Resensi Novel Dosenku Suamiku; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Resensi Novel Dosenku Suamiku; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka kisah percintaan di kampus antara mahasiswa dan dosen kamu bisa banget nih baca dulu resensi novel dosenku suamiku karya dari Rahmanida dimana artikel ini akan membahas resensi novel ini secara lengkap.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut tidak hanya itu akan kami jelaskan juga beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari novelnya. Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Dosenku Suamiku

Resensi Novel Dosenku Suamiku
Judul NovelDosenku Suamiku
PenulisRahmanida
PenerbitRomancious
Jumlah Halaman280 Halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.99.500,-

Novel dosenku suamiku ini merupakan karangan dari Rahmanida yang awalnya diterbitkan di Wattpad. Dan memiliki lebih dari 51,6 juta pembaca dan setelah itu mulai di bukukan oleh PT.Romancious pada tahun 2021.

Buku novel ini juga memiliki ketebalan yang tidak terlalu tebal yaitu sekitar 280 cm dan ukuran bukunya sekitar 13×19 cm novel ini bergenre romantis antara dosen dan mahasiswa yang dijodohkan oleh kedua orang tuanya.

Sinopsis Novel Dosenku Suamiku

Dalam resensi novel dosenku suamiku memiliki sinopsis di dalamnya yang perlu kamu ketahui, dan tentunya sinopsis ini cukup membantu kamu untuk memahami novel ini secara garis besarnya saja yuk, simak berikut sinopsis lengkapnya.

Dalam novel ini mengisahkan seorang Dira yang seorang mahasiswa dan kini ia sedang menyantap sarapannya dengan sahabatnya yaitu Vita. Dan Vita bercerita bahwa kampus mereka akan kedatangan dosen baru dan katanya ganteng banget.

Namun, Dira tidak memperdulikannya dan akhirnya mereka masuk ke kelas dan dosen baru itu akan mengajar di kelas mereka dan membuat mahasiswi lain bergaduh dan ia memperkenalkan diri bahwa ia bernama Abraham Reynand dan bisa dipanggil Pak Rey.

Dan ia akan mengajar di bidang bisnis. Dan setelah kelas selesai para mahasiswi itu terus membahas mengenai kegantengan Pak Rey ini. namun, Dira yang biasa-biasa saja menilai dari Pak Rey.

Dan saat di kantin Dira dikejutkan dengan kedatangan kakak kelasnya yang bernama Muhammad Heriza dimana ia sudah mengaku pada semua orang bahwa ia pacarnya Dira padahal tidak pernah menjalin hubungan apapun sehingga ia selalu menghindari kakak tingkatnya itu.

Dan saat ia berusaha menghindari Riza tak sengaja Dira menabrak seseorang yang berbadan kokoh sehingga ponsel yang dipegangnya terjatuh dan mengalami kerusakan dan ternyata yang ia tabrak adalah Pak Rey dosen ganteng tadi.

Namun, sayangnya HP Dira menjadi rusak padahal ia harus menabung selama dua bulan untuk bisa memiliki HP tersebut dan ia segan untuk marah di hadapan Pak Rey. Dan tibalah pulang ke rumah.

Dira curhat kepada kakaknya melalui video call yaitu Meira Maheswari dan Viona Maheswari. Mereka adalah desainer dan arsitek terkenal  dan sudah berkeluarga.

Dan tibalah makan malam namun orang tua dari Dira melihat ada hal yang disembunyikan Dira dan mereka bertanya ada apa sehingga akhirnya Dira membeberkan kejadian yang menimpanya.

Dan Dira meminta ingin HP baru namun ayah Dira menawarkan syarat yang tidak masuk akal yaitu harus menikah dengan pria yang dipilihkan oleh orang tuanya dan pilihan ayahnya adalah dosen baru di kampusnya tersebut.

Akankah Dira menerima tawaran tersebut? Apakah Dira bisa mengubah perasaannya kepada Pak Rey? Untuk lebih mengetahui isi dari novel ini kamu bisa simak langsung di novel Dosenku Suamiku ya!

Unsur Intrinsik Novel Dosenku Suamiku

Dalam resensi novel dosenku suamiku ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik novel dimana unsur intrinsik ini akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang perjodohan antara Pak Rey yaitu dosen dari Dira mahasiswinya sendiri.

2. Tokoh dan penokohan

  • Rey, ia merupakan sosok yang tampan, berwibawa, baik dan sangat patuh kepada orang tua
  • Dira, ia mahasiswi yang cantik, dicintai orang tuanya, cuek, tegas dan berani
  • Vita, sahabat Dira yang baik dan selalu ada bersama Dira centil dan bawel
  • Muhammad Heriza, seorang kakak tingkat yang terobsesi kepada Dira
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur maju dimana cerita di ceritakan secara runtut dan teratur dari awal hingga akhir.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di kampus, toilet, di kantin, di rumah Dira dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu dan sudut orang pertama.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung di dalamnya yaitu dalam setiap keputusan tentunya memiliki konsekuensi yang perlu kamu terima maka kamu harus bisa mempertimbangkan apa keputusan yang diambil dengan benar.

Unsur Ekstrinsik Novel Dosenku Suamiku

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel dosenku suamiku ini kami juga akan menjelaskan unsur ekstrinsik novel dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Nilai sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini yaitu tentang sikap Riza yang selalu mengejar-ngejar Dira padahal Dira sudah jelas tidak ingin bersangkutan dengannya dalam hal apapun itu tidak baik.

2. Nilai moral

Sikap orang tua yang selalu memaksakan kehendaknya kepada putrinya ini adalah hal yang tidak patut di contoh apalagi masalah perjodohan meskipun untuk kebaikan. Tapi, yakinlah orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya.

Kelebihan Novel Dosenku Suamiku

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel ini, diantaranya adalah:

  • Menyajikan premis yang menarik dan menghibur
  • Gaya bahasa sehari-hari membuat novel ini mudah dipahami oleh semua kalangan
  • Setiap tokoh memiliki karakter yang cukup kuat

Kekurangan Novel Dosenku Suamiku

Selain kelebihan tentunya novel ini juga memiliki beberapa kekuranga dan berikut penjelasan lengkapnya:

  • Alur cerita pada novel ini terlalu klasik dan banyak ditemukan
  • Masih adanya ditemukan kesalahan penulisan

Pesan Moral Dosenku Suamiku

Dalam kehidupan ini sangat tidak bisa ditebak seperti kehidupan Dira, yang dulu hubungannya hanya sebatas mahasiswa dengan dosen, bisa menjadi pasangan suami istri. Dari yang dulu benci hingga menumbuhkan rasa cinta.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel dosenku suamiku semoga apa yang kami sampaikan dapat dipahami dan bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: