Resensi Novel Dear Heart Why Him; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Resensi Novel Dear Heart Why Him; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Resensi novel dear heart why him ini akan kami bahas secara lengkap pada artikel kali ini secara lengkap. Dimana akan dijelaskan mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga pesna moral yang terkandung di dalam novel tersebut.

Novel karya Haula yang mengisahkan kisah percintaan remaja Laskar dan Bella yang akan membuat para pembaca merasa baper dengan cerita mereka. Dan tentunya kisah cinta remaja romantis ini bisa menjadi rekomendasi bacaan kamu di waktu senggang.

Identitas Novel Dear Heart Why Him

Judul NovelDear Heart Why Him
PenulisHaula S
PenerbitPT.Bentang Belia
Jumlah Halaman252 halaman
Ukuran Buku20×14 cm
Tahun Terbit2017
KategoriFiksi
Harga BukuRp.99.000,-

Penulis Haula S ini lahir di Mataram pada tahun 1998 dan kini aktif menulis di aplikasi Wattpad dan dear herat why him ini merupakan karyanya yang pertama dan sudah dibaca lebih dari 11 juta kali pembaca.

Sehingga novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2017 oleh PT.Bentang Belia dan novel ini memiliki ketebalan mencapai 252 halaman dan memiliki ukuran sekita 20×14 cm.

Sinopsis Novel Dear Heart Why Him

Dalam resensi novel dear heart why him ini akan kami jelaskan secara lengkap termasuk sinopsis novelnya. Dimana sinopsis novel ini merupakan sebuah cerita singkat yang akan membantu kamu memahami secara garis besar dari cerita novel tersebut.

Novel ini menceritakan tentang kisah percintaan anak SMA yang bernama Bela dan Dalvin. Pada awalnya mereka saling membenci dan jika bertemu pasti bertengkar seperti kucing dan tikus. Dan kebencian berawal dari Dalvin yang menempati parkiran mobil Bela.

Bela tak rela tempatnya digunakan orang lain. Bela menyuruh Dalvin untuk memindahkan mobilnya tetapi Dalvin tetap saja tidak mau dan meninggalkan Bela yang tengah menggerutu sendiri karena kesal.

Dan suatu hari Bela pulang sendirian dan mengendarai mobilnya sendiri dan saat itu dalam keadaan hujan dengan petir yang saling bersahutan Bela sangat ketakutan dan tidak bisa mengendalikan mobilnya dan mengalami kecelakaan.

Dalvin yang menolong Bela dan langsung membawanya ke rumah sakit dan menghubungi keluarga Bela dan selama di rumah sakit selalu menerima kiriman bunga dari inisial G dan dokter yang menangani Bela adalah kakak Dalvin bernama Kak Jessie.

Dan sepertinya dunia ini sempit hingga Bela harus terus bertemu dengan Dalvin. Dan kebencian mereka akhirnya memudar dan memiliki perasaan lain. tapi, Bela tahu bahwa Dalvin mencintai Kanya.

Hanya saja Kanya memiliki penyakit yang cukup berat dan Kanya mencintai Laskar sahabatnya Bela. Dan hingga akhir hayatnya membuat Dalvin sedih dan mengurung diri. Bela dan Laskar yang ingin menemukan Dalvin kepergok Dalvin jalan berdua.

Dan Dalvin menjadi marah kepada Bela. Ternyata Dalvin selama ini juga memiliki perasaan yang sama seperti Bela hanya saja ia terlalu egois untuk bisa mengungkapkannya. Dan terkuak sudah yang selalu mengirim karangan bunga yaitu Joshua yaitu pacar Nanda.

Dan membuat Nanda membenci Joshua karena merasa di khianati oleh kekasihnya sendiri. dan mereka akhirnya harus memperbaiki hubungan mereka. Dan suatu ketika Da,vin menyadari apa yang sudah dilakukannya ini salah.

Ia terlalu terbawa emosi dan cemburu melihat kebersamaan Laskar dan Bela padahal mereka hanya teman biasa saja. lantas bagaimana kejelasan hubungan mereka selanjutnya? apakah Delvan akan benar-benar mengungkapkan perasaannya kepada Bela?

Simak lengkapnya di novel dear heart why him ya. di jamin seru banget dan bikin kamu baper.

Unsur Intrinsik Novel Dear Why Him

Dalam resensi novel dear heart why him ini memiliki unsur intrinsik di dalamnya dan berikut beberapa unsur intrinsik novel dear herat why him, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel dear heart why him yaitu kisah percintaan remaja SMA yang seru dan biki baper.

2. Tokoh dan penokohan

  • Delvan, ia merupakan tokoh utama lelaki di sini yang suka membuat Bela kesal, tapi perhatian dan suka menolong
  • Bela, ia merupakan gadis cantik yyang cerewet dan suka ngedumel
  • Laskar, ia merupakan sahabat Delva dari kecil
  • Kanya, wanita cantik yang dicintai Delvan dan memiliki penyakit yang berat
  • Joshua, seseorang yang selalu mengirim bunga ke Bela
  • Dan masih banyak lagi tokoh di dalam cerita novel dear heart why him ini

3. Alur

Alur cerita yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur cerita yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

4. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di parkiran sekolah, di kelas, di kantin, di rumah sakit, di mobil dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

5. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel dear heart why him ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

6. Sudut pandang

Sudut pandang ayng digunakan dalam novel dear heart why him ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahun.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan termasuk remaja dan juga dewasa.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini yaitu adalah janganlah memberikan keputusan tanpa mempertimbangkan akibatnya, karena apa yang kamu ambil akan berpengaruh pada kehidupan kamu selanjutnya.

Unsur Ekstrinsik Dear Heart Why Him

Berikut beberapa unsur ekstrinsik novel dear heart why him, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Sikap Dalvin yang gerak cepat saat melihat Bela mengalami kecelakaan sehingga Bela bisa terselamatkan tepat waktu dalam kecelakaan.

2. Nilai Moral

Sikap Delvan yang tidak mau mendengarkan penjelasan Laskar dan Bela bahwa ini hanya salah paham ini merupakan tindakan yang tidak baik karena komunikasi dan mendengarkan penjelasan ini bisa menyelesaikan masalah.

Kelebihan Novel Dear Heart Why Him

Berikut beberapa kelebiahn yang dimiliki oleh novel dear herat why him, diantaranya adalah:

  • Tampilan cover depan yang cukup menarik
  • Sinopsis yang membuat penasaran
  • Sangat memperhatikan kaidah kebahasaan
  • Pemberian penggalan kata membuat pembaca semakin baper saat membaca
  • Mengajarkan nilai persahabatan dan banyak humor yang menghibur

Kekurangan Novel Dear Heart Why Him

Meski memiliki banyak kelebihan novel ini tidak luput dari kekurangan yaitu:

  • Laskar yang suka bolos menjadi contoh tidak baik
  • Ada beberapa cacat logika atau tidak masuk akal
  • Banyak kata yang diulang
  • Banyak ditemukan kesalahan penulisan

Pesan Moral Novel Dear Heart Why Him

Janganlah menilai sesuatu dari prasangka dirimu saja tapi kamu harus juga mendengarkan penjelasan orang lain dan berkomunikasi dengan baik.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel dear heart why him mulai dari identitas hingga pesan moralnya semoga bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: