Resensi Novel Gagal Menjadi Manusia (Lengkap)

Resensi Novel Gagal Menjadi Manusia (Lengkap)

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Gagal menjadi manusia ini merupakan sebuah novel karya Dazai Osama yang diterbitkan di Jepang beberapa tahun setelah perang dunia II usai. Dan pada kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan mengena resensi novel gagal menjadi manusia.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Tidak lupa kami sisipkan juga kelebihan dan juga kekurangannya dari novel ini yuk, simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Gagal Menjadi Manusia

Resensi Novel Gagal Menjadi Manusia
Judul NovelGagal Menjadi Manusia
PenulisDazai Osama
PenerbitPenerbit Mai
Jumlah Halaman156 halaman
Ukuran buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2020
Harga BukuRp.59.000,-

Gagal menjadi manusia ini adalah sebuah karya dari penulis Jepang yang bernama Dazai Osama dimana novel ini diterbitkan setelah beberapa tahun perang dunia II usai dan di Indonesia sendiri mulai diterbitkan pada tahun 2020.

Novel ini diterbitkan oleh Penerbit Mai dan memiliki ketebalan yang mencapai sekitar 156 halaman kamu bisa baca novel ini dalam sekali duduk dan ukuran bukunya sekitar 13×19 cm.

Sinopsis Novel Gagal Menjadi Manusia

Dalam resensi novel gagal menjadi manusia ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel yang dimana sinopsis ini akan membantu kamu memahami isi novel ini secara garis besar dan berikut penjelasan lengkapnya.

Novel ini mengisahkan tentang laki-laki bernama Oba Yozo dalam menjalani kehidupan pada saat ia sendiri dan masih tidak mengerti mengenai apa itu kehidupan manusia yang sebenarnya. Selama hidup Yozo selalu merasa takut dan gelisah terhadap manusia.

Bahkan pada keluarganya sendiri pun. Karena menurutnya manusia terasa membosankan dan baginya mekanisme kehidupan manusia berada di luar nalar. Yozo hanya bisa melawak untuk menutupi kegelisahannya.

Dan ia menyebut dirinya melayani para manusia dengan cara ini ia bisa melewati masa sekolah dasar dan sekolah menengah secara normal di depan manusia lain.

Menuju dewasa Yozo semakin mengalami masa hidup yang berat, tepatnya setelah ayahnya turun dari jabatan politisi dan mengharuskan Yozo hidup mandiri di Tokyo.

Di usia 20 an melawak bukan lagi solusi untuk melindungi diri dari rasa kegelisahan terhadap manusia. Akhirnya memilih minuman keras sebagai cara lain. berbagai fase kehidupan manusia ia jalani dan mencari kebenaran di dunia.

Mulai dari ikut Marxisme secara ilegal, kecanduan minuman keras, masuk bui dituduh membantu upaya bunuh diri hingga fase datang perginya perempuan yang membuat pandangannya terhadap perempuan berangsur memudar.

Bersama Horixi salah satu pria yang dekat dengannya ia selalu menghabiskan waktu bersama  namun tetap tidak ada yang bisa memahami Yozo. Dan ia menganggap dirinya pendosa. Dan hingga membuat laki-laki merasa bersalah akan orang disekitarnya.

Gagal menjadi manusia merupakan sebutan fase akhir Yozo dalam menjalani kehidupan. Semua orang normal berhasil menjadi manusia sedangkan dirinya merasa gagal dan menutupi diri dengan lawakan dan kepribadian palsu akan disebut gila oleh orang lain dan menjadi gagal.

Dan baginya kehidupan manusia yang ia lalui dengan rasa menyiksa hanyalah sesuatu yang berlalu. Bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisahnya kamu bisa simak langsung di novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Gagal Menjadi Manusia

Selain sinopsis kami juga akan jelaskan mengenai unsur intrinsik dari novel ini dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah kisah hidup Yozo yang merasa gagal menjadi manusia karena selalu gelisah dan menutupinya dengan sebuah lawakan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Yozo, ia merupakan tokoh utama dalam novel ini yang memiliki permasalahan dalam hidupnya “kesehatan mental”
  • Hiroki, teman Yozo yang bernasib sama dengannya
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel gagal menjadi manusia ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novel ini.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel gagal menjadi manusia ini menggunakan latar tempat di Jepang Tokyo.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup mudah dipahami meskipun novel ini merupakan novel terjemahan dari Bahasa Jepang.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah kita perlu memahami manusia lain secara mendalam karena masih ada sosok Yozo yang masih belum percaya kepada dunia dan memiliki masalah dengan dirinya.

Unsur Ekstrinsik Novel Gagal Menjadi Manusia

Jika di atas kita telah membahas mengenai unsur intrinsik selanjutnya mari kita bahas mengenai unsur ekstrinsik novel, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Keluarga Yozo yang tidak memahami apa yang Yozo derita dalam kesehatan mentalnya malah acuh dan membiarkan ia hidup sendirian padahal ia merupakan seseorang yang membutuhkan bimbingan.

2. Nilai Moral

Lingkungan Yozo yang tidak memahami dan malah terjerumus pada hal-hal negatif menjadikan ia tidak menemukan tujuan hidup dan berakhir gagal menjadi manusia menurut dari beragam manusia yang ditemui.

Kelebihan Novel Gagal Menjadi Manusia

Seperti sebuah karya pada umumnya kita akan menemukan sebuah kelebihan dan juga kekurangan dari novel dan berikut penjelasan mengenai kelebihan novel ini adalah:

  • Kelebihan pertama yaitu terjehaman yang cukup baik meskipun ini diterbitkan dari bahasa Jepang
  • Buku ini memberikan banyak pesan moral dan mengajarkan tentang kesehatan mental karena seringkali di abaikan oleh orang terdekatnya
  • Dan di zaman sekarang masalah kesehatan mental ini seringkali di pandang sebelah mata

Kekurangan Novel Gagal Menjadi Manusia

Selain kelebihan tentunya novel gagal menjadi manusia ini memiliki beberapa kekurangan dan berikut penjelasan lengkapnya.

  • Buku ini memiliki beberapa kecacatan yaitu ada sebanyak 20 lebih halaman tercetak ke balik
  • Ada beberapa kesalahan penulisan
  • Novel ini perlu dibaca secara perlahan agar kamu memahami isinya

Pesan Moral Novel Gagal Menjadi Manusia

Kesehatan mental adalah sesuatu yang perlu penangan yang serius dan membutuhkan ahlinya dan jika merasa mengalami hal-hal yang tidak wajar sebagai orang terdekat seharusnya mampu membimbing dan mengarahkan agar manusia tersebut merasa dihargai dan tidak diacuhkan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel gagal menjadi manusia mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut secara lengkap.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: