Resensi Novel Happy Birth Die; Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Resensi Novel Happy Birth Die; Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan kisah remaja yang di bumbui dengan misteri fantasi kamu bisa coba baca resensi novel happy birth die dimana di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moralnya.

Novel ini berhasil melahirkan atau menciptakan karakter-karakter memiliki sifat yang saling bertolak belakang. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak sinopsis novel ini di bawah agar tahu gambaran kisahnya.

Identitas Novel Happy Birth Die

Judul NovelHappy Birth Die
PenulisRisma Ridha Annisa X Pit Sansi
PenerbitPT. Bentang Pustaka
Jumlah Halaman352 halaman
Ukuran Buku14,5 x 20,8 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2019
Harga BukuRp.84.000,-

Novel happy brith die ini merupakan sebuah novel yang di tulis oleh seorang penulis bernama Risma Ridha Annisa yang berawal di tulis di Wattpad. Hingga novel ini sudah di baca oleh lebih dari 1,2 juta kali dan akhirnya dibukukan.

Novel happy birth die ini mulai dibukukan sejak tahun 2019 oleh PT. Bentang Pustaka yang dimana novel ini memiliki ketebalan yang mencapai 352 halaman dan ukuran mencapai 14,5×20,8 cm.

Sinopsis Novel Happy Birth Die

Dalam resensi novel happy birth die ini akan kami jelaskan juga bagaimana sinopsis dari novel ini. dan sinopsis ini akan membantu kamu mengetahui isi cerita dengan lengkap dan tentunya akan membuat kamu paham isi dari novel ini.

Pijar sering kali dipanggil zombi oleh teman-temannya. Dimana cewek itu dikenal misterius karena penampilannya yang seram, wajah datar, dan enggak pernah senyum.

Banyak yang enggak mau berurusan dengannya, ngeri! Dan sayangnya, Heksa mau nggak mau harus berdekatan dengan Pijar karena harus tampil bareng di acara sekolah.

Heksa sebenarnya malas, takut popularitasnya turun. Lagian, zombi mau ngapain sih di panggung ini? bisa-bisa semua penonton kabur ketakutan.

Karena acara itu, Pijar dan Heksa jadi dekat. Pijar tahu kelemahan Heksa yang memalukan. Heksa juga tahu kemampuan mistis Pijar. Ternyata cewek itu bisa melihat tanggal kematian seseorang saat berulang tahun.

Fakta ini membuat hari-hari keduanya dipenuhi ketegangan. Novel ini tidak hanya mengambil cerita anak remaja, namun ditambah oleh bumbu-bumbu misteri fantasi yang dapat membuat para pembaca ketagihan untuk membaca novel ini.

Novel ini memiliki genre campuran, ada bumbu romance, fantasi, serta bumbu horor dan novel ini memiliki alur yang maju mundur. Novel ini berhasil melahirkan atau menciptakan karakter-karakter memiliki sifat yang bertolak belakang.

Novel memiliki gaya penulisan dari yang diciptakan oleh Risma Ridha Annisa ini dapat dinilai mudah dipahami dan memiliki novel yang bersuasana seru dan banyak teka-teki yang dapat membuat pembaca penasaran.

Tak hanya itu, serta terdapat selipan candaan kecil-kecilan yang dapat membuat pembaca merasa tersenyum.

Lantas bagaimana Pijar bisa mengendalikan kemampuannya tersebut? Yuk, simak selengkapnya di novel happy birth die secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Happy Birth Die

Dalam resensi novel happy birth die ini akan kami jelaskan secara lengkap juga mengenai unsur intrinsik novel. Unsur intrinsik ini adalah unsur pendamping novel dari dalam berikut penjelasan lengkapnya.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel happy birth die ini menjelaskan tentang kisah remaja yang memiliki kemampuan berbeda dari remaja umumnya.

2. Tokoh dan penokohan

  • Pijar, ia merupakan seorang remaja cantik yang memiliki kemampuan melihat kematian seseorangsaat ulang tahunnya ia jutek, dingin dan tidak pernah tersenyum
  • Heksa, ia merupakan tokoh utama laki-laki yang sifatnya berbanding terbalik dengan Pijar ia tidak bisa diam, banyak tingkah dan seru
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel happy birth die ini adalah menggunakan alur maju mundur atau biasa di sebut dengan alur campuran.

4. Latar waktu

Latar waktu yang ada di novel ini yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di rumah Pijar, di rumah Heksa, di panggung, di sekolah, di kantin dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel happy birth die ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel happy birth die ini cukup ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan termasuk remaja hingga dewasa.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah takdir seperti rejeki, usia dan jodoh itu adalah semua takdir yang tidak bisa di ubah dan sudah ditentukan saat kita masih dalam kandungan gunakanlah kemampuanmu sebaik mungkin.

Unsur Ekstrinsik Novel Happy Birth Die

Dalam resensi novel happy birth die ini ada beberapa unsur ekstrinsik di dalam novel tersebut dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel happy birth die adalah sikap Heksa yang tidak bisa diam dan juga banyak tingkah membuat dia mudah bergaul dengan siapa saja termasuk Pijar yang super cuek dan misterius.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung dalam novel happy birth die ini juga tentang kemampuan Pijar yang mungkin sesekali merasa terganggu jadi harus bisa mengendalikannya dengan baik.

3. Latar Belakang Penulis

Risma Ridha Annisa ini biasa dipanggil Rismami ia sangat mencintai dunia fantasi dan novel ini mendapatkan penghargaan di kompetisi Bella Writing Marathon Batch 3 dan memiliki pembaca yang cukup lumayan banyak.

Kelebihan Novel Happy Birth Die

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel happy birth die, diantaranya adalah:

  • Novel happy birth die ini merupakan pemenang kompetisi Writing Marathon 3 yang paling populer
  • Selanjutnya cerita ini telah di baca lebih dari 1,2 juga pengunjung Wattpad
  • Tidak hanya berkisah remaja tapi jua memiliki kisah misteri dan fantasi
  • Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan

Kekurangan Novel Happy Birth Die

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangan yang terdapat dalam novel happy birth die diantaranya adalah:

  • Alur cerita terkesan lambat sehingga bagi kamu yang tidak sabaran tidak akan cocok
  • Cover buku menurutku kurang menarik

Pesan Moral Novel Happy Birth Die

Segala sesuatu yang ada di dunia ini sudah Tuhan takdirkan seperti jodoh, maut dan rezeki bahan jauh sebelum kita lahir kita sebagai manusia hanya bisa terus berbuat baik dan menerima takdir yang digariskan dengan ikhlas.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel happy birth die yang perlu diketahui semoga apa yang di sampaikan dapat bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: