Resensi Novel Hans Karya Risa Saraswati [Lengkap]

Resensi novel Hans menceritakan kehidupan tokoh Hans dengan latar belakang masa lalu ibunya yang penuh masalah. Dengan begitu, kehidupan Hans menjadi berantakan.

Lalu, bagaimana Hans saat menjalani kehidupannya? simak artikel ini sampai selesai.

Identitas Novel

Judul NovelHans
PenulisRisa Saraswati
Jumlah halaman264 Halaman
Ukuran buku14 x 20 cm
PenerbitBukune
KategoriFiksi Horor
Tahun Terbit2017
Harga novelRp. 77.000,00

Sinopsis Novel Hans Karya Risa Saraswati

Kalian pastinya sudah mengikuti kisah Peter dan Hendrick sahabat dari Risa Saraswati ini. Sekarang hadir kembali dengan membuka gerbang dialog Hans, anak tampan berambut hitam yang pendiam.

Sedikit tentang hans sebenarnya sudah bisa kamu baca di cerita Hendrick. Tetapi, Risa akan mengajak kamu mengikuti kisah Hans lebih dalam lagi.

Seperti yang sudah kita ketahui, Hans adalah sahabat terdekat dari Hendrick.

Di saat mereka masih hidup, mereka selalu bersama-sama. Hans menjadi satu-satunya Hendrick yang selalu berada di sisinya.

Hans juga yang sangat mengetahui betapa berat dan menyedihkan kisah hidup Hendrick ini. Lalu, gimana dengan Hans? Apa dia juga mengalami hidup yang berat dan menyedihkan?

Hans, sebenarnya terlahir di keluarga yang penuh dengan kasih sayang dan kebahagiaan.

Walaupun begitu, bukan berarti semuanya baik-baik saja. Kehancuran keluarga Hans di sebabkan masa lalu dari ibu Hans yang sudah terlahir dari hasil pemerkosaan yang di lakukan oleh pria keturunan Belanda.

Ibu Hans, yang bernama Heleen ini terlahir dari rahim seorang bedinde yang bernama marsih. Dan Augusta Willem yang telah memperkosa marsih sampai akhirnya Marsih mengandung Heleen.

Tetapi sayangnya, Marsih meninggal dunia saat melahirkan Heleen. Dan Heleen di rawat oleh Rosemary, seorang keturunan Belanda yang mempunyai profesi sebagai guru.

Kehidupan Heleen sangat menyedihkan. Dia sering sekali dicaci maki oleh orang-orang. Tetapi, karena dukungan Rosemary dan Anke (sahabat dari heleen), dia masih sanggup bertahan.

Di suatu hari Anke berinisiatif menjodohkan heleen dengan adriaan, sahabat Ludwig suami dari heleen. Tak terduga, ternyata Adriaan langsung tertarik kepada heleen dan tanpa waktu yang lama akhirnya mereka memutuskan untuk menikah.

Keluarga adriaan dan heleen sangat bahagia dan sempurna. Mereka dikaruniai 3 anak, yang bernama : Judith, Hans, and greena.

Tetapi kebahagiaan itu tidak seiring sejalan dengan kisah persahabatan heleen and Anke.

Sejak berteman dengan Leonore Willem, sifat Anke ke heleen berubah drastis. Anke yang dulu melindunginya sekarang malah membencinya.

Satu-satu kejadian menyakitkan pun datang ke keluarga heleen. Sampai puncaknya, leonore menuduh Heleen yang membunuh anak Anke.

Hans yang waktu itu ada di rumah dengan Rosemary, pun diminta untuk meninggalkan rumah agar menghindari amukan dari masyarakat.

Dan Heleen menyusul andriaan, Judith, dan greeta yang sedang ada di pabrik untuk memberitahu tentang kejadian yang dialaminya.

Tidak ada yang tahu bagaimana nasib heleen dan keluarga Hans yang lain, sama seperti Hans dan Rosemary.

Begitu juga kamu, pasti tidak akan menyangka dengan kejadian yang lainnya, jika kamu penasaran kamu bisa langsung membaca bukunya supaya mengenal lebih dekat lagi.

Unsur Intrinsik Novel

Adapun unsur intrinsik novel Hans karya Risa Saraswati yang harus kamu ketahui yaitu:

1. Tema

Tema dalam novel Hans yaitu tentang lika-liku dalam kehidupan Hans. Banyak diceritakan tentang konflik kehidupan.

2. Tokoh

Tokoh utama dalam novel Hans yaitu Hans, Petter, Hendrick, Heleen, Rosemary, Anke, dan Leonore Willem.

3. Latar Tempat

Latar tempat kejadian yaitu di rumah Hans, dan rumah Hendrick.

4. Alur

Alur yang terdapat dalam novel yang menggunakan penggambaran alur campuran. Bahkan, lebih banyak cerita yang menggunakan alur mundur.

Diceritakan kehidupan masa lalu lebih detail tentang ibu Hans yang hamil di luar nikah.

5. Latar Waktu

Latar waktu yang diceritakan dalam novel yaitu menggunakan zaman penjajahan Belanda.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan penulis untuk menggambarkan karakter para tokohnya yaitu sudut pandang orang pertama.

7. Amanat

Dendam di kehidupan masa lalu hanya akan menambahkan dendam selanjutnya yang tidak akan berhenti. Jadi, bersikaplah untuk berdamai dan tenang dengan kehidupan.

8. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Hans cukup mudah. Sehingga pembaca dapat memahami bacaan dengan cepat.

Unsur Ekstrinsik Novel

Adapun beberapa unsur ekstrinsik novel Hans yang menarik untuk kamu ketahui, yaitu:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial dalam novel Hans yaitu kita harus menghargai apapun masa lalu orang lain.

Selain itu, nilai sosial juga terlihat dari penggambaran para tokoh Hans dan teman-temannya yang selalu bekerjasama.

2. Nilai Moral

Sejak jaman dahulu, hamil di luar nikah memang menjadi hal yang sangat buruk. Hingga memberikan dampak negatif untuk psikologi siapapun yang mengalaminya.

Kelebihan Novel

Kelebihan novel Hans yaitu mempunyai bahasa yang mudah dipahami. Sehingga, setiap konflik yang terjadi dapat dengan mudah dipahami oleh para pembacanya.

Penampilan konflik dalam cerita juga sangat menarik sehingga dapat membuat pembaca tertarik untuk mengetahui ending cerita.

Kekurangan Novel

Kekurangan dalam novel yaitu penyampaian cerita yang terlalu detail sehingga terkadang pembaca begitu monoton saat membacanya.

Pesan Moral Novel Hans Karya Risa Saraswati

Pesan moral novel Hans yaitu hilangkan sifat balas dendam dari peristiwa masa lalu yang hanya membawa dampak buruk untuk kehidupan di masa sekarang.

Nikmati apa yang ada dalam kehidupanmu saat ini agar hidupmu dipenuhi rasa tenang dan damai.

Artikel Menarik Lainnya: