Resensi Novel Crush; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Resensi novel crush akan kami jelaskan secara lengkap pada artikel ini mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, kelebihan kekurangan hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut.

Novel crush sendiri ini mengisahkan kisah percintaan remaja antara Jeje dan Jeno yang berpisah dan nyambung kalgi karena Jeno yang selalu menggoda cewek lain apakah mereka akan kembali lagi seperti semua dan bertahan? Yuk, simak kelengkapan penjelasannya.

Identitas Novel Crush

Judul NovelCrush
PenulisJoshephine Abigail
PenerbitReneluv
Jumlah Halaman360 halaman
Ukuran Buku14×20 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2020
Harga BukuRp.99.000,-

Novel crush ini merupakan sebuah karya dari penulis muda yang bernama Josephine Abigail ia merupakan seorang fans biasa yang mengembangkan hobinya menjadi sebuah karya. Dia biasa di panggil Abi, lahir pada 21 Agustus 2004 .

Dan buku ini mulai diterbitkan pada tahun 2020 novel Crush ini memiliki ketebalan yang mencapai 360 halaman dengan ukuran buku sekitar 14×20 cm kamu bisa mendapatkan buku ini di kisaran harga sekitar Rp.99.000,-.

Sinopsis Novel Crush

Dalam resensi sebuah novel tentunya kamu akan menemukan sebuah sinopsis di dalamnya. Dan sinopsis ini akan membantu kamu untuk memahami apa yang menjadi isi dari buku tersebut secara garis besar saja tanpa adanya spoiler.

Dan untuk lebih jelasnya dan semakin paham mengenai sinopsisnya kamu bisa simak penjelasan di bawah ini. Novel ini mengisahkan seorang wanita bernama Jeje dan ia selalu menyukai gaya seorang cowok yang ada di sekolahnya.

Selama Jeje mengenal Jeni, ia selalu dibuat terpesona dengan sikap Jeno yang selalu membuatnya baper.

Bagaimana mungkin tidak baper, jika pelakunya adalah seorang playboy yang banyak disukai cewek di sekolahnya. Di mulai dari senyuman hingga tingkah lakunya terhadap Jeje, Jeno selalu berhasil bikin jantung Jeje berdegup kencang.

Sikap Jeno yang memang playboy tentunya tidak sulit baginya untuk membuat cewek-cewek mabuk kepayang selain memiliki ketampanan yang sangat sempurna ia juga pintar memainkan perasaan lawannya.

Hal itulah yang membuat Jeje berpikir untuk jatuh cinta kepada Jeno sang cowok idamannya. Dan akhirnya mereka pun memiliki hubungan alias berpacaran. Dan suatu waktu, Jeno kembali ke sikap aslinya yang suka deketin cewek lain.

Ya, karena sejak awal ia memang suka menggoda para cewek yang menjadi target incarannya. Dan hal itu membuat Jeje berpikir pacarnya mungkin sudah lelah menjalani hubungan tersebut.

Dan setiap masalah yang sama datang, mereka selalu berakhir dengan kata putus karena Jeno memang tidak bisa menghilangkan kebiasaannya untuk menggoda wanita lain.

Tapi, bagaimana kalau Jeno selalu kembali dengan segala sikap manisnya? Dan tentunya membuat Jeje merasa bimbang antara melepaskan atau memulai dari awal.

Akankah Jeje kembali menerima Jeno dan melupakan pertengkaran mereka? Bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisah dari novel crush ini kamu bisa baca langsung di novel crush ya!

“Kita ada masalah, kita selesain masalah itu bersama. Lalu kita tetap bertahan.”

Kata orang balikan sama mantan itu sama saja dengan membaca buku yang sama untuk kedua kali, endingnya ya tetep sama. dan untuk apa balikan kalau nggak ada yang berubah? Cerita yang sama pasti akan berulang kembali bukan?

Unsur Intrinsik Novel Crush

Dalam resensi novel crush ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik novel di dalamnya. Dimana unsur intrinsik ini merupakan unsur pembangun novel dari dalam dan berikut penjelasan lengkapnya mengenai novel crush ini.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel crush ini adalah kisah percintaan remaja sekolah yang bernama Jeje dan Jeno yang naik turun.

2. Tokoh dan penokohan

  • Jeno, ia merupakan tokoh utama novel yang memiliki sikap playboy, masis, tampan dan suka menggoda cewek
  • Jeje, ia cewek penyabar, menerima apa adanya dan sangat menyukai Jeje
  • Haekal, ia teman Jeni yang setia
  • Jaedan, teman sekolah Jeje dan Jeno
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel crush ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel crush ini yaitu menggunakan alur waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel crush ini yaitu di sekolah, di kelas, di kantin, di lapangan dan masih banyak lagi latar tempat lainnya yang menjadi latar novel.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel crush ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yangs erba tahu terkadang menggunakan sudut pandang orang pertama atau POV.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini menggunakan gaya bahasa yang banyak di gunakan remaja gaul pada umumnya.

8. Amanat

Janganlah mempermainkan hati wanita karena jika kamu kamu sudah kehilangan hatinya maka kamu akan menyesal dan kesempatan tidak akan terulang untuk beberapa kali.

Unsur Ekstrinsik Novel Crush

Dalam resensi novel crush ini juga akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik novel, unsur ekstrinsik ini adalah unsur pembangun novel dari dalam dan berikut penjelasannya.

1. Nilai Sosial

Sikap Jeno yang akrab dengan siapa saja tentunya membuat dia mudah untuk mendapatkan siapa saja di tambah dengan ketampanannya.

2. Nilai Moral

Sikap Jeno yang playboy dan suka main wanita membuat beberapa wanita kecewa dan tentunya ini tidak baik untuk di tiru.

3. Latar Belakang Penulis

Joshephine Abigail ia merupakan seorang fans biasa yang mengembangkan hobinya menjadi sebuah karya. Dan biasanya dipanggil Abi. Abi ini lahir pada 21 Agustus 2004.

Dan untuk karya lainnya kamu bisa lihat di aplikasi Wattpad dengan nama @jenonesthangs atau di instagramnya @jenonewthangs.

Kelebihan Novel Crush

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel crush yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Novel ini cocok dibaca untuk para remaja
  • Gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami
  • Tokoh memiliki karakter kuat
  • Alur cerita cukup menarik

Kekurangan Novel Crush

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Ada beberapa tyfo
  • Alurnya terlalu lambat dan endingnya mudah di tebak

Pesan Moral Novel Crush

Sebagai lelaki yang baik tentunya akan menjaga hati wanita yang di cintainya untuk tidak terluka ke sekian kalinya. Karena kamu tidak tahu sampai kapan hati wanita akan bertahan dari rasa kecewa.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel crush mulai dari identitas hingga sinopsisnya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya: