Resensi Novel Goodbye You; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Bagi kamu yang suka dengan kisah percintaan remaja sepertinya novel Goodbye You ini sangat di rekomendasikan untuk kamu coba baca. Novel ini mengisahkan kisah percintaan anak SMA yang bernama Zafrel dan Naya.

1 Fashion murah

Dalam resensi novel goodbye you ini akan kami bahas lengkap mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut jadi, simak sampai akhir ya!

fashion muslim murah

Identitas Novel Goodbye You

Judul NovelGoodbye You
PenulisHeri Putra & Hendra Putra
PenerbitCoconut Books
Jumlah Halaman252 halaman
Ukuran Buku20×14 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2018
Harga BukuRp.69.000,-

Buku ini merupakan novel remaja yang menceritakan kisah cinta dari tokoh Zafrel dan Nay di masa SMA dan kisah cinta memang banyak digemari oleh para remaja. Novel ini mulai di terbitkan pada tahun 2018 oleh Coconut Books.

Novel remaja ini memiliki ketebalan yang mencapai 252 halaman dengan ukuran buku sekitar 14×20 cm novel ini juga dibandrol dengan harga mulai dari Rp.69.000,- saja.

Sinopsis Novel Goodbye You

Dalam sebuah resensi novel Goodbye You kamu akan menemukan sinopsis singkat dari novel ini. dimana sinopsis ini akan membantu kamu lebih memahami isi cerita dari novel ini seperti apa.

Kisah ini bermula dari siswa SMA yang bernama Zafrel yang mendekati Naya seorang perempuan temannya yang telah kehilangan keluarganya akibat kecelakaan yaitu bernama Naya.

1 Fashion murah

Tentunya kehilangan keluarga adalah hal yang terberat yang pernah Naya alami sehingga ia sering terlihat murung dan tidak bergairah untuk menjalani hari-harinya.

Naya sekarang ini hanya tinggal bersama dengan utinya. Dan sudah tiga tahun dari kecelakaan yang telah merenggut keluarganya itu akhirnya ada seseorang yang benar-benar bisa mengisi kekosongan di hatinya.

Ia menjadi sumber kebahagiaan yang baru yaitu Zafrel. Zafrel sangat menyukai Naya dan berusaha dengan cara apapun untuk bisa mendapatkan kekasih hatinya itu. Sedangkan Naya yang awalnya masih merasa kosong.

Menerima kehadiran Zafrel dengan rasa jutek dan biasa saja dan selebihnya tidak perduli. Tapi, Zafrel yang tidak pernah menyerah untuk mendekati Naya selalu berusaha membuat Naya tersenyum.

Karena memang senyuman itu telah lama hilang dari seorang Naya karena kesedihannya. Dan seiring berjalannya waktu mereka akhirnya semakin dekat dan Naya pun mulai merasa nyaman dengan adanya kehadiran Zafrel ini.

Karena perhatian Zafrel dan juga rasa sayang yang ia berikan serta rasa menghibur sehingga Naya melupakan kesedihannya sejenak.

1 Fashion murah

Namun, di tengah-tengah kebahagiaan yang datang tersebut ada beberapa konflik yang ingin memisahkan hubungan Naya dan Zafrel yaitu Kinan. Kinan sendiri merupakan sahabat Zafrel yang telah dikenalnya sejak lama bahkan semenjak mereka kecil.

Tapi, ternyata Kinan memiliki rasa lain bukan hanay sekedar sahabat saja. Kinan mencintai Zafrel sejak lama. Tidak hanya itu, takdir serasanya berpihak pada Kinan. Dimana perusahaan ayah Zafrel memang harus bekerjasama dengan perusahaan miliki ayah Kinan.

Dan orang tua mereka memaksa mereka untuk bertunangan. Di sisi lain Zafrel sangat mencintai Naya dan bukan Kinan yang ada di hatinya. Naya hanya bisa pasrah ketika harus melepaskan Zafrel dan kebahagiaan hidupnya.

Naya sadar sepenuhnya takdir ini memang kuasa Tuhan yang menentukan ia harus siap merasa kesepian kembali ketika harus kehilangan cintanya. Lantas bagaimana kisah selanjutnya dari Naya dan Zafrel?

Apakah pertunangan itu akan terjadi? Apakah Zafrel akan benar-benar melepaskan Naya? Simak lengkapnya cerita mereka di novel Goodbye You secara lengkap.

Unsur Intrinsik Novel Goodbye You

Dalam resensi novel goodbye you ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai unsur intrinsik novel, dimana unsur intrinsik ini merupakan unsur pembangun novel dari dalam dan berikut penjelasan lengkapnya:

1 Fashion murah

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel goodbye you ini adalah tentang percintaan remaja SMA yang bernama Naya dan Zafrel.

2. Tokoh dan penokohan

  • Zafrel, ia merupakan pemuda yang ramah, suka bergaul dan sangat mencintai Naya dan ingin membuat Naya bahagia
  • Naya, gadis pendiam yang terlukan karena kehilangan keluarganya, kesepian dan jutek
  • Kinan, sahabat Zafrel yang mencintai Zafrel tapi selalu di tola, ambisius dan juga menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan keinginannya
  • Uti, ia sosok yang baik dan merupakan keluarga yang menerima Naya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel goodbye you ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur yang didalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel goodbye you ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di sekolah, di kelas, di rumah uti, di rumah Kinan, di rumah Zafrel dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan apalagi sasaran bacanya adalah remaja dan ini cocok banget.

1 Fashion murah

8. Amanat

Bersabarlah karena semua ujian yang kita terima telah Tuhan tetapkan untuk kita ini merupakan sebuah rencana di baliknya yang mungkin ada hikmah yang tidak kamu ketahui karena Tuhan tidak akan memberi ujian di batas mampu hamba-Nya.

Unsur Ekstrinsik Novel Goodbye You

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel goodbye you ini kami juga akan jelaskan unsur ekstrinsik di dalamnya, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah sikap Zafrel yang selalu menghibur Naya dalam kesedihannya itu merupakan sikap yang patut di contoh karena sudah peduli dengan orang lain.

2. Nilai Moral

Sikap Kinan yang sudah jelas-jelas di tolak oleh Zafrel karena Zafrel tidak mencintainya tapi memaksakan kehendaknya untuk bertunangan dengan Kinan ini sungguh tidak tahu malu.

Kelebihan Novel Goodbye You

Dalam sebuah karya tentunya kita akan menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dari sebuah novel dan berikut beberapa kelebihan dari novel ini yaitu:

  • Alur cerita yang sederhana dan mudah dipahami
  • Baya bahasa yang ringan dan cocok untuk remaja
  • Setiap tokoh memiliki karakter yang seimbang

Kekurangan Novel Goodbye You

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

1 Fashion murah
  • Cover buku ini kurang menarik
  • Jenis kertas yang digunakan mudah rusak dan kusam
  • Terdapat beberapa kesalahan penulisan

Pesan moral Novel Goodbye You

Sebagai manusia kita harus menerima takdir dengan ikhlas dan percaya apa yang Tuhan rencanakan akan lebih baik dari rencana yang kamu miliki.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel goodbye you semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya terutama bagi kamu yang sedang mencari resensi novel ini.

Artikel Menarik Lainnya: