Resensi Novel Champion Class

Resensi Novel Champion Class

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Nah, bagi kamu yang suka dengan kisah persaingan kecerdasan kamu bisa baca novel Champin Class karya dari Febrina Kirani. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan menjelaskan resensi novel champion class.

Dimana resensi ini akan membahas mengenai identitas novel, sinopsis novel, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut secara lengkap dan berikut penjelasan lengkapnya.

Identitas Novel Champion Class

Judul NovelChampion Class
PenulisFebrina Kirani SY
PenerbitAkad
Jumlah Halaman380 halaman
Ukuran Buku14×20 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.99.000,-

Novel champion class ini merupakan sebuah karya dari penulis mudah yang bernama Febrina Kirani dan dimana awal dari cerita champion class ini berasa dari aplikasi menulis wattpad dan novel ini sudah dibaca oleh 1,2 juta kali dan mendapat 270 voting.

Sehingga novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2022 oleh PT.Akad dan novel ni sendiri memiliki ketebalan yang mencapai 380 halaman dan ukuran buku sekitar 14×20 cm kamu bisa mendapatkan buku ini di kisaran harga Rp.99.000,- saja.

Sinopsis Novel Champion Class

Dalam resensi novel champion class ini kami akan menjelaskan sinopsis novel di dalamnya. Dan sinopsis ini bertujuan untuk membantu kamu memahami isi novel ini secara garis besarnya saja.

Novel champion class ini mengisahkan Tree High School yaitu sebuah sekolah elit yang sangat terkenal di Indonesia. Bukan karena dihuni oleh para siswa kaya tetapi terkenal dengan kecerdasan para siswanya.

Sekolah tersebut juga bukan sekolah yang memiliki peraturan keta, tetapi sekolah tersebut sedikit merenggangkan peraturan kepada siswa siswinya.

Daya saing sekolah tersebut juga terkenal sangat kekat dan juga sekolah tersebut tidak mengenal jurusan IPA dan IPS melainkan seluruh siswa hanya memiliki satu jurusan yaitu Saintek.

Banyak para orang tua yang ingin anaknya menempuh pendidikan di sekolah tersebut untuk bisa menempuh pendidikan tersebut bukanlah hal yang mudah.

Bukan hanya sekedar uang saja tetapi juga dengan kecerdasan otak yang mereka miliki. Karena kekayaan dan kedudukan orang tuanya tidaklah begitu penting di sekolah tersebut karena di utamakan kecerdasan.

“Kamu tidak boleh gagal tes masuk Tree Highh Scool karena itu, belajarlah yang lebih rajin mulai dari sekarang!”

Begitulah rata-rata kalimat yang dilontarkan pada orang tua yang ingin anaknya masuk ke sekolah elit yang bernama Tree High School tersebut. Bahkan tanpa memikirkan bagaimana cara anak mereka bersaing atau memikirkan psikologisnya.

Kelas yang sudah ada selama 70 tahun lamanya. Tetapi selama 5 tahun belakangan ini, kelas itu sudah menghilang atau ditiadakan. Dan impian bagi seluruh siswa untuk bisa memasuki kelas tersebut.

Terutama bagi para orang tua yang memiliki ambisi yang tinggi untuk pendidikan anak-anak mereka.

Champion class memiliki daya saing yang tinggi dan siapa pun yang memasuki kelas tersebut maka akan memiliki ambisi yang besar dan akan mengalami tekanan baik secara batin maupun fisik.

Dan tahun ajaran baru di mulai dan nantinya akan ada tes untuk para siswa angkatan baru, hanya sebanyak 10 orang untuk kuota kelas tersebut dan jika kelas biasa memiliki siswa sebanyak 20 orang mala kelas ini hanya 10 orang terpilih.

Lantas adakah perubahan terbaru setelah champion class ini di buka lagi?

Apakah itu keinginan mereka? Apakah itu tujuan mereka sendiri masuk ke sekolah elit ini? apa ada yang mereka korbankan? Yuk, simak langsung di novel champion class di novelnya secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Champion Class

Dalam resensi novel champion class kami akan menjelaskan juga unsur intrinsik novel di dalamnya dimana novel tersebut akan dijelaskan unsur pembangun novel yang berasal dari diri sendiri, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang persaingan pendidikan seorang anak meski ia suka atu tidak mereka.

2. Tokoh dan penokohan

  • Rain Denandra Razeta, ia merupakan anak yang baik, dan sangat di sayang keluarganya.
  • Sunny Fernandoz, ia merupakan gadis yang ambisius karena orang tuanya yang ambisius menginginkan anak yang cerda.
  • Morland Wahid Zee, cowok cerdas yang perhatian
  • Galvin Asthon Harun, si cowok rese yang suka pecicilan
  • Ibu Rain,  ia sosok ibu yang penyayang yang sangat mengerti anaknya
  • Dan masih banyak tokoh lainnya
  • Alur

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel champion class ini yaitu menggunakan alur maju dimana novel ini memiliki alur yang runtut dari awal hingga akhir.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di THS, di kantin, di glosarium, di perpustakaan, di aula dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang campuran dimana terdapat sudut pandang orang pertama dan orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel champion class ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah janganlah menjadi orang tua yang diktatktor kepada anak dan memaksakan kehendak orang tua kepada anak setengah memaksa karena setiap anak memiliki pilihannya sendiri.

Unsur Ekstrinsik Novel Champion Class

Dalam resensi novel champion class ini terdapat unsur ekstrinsik novel dan berikut beberapa penjelasan yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah saat Morland yang terus menanyakan keadaan Sunny dan merasa khawatir karean Sunny sakit.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung dalam novel ini adalah sikap Mama Rain yang begitu perhatian dan sangat support Rain untuk bisa masuk ke THS dan memotivasi dengan baik anaknya tanpa mengintimidasi.

Kelebihan Novel Champion Class

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel ini adalah:

  • Novel ini memtotivasi agar lebih belajar dengan rajin
  • Novel ini mengajarkan kita tentang sikap orang tua sangat penting untuk kemajuan anaknya
  • Gaya bahasa ringan dan mudah dipahami

Kekurangan Novel Champion Class

Selain kelebihan kamu juga perlu mengetahui kekurangannya yaitu:

  • Sudut pandang yang berubah-ubah membuat pembaca bingung
  • Ada beberapa tyfo

Pesan Moral Novel Champion Class

Setiap anak memiliki kelebihannya masing-masing dan jangan sampai memaksakan kehendak kepada anak karena kegiatan yang dilakukan dengan terpaksa akan tidak baik.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel champion class semoga apa yang kami sampaikan dapat di pahami dengan baik.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: