Resensi Novel Cinta Dalam Kardus Karya Raditya Dika

Novel cinta dalam kardus ini merupakan sebuah karya dimana sebelum film dengan judul yang sama di buat. Novel ini mengisahkan penggarapan film cinta dalam kardus.

Dimana tokoh Joni yang mengenang cinta masa lalunya yaitu Key. Penasaran dengan isi bukunya? Kamu bisa baca dulu resensi novel cinta dalam kardus pada artikel ini. akan di bahas unsur penting novel.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, kelebihan, kekurangan hingga pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut. Yuk di simak ya!

Identitas Novel

Judul NovelCinta Dalam Kardus
PenulisRaditya Dika &
Jumlah halaman191 halaman
Ukuran buku13×19 cm
PenerbitPT. PlotPoin Publishing
KategoriFiksi Komedi
Tahun Terbit2013
Harga novelRp.30.000,-

Novel cinta dalam kardus ini merupakan sebuah karya dari Raditya Dika dan di filmkan dengan judul yang sama. novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2013 oleh PT. PlotPoin Publishing.

Sinopsis Novel Cinta Dalam Kardus

Novel ini mengisahkan Joni Lennon yang sudah tiga hari malas keluar kamar setelah diputusin pacarnya yang bernama Key. Papanya akhirnya eneg dan nyuruh dia magang di Film “Cinta dalam kardus”.

Ternyata bikin film memiliki keajaiban tersendiri. Tapi saking ajaibnya film ini, selama magang Joni jadi ikut mikir kayak di Miko. Apa yang salah antara dia dan mantan-mantannya dan tentu dengan key.

Buku ini adalah hasil catatan Rock n Roll galau, dodol di Joni Lennon selama magang plus foto-foto, plus skenario, plus banget deh pokoknya.

Dan beranjak ke mulai ke syuting filmnya ini mengisahkan Miko yang percaya bahwa cinta itu menuntut dan tidak pernah bisa menerima seseorang apa adanya. I love just the way you are itu justru tanda buat berpisah.

Dan seperti itulah yang ia alami dengan hubungannya bersama dengan Putri. Miko berencana untuk naik ke panggung stand up comedy dia ingin melakukan sesuatu yang bisa membuatnya segar. Ia bahkan di ragukan teman-temannya.

Namun, sebelum berangkat Miko melihat kardus yang berisi barang-barang nostalgia peninggalan 21 mantannya. Seharusnya kardus itu sudah di buang pembantunya.

Namun, sayang ia lupa memberitahukan Mas Anca dimana ia menyimpan kardus tersebut dan akhirnya Miko membawa kardus tersebut pergi bersamanya. Ia berencana membuang kardus itu nanti.

Sesampainya di tempat cafe stand up comedy night Miko memberikan argumet bahwa Love is Averrateo. Untuk mendukung argumennya tersebut Miko akhirnya membawa kardus itu ke panggung.

Melalui barang barang itu mengingatkan Miko dengan mantan-mantannya dan cerita di baliknya. Miko ingin bicara fakta: cinta sudah di hitung lebih “Mahal” dari seharusnya!.

Walaupun pada awalna Caca dan Kipli selalu emnangkis argumen Miko. Lama kelamaan Miko berhasil mengubah suasana cafe yang awalnya pink menjadi abu-abu ketika orang-orang mulai skeptis kepada cinta.

Terbawa suasana Miko memutuskan Putri lewat twitter.

Unsur Intrinsik Novel Cinta Dalam Kardus

Dalam resensi novel cinta dalam kardus terdapat unsur intrinsik di dalamnya yang mungkin belum kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu tentang percintaan di dalam stand up comedy.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Joni, ia memiliki sifat lola, tapi juga gokil dalam pembawaan sifat lolanya tapi sangat humoris banget
  • Key, yang merupakan pacar Joni yang selalu memaksakan kehendaknya seperti saat ia meminta Joni untuk segera menikahinya
  • Ayah Joni, tegas dan tidak mau anaknya terus berlarut dalam kesedihan
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur maju atau progresif dimana cerita di mulai dari awal hingga akhir di ceritakan secara runtut dan teratur.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu sama seperti novel pada umumnya pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel cinta dalam kardus ini menggunakan latar tempat di rumah Joni Lennon, di rumah key, dan di lokasi syuting cinta dalam kardus

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang di gunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Bahwa cinta bukanlah sekedar dua insan yang berubah lalu putus tapi cinta itu tentang bagaimana dua insan saling tumbuh bersama menjadi lebih baik.

Unsur Ekstrinsik Novel Cinta Dalam Kardus

Berikut ini merupakan unsur ekstrinsik dari novel cinta dalam kardus, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Sikap Key yang selalu memaksakan kehendaknya dalam hal apa pun itu merupakan perbuatan yang tidak patut di contoh.

2. Nilai Moral

Sikap Jonni yang mematuhi perintah ayahnya itu merupakan sikap yang baik karena ayah merupakan orang tua yang tahu apa yang terbaik untuk anaknya.

Kelebihan Novel

Berikut merupakan beberapa kelebihan yang terdapat dalam novel cinta dalam kardus diantaranya yaitu:

  • Cerita ini menarik yang mungkin pernah juga di alami oleh kalian para remaja
  • Memiliki pesan moral yang baik
  • Ceritanya unik sekalian bisa jadi naskah film juga

Kekurangan Novel

Selain kelebihan tentunya saya juga menemukan kekurangan yaitu:

  • Cerita di sampaikan berbeda dengan filmnya
  • Dan ada beberapa singkkatan yang mungkin akan sulit di mengerti bagi kalian yang kurang paham

Pesan Moral Novel Cinta Dalam Kardus

Terakhir dari resensi novel cinta dalam kardus yaitu pesan moralnya adalah bahwa cinta bukanlah sekedar dua insan yang berubah lalu putus tapi cinta itu tentang bagaimana dua insan saling tumbuh bersama menjadi lebih baik.

Artikel Menarik Lainnya: