna dan Bottomwise ini cocok banget untuk kamu coba baca.

Di dalam artikel ini kami akan bahas resensi novel Brianna dan Bottomwise mulai dari identitas novel, sinopsis novel, unsur intrinsik, ekstrinsik, kelebihan dan kekurangan dan tak lupa pesan moral di dalamnya. Yuk, simak sampai akhir ya.

Identitas Novel Brianna dan Bottomwise

Judul NovelBrianna dan Bottomwise
PenulisAndrea Hirata
PenerbitBentang Pustaka
Ukuran Buku13×21 cm
Jumlah Halaman380 halaman
KategoriFiksi
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.92.000,-

Novel Brianna dan Bottomwise ini merupakan sebuah novel karya dari Andrea Hirata dimana novel ini merupakan novel karyanya yang ke 14. Dimana novel ini mulai diterbitkan oleh Bentang Pustaka.

Novel yang memiliki genre petualangan dan detektif ini cukup menarik dan berbeda dari yang lainnya. untuk yuk simak dulu sinopsisnya di bawah ini ya!

Sinopsis Novel Brianna dan Bottomwise

Dalam sebuah resensi kita akan menemukan sebuah sinopsis novel yang menceritakan isi novel secara garis besar dan berikut resensi novel Brianna dan Bottomwise di bawah ini.

Cerita novel Brianna dan Bottomwise ini dimulai dari hilangnya gitar milik seorang gitaris rock legendaris bernama John Musiciante. Sebuah gitar vintage yang memiliki nilai sangat mahal dan langka karena memiliki tanda tangan legenda rock.

Gitar ini hilang dibawa oleh pencuri. Dan hanya meninggalkan sebuah pecahan kaca akibat ulah orang yang tidak mengerti seni.

Penyelidikan dilakukan oleh Brianna dan Bottonwise untuk menemukan kembali sebuah gitar yang memiliki nilai sejarah dan berharga sampai sang pemilik mengalami depresi karena kehilangan gitar tersebut.

John Musiciante pun mengadakan sayembara senilai 20.000 USD atau sekitar 20 milyar rupiah bagi siapa saja yang menemukan gitar miliknya.

Brianna dan Bottomwise pun melanglang buana ke banyak tempat dan negara hanya untuk mencari gitar legendaris tersebut. Banyak yang berpikir bahwa mencari gitar tidak akan memakan waktu yang lama apalagi milik sang rockstar legendaris.

Namun, siapa sangka gitar tersebut harus melewati perjalanan sangat panjang, mulai dari Fresno, California lalu singgah di beberapa negara sesuai jalur kapal pesiar hingga pada akhirnya terdampar di Sumatera.

Dalam perjalanannya gitar ini mengalami berbagai kejadian dan bertemu dengan manusia berbagai watak, mulai dari yang rakus, seorang penipu, perampok, tukang gadai, pemusik dan lain sebagainya.

Dan gitar ini juga diperlakukan dengan hal-hal yang tidak menyenangkan mulai dari menggebuk kasur, memukul mantan pacar, digadaikan hingga dibuang karena dianggap pembawa sial.

Dan setelah sampai di Indonesia gitar ini terliat lusuh, tua dan kotor yang pada akhirnya hanya diperlakukan sebagai gitar bekas saja. lantas apakah gitar ini bisa ditemukan oleh pemiliknya kembali?

Bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisahnya kamu bisa simak di novel Brianna dan Bottomwise pada novelnya secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Brianna dan Bottomwise

Dalam sebuah resensi novel Brianna dan Bottomwise kamu juga akan menemukan unsur intrinsik di dalamnya, yaitu:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang musik, dan kisah detektif yang mencari sebuah gitar.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh yang terdappat dalam novel:

  • John, ia merupakan seniman rock yang legendaris dan sangat menyukai musik terutama gitarnya
  • Brianna, seorang detektif yang cukup cerdas dan sangat bertanggung jawab
  • Bottomwise, detektif yang handal dan dapat dipercaya
  • Alma, gadis berbakat dalam musik tapi miskin
  • Sadman, orang yang tidak tahu musik tapi bercita-cita ingin jadi orkes melayu
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini menggunakan alur campuran dimana novel ini terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di Amerika Serikat, di Frenso, di Sumatera, di penggadaian, di kapal dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakand alam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup dipahami dengan baik dan sangat sederhana sehingga bisa di baca oleh semua kalangan.

8.. Amanat

Jika kamu mencintai sesuatu maka kamu harus berkorban untuk bisa menjaganya dengan baik. dan jika benda tersebut bukanlah takdirmu maka iklaskanlah dan jika itu takdirmu maka akan datang dengan sendirinya.

Unsur Ekstrinsik Novel Brianna dan Bottomwise

Selain unsur intrinsik resensi novel Brianna dan Bottomwise akan dijelaskan pual unsur ekstrinsiknya, yaitu:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial dari Brianna dan Bottomwise yang terus tanpa mengeluh mencari gitar tersebut meski tidak membuahkan hasil tapi mereka tidak menyerah dengan keadaan.

2. Nilai Moral

Sikap John yang sangat mencintai gitar dia rela mengeluarkan uang yang banyak untuk melakukan sayembara demi mendapatkan barang tujuannya hal ini merupakan sikap tidak pantang menyerah dimilikinya.

Kelebihan Novel Brianna dan Bottomwise

Dalam sebuah karya tentunya kamu akan menemukan kelebihan dan juga kekurangannya dimana berikut beberapa kelebihan yang terdapat dalam novel Brianna dan Bottomwise, diantaranya adalah:

  • Novel ini cukup menarik untuk dibaca karena temannya unik menggabungkan tema detektif dan musik
  • Ceritanya fresh dan beda dari yang lain
  • Ada unsur humor di dalam novel sehingga tidak bosan
  • Mengangkat unsur musik dan genrenya sehingga menambah pengetahuan tentang musik
  • Mendapat rating yang cukup tinggi dan berada di rak best seller

Kekurangan Novel Brianna dan Bottomwise

Selain kelebihannya novel ini juga memiliki kekurangannya dan berikut beberapa kekurangan yang ditemui dari novel Brianna dan Bottomwise, diantaranya adalah:

  • Kekurangan pertama cerita awal plot antar tokoh tidak beraturan dan kadang membuat pembaca bingung
  • Akhir ceritanya cukup mengejutkan dimana tidak ada kontribusi dari detektif dalam menemukan gitar yang hilang tersebut

Pesan Moral Novel Brianna dan Bottomwise

Novel ini mengajarkan tentang kejujuran dalam menjalani hidup, meraih impian yang harus digapai dan jangan cepat menyerah, lalu tentang belajar untuk ikhlas melepaskan sesuatu yang memang bukan ditakdirkan untukmu.

Dan percayalah pada sebuah takdir dimana ada hikmah dibalik semua kejadian dan jangan sampai menyerah serta putus asa dan patah harapan ketika kamu ingin mendapatkan sesuatu.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai resensi novel Brianna dan Bottomwise mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik, hingga kelebihan dan juga kekurangannya. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mencari resensi mengenai novel ini.  

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: