Resensi Novel Dia Angkasa; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik, Pesan Moral

Bagi kamu pengguna Wattpad tentunya sudah tidak asing lagi dengan judul novel Dia Angkasa yang di tulis oleh Nur Wyna ini. dan pada kesempatan kali ini kami tim Mustakim Media akan menjelaskan resensi novel Dia Angkasa secara lengkap.

Kami akan mencoba jelaskan mulai dari identitas buku, sinopsis, hingga kelebihan dan juga kekurangan dari novel tersebut. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak penjelasan secara rinci di bawah ini.

Identitas Novel Dia Angkasa

Judul NovelDia Angkasa
PenulisNur Wyna
PenerbitRomancious
Jumlah Halaman320 Halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi Romance
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.95.000,-

Novel Dia Angkasa ini merupakan sebuah karya dari penulis Wattpad yang cukup terkenal bernama Nur Wyna, dimana karyanya ini sudah dibaca lebih dari 8 juta pengunjung wattpad hingga diangkat menjadi sebuah buku.

Karena kepopulerannya tersebut akhirnya buku ini bisa terpampang di rak best seller. Novel ini mengisahkan kisah Angkasa Nauffal Merapi sosok remaja yang identik dengan dasi yang diikat di kepalanya dan dipertemukan dengan wanita yang bisa mengubah sikapnya.

Sinopsis Novel Dia Angkasa

Dalam resensi novel dia angkasa ini kami akan juga jelaskan sedikit tentang sinopsis novel ini secara garis besarnya saja. dan berikut penjelasan lengkap mengenai isi cerita novel Dia Angkasa ini.

Dia Angkasa Naufal Merapi yang memiliki postur tubuh tinggi besar dengan wajah tampan juga tatapan mata yang tajam. Angkasa dikenal sebagai berandal nomor satu yang terkenal dan tidak main-main.

Ia seorang pemuda yang tidak suka di atur, diusik, dan juga diganggu, atau seluruh hal yang dianggap membatasi kebebasannya. Dan kehidupan angkasa hanya berpusat pada segala keinginannya.

Angkasa memiliki seorang kakak yang bernama Adiran Banda Seamora, ia merupakan kakak kandungnya. Namun, ia selalu bersikap membenci angkasa karena suatu hal. Mama Angkasa sendiri sedang di rawat di rumah sakit.

Ada seorang gadis yang bisa mengubah tempramen angkasa yang tidak di sangka karena pertemuan mereka di rumah sakit saat Angkasa menghajar kakaknya yang menabrak pundaknya saat berada di depan pintu rumah sakit.

Gadis itu bernama Aurelani Aurora dia merupakan gadis cantik berbando biru dongker dengan rambut panjang sebahu.

Dari perkelahian itu, pihak rumah sakit mencoba melerai mereka tak ada yang bisa menghentikan Angkasa hingga kakaknya terkapar setelah lawannya tidak berdaya Angkasa meninggalkan lorong rumah sakit beserta keramaian yang melihatnya.

Angkasa memiliki kekasih yang bernama Analisa Elara dia cantik, cerdas, dan kekayaan yang setara dengan Angkasa. Dan perempuan itu merupakan siswa SMA Andromeda tapi ia harus mengikuti program pertukaran pelajar ke Milan.

Namun, entah apa yang terjadi di antara hubungan mereka tampak bertahan hanya untuk menunda perpisahan. Dan pada akhirnya Angkasa mengambil keputusan itu mewujudkan perpisahan itu.

Sedangkan Aurelani Aurora ini merupakan murid baru di SMA tersebut baru satu minggu ia menginjak sekolah itu dan masih sibuk mengurus segala urusan murid baru untuk melengkapi berkas.

Dan saat Aurora di tugaskan untuk memotocopy, Alaska menyambut kedatangan Aurora dengan semangat ia terus menggoda Aurora. Aurora yang malu lalu mempercepat langkah kakinya dan para siswa lain menggoda juga tapi ia tidak menghiraukanya.

Setelah selesai Aurora langsung cepat-cepat membayar karena ia tidak mau di ganggu oleh Geng Satrova yang mengganggunya tadi,

Angkasa yang melihat itu langsung mengatai Aurora bahwa ia sombong padahal dirinya tidak cantik lalu bergerak mendekat dan Angkasa menegasakan bahwa Aurora berada di wilayahnya dan ia tidak suka ada orang yang datang selain anggota geng.

Dan Angkasa terus menjelaskan tentang warung itu, Aurora dan Angkasa pun berdebat hingga Aurora tidak bisa membendung emosinya dan menampar Angkasa dan dari situ Angkasa memberi tanda bahwa Aurora tidak akan merasakan kedamaian di sekolah ini.

Lantas bagaimana kelanjutannya? Yuk, simak secara langsung di bukunya ya!

Unsur Intrinsik Novel Dia Angkasa

Di dalam resensi novel Dia Angkasa juga akan kami jelaskan beberapa unsur intrinsik dari novel ini dan berikut penjelasannya. Simak sampai akhir ya!

1.Tema

Tema yang digunakan dalam novel ini yaitu mengenai percintaan dua orang remaja yang awalnya benci jadi sayang.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Angkasa, ia merupakan lelaki tampan yang arogan, tidak suka di atur, angkuh dan bersikap dingin dan menakutkan
  • Adrian, ia kakak angkasa yang tidak suka dengan adiknya karena tempramen yang buruk
  • Aurora, ia merupakan gadis berambut sebahu yang berani, dan juga cantik serta tidak putus asa
  • Alaska, ia teman geng Angkasa yang playboy
  • Dan masih banyak lagi lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novel.

4. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di sekolah, di rumah sakit, di lorong kanting, di warung dan masih banyak lagi.

5. Latar Waktu

Latar Waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu pagi hari, siang hari, sore hari dan juga malam hari.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan ringan dan mudah dipahami serta khas anak remaja pada umumnya.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah selesaikan masalah secara dingin dan jangan menggunakan emosi untuk menyelesaikan masalah.

Unsur Ekstrinsik Novel Dia Angkasa

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel dia angkasa kami juga akan menjelaskan unsur ekstrinsik dan berikut penjelasannya:

1. Nilai Sosial

Sikap Aurora yang diam saja saat melihat perkelahian itu menandakan jiwa sosialnya tidak cukup besar.

2. Nilai Moral

Sikap Angkasa yang selalu menyelesaikan masalah dengan emosi itu sangat tidak patut di contoh dan tidak baik dilakukan.

Kelebihan dan kekurangan Novel Dia Angkasa

Dalam setiap novel tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut penjelasan lengkapnya yang perlu kamu ketahui.

1.Kelebihan

  • Memiliki alur yang mudah dipahami tidak terlalu cepat atau pun lambat
  • Penjambaran karakter yang cukup kuat
  • Tidak hanya sebatas percintaan tapi juga arti persahabatan dan kekeluargaan

2. Kekurangan

  • Masih ditemukannya beberapa kesalahan penulisan dalam novel
  • Kisahnya cukup klise karena banyak kisah lain yang premis sama seperti ini

Pesan Moral Novel Dia Angkasa

Novel ini mengajarkan bahwa keseluruhan hidup adalah proses untuk belajar, proses mendewasakan diri dari waktu ke waktu dan proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi ubah pola pikir dan hindari ekspektasi berlebih agar terhindar dari rasa kecewa.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Dia Angkasa mulai dari identitas hingga kelebihan dan juga pesan moralnya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: