Resensi Novel Heart: Sinopsis, Intrinsik & Ekstrinsik

Resensi Novel Heart

Resensi novel heart ini membeberkan mengenai identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik dan ekstrinsik serta kelebihan dan juga kekurangan dari novel tersebut. Yang akan di bahas secara lengkap.

Novel heart ini mengisahkan cinta segitiga dari Rachel, Farel dan juga Luna. Seperti judulnya novel ini sangat menyentuh bagian terdalam dari manusia yaitu hati.

Kisah mereka cukup menggetarkan hati pembacanya. Resensi ini akan membantu kamu untuk mengambil keputusan apakah ingin membeli bukunya atau tidak. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Identitas Novel Heart

Judul NovelHeart
PenulisNinit Yunita
Jumlah halaman160 Halaman
Ukuran buku14×20 cm
PenerbitGagas Media
KategoriRomance
Tahun Terbit2006
Harga novelRp. 50.000

Novel heart ini merupakan karya best seller dari penulis keren Nitnit Yunita. Novelnya mulai di terbitkan pada april tahun 2006.

Kisah dalam novel heart ini cukup terkenal bahkan di di angkat menjadi sebuah film. Yang di perankan oleh Nirina Zubir, Irwansyah dan Acha Septriasa juga pemeran pembantu lainnya.

Kisah nya yang seru dan menyentuh memiliki banyak penggemar sehingga buku ini termasuk buku populer pada masanya.

Sinopsis Novel Heart

Novel heart ini mengisahkan dua sahabat dari kecil yang bernama Rachel dan Farel mereka selalu bermain basket bersama. Dan ada pohon besar di dekat lapangan basket tersebut.

Rachel yang tomboy selalu memanjat pohon itu. Tapi, Farel yang penakut tak pernah memanjat ketinggian tak pernah tahu apa yang di tulis Rachel disana.

Seiring berjalannya waktu mereka semakin dekat dan Rachel mencintai sahabatnya itu. Namun, Farel hanya menganggap Rache sebagai sahabat baiknya saja.

Ketika Farel bercerita menyukai seorang gadis bernama Luna. Hanya saja dia memiliki sebuah penyakit yang bisa sembuh hanya karena pendonoran hati.

Farel dan Luna akhirnya semakin dekat dan itu membuat Rachel sakit hari tanpa sadar saat ia berjalan sendirian ia terperosok ke jurang. Dari kecelakaan itu Rachel harus kehilangan kakinya.

Dan saat di rumah sakit Farel dan Luna pun ada di sana karena Luna juga drop. Farel bingung harus menemani yang mana. Karena Rachel sudah semakin parah maka ia memutuskan hal yang begitu luar biasa.

Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya? yuk baca bukunya!

Intrinsik Novel Heart

Berikut ini merupakan unsur intrinsik dari novel heart, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang terkandung dalam novel heart ini yaitu tentang percintaan dan pengorbanan seorang wanita terhadap lelaki yang teramat ia cintai.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Rachel, ia merupakan tokoh utama yang pemberani, pencemburu, selalu menepati janji dan baik hati.
  • Farel, tokoh Farel memiliki watak penakut, teguh keyakinan, dan nekat.
  • Luna, ia memiliki watak yang humoris, tetapi terkadang dia selalu pesimis.
  • Ayah Luna, memiliki sikap peduli terhadap orang lain dan baik hati.
  • Mama Luna, memiliki sifat selalu berlapang dada juga baik hati.
  • Papa Rachel, is memiliki sifat yang bijaksana dan baik hati.
  • Dokter, dia memiliki sifat yang jujur dan baik hati
  • Suster, ramah dan suka menolong
  • dan lain sebagainya.

3. Alur

Alur yang digunakan yaitu menggunakan alur maju, bagian alur yang disajikan secara beruntun dari tahap perkenalan atau pengantar dan diakhiri dengan tahap penyelesaian.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel heart ini yaitu siang, pagi, sore dan malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu di Jakarta, kios buku, kamar, danau, lapangan basket, bukit, rumah sakit, rumah Rachel, rumah Farel dan rumah Luna juga di pemakaman.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel heart ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Heart ini menggunakan bahasa sehari-hari dan bukan merupakan ragam bahasa baku.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah bahwa kita harus bisa menjadi orang yang lebih peka lagi baik terhadap kejadian atau menyangkut perasaan orang lain.

Jangan sampai karena ketidak pekaan kita orang lain menjadi sedih. Dan penulis juga mengingatkan kepada kita.

Bahwa sesungguhnya cinta sejati adalah cinta dari orang yang benar-benar rela berkorban demi kita hanya demi ingin melihat kita bahagia.

Ekstrinsik Novel Heart

Berikut ini merupakan unsur intrinsik dari novel heart diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Persahabatan antara Rachel dan Farel juga Luna sangat patut di conto. Mereka sangat solider. Tak ingin satu sama lain menyakiti. Lebih baik mengalah untuk memperbaiki suasana.

2. Nilai Moral

Pengorbanan Rachel atas sahabatnya benar-benar sangat membuat pembaca tersentuh. Begitu besar pengorbanan ia untuk orang yang sangat ia cintai.

3. Nilai Agama

Nilai agama dari novel ini adalah bagaimana kita tetap harus bersyukur dan menerima semua ketetapan Allah dengan Ridha. Karena rencana Allah selalu yang terbaik.

Kelebihan Novel Heart

Berikut ini merupakan kelebihan dari novel Heart diantaranya adalah:

  • Tampilan cover bagus sehingga menarik perhatian pembaca
  • Banyak nilai persahabatan di dalamnya
  • Pengorbanan cinta yang luar biasa

Kekurangan Novel Heart

Sama halnya dengan novel pada umumnya bahwa novel Heart juga memiliki kekurangan, yaitu diantaranya:

  • Kualitas kertas yang di gunakan standar dan sedikit buram
  • Tidak di ketahui keadaan orang tua Rachel saat di tinggalkan sehingga menjadi pertanyaan yang mengganjal
  • Tidak di jelaskan juga mengapa Luna bertempat tinggal yang berbeda sehingga membuat cerita menggantung.

Pesan Moral Novel Heart

Pesan moral dari novel Heart ini adalah bahwa mencintai bukan seberapa besar kita menerima tapi seberapa banyak kita telah memberi.

Dan tetap sabar dan bersyukur atas apa yang menjadi ketetapan yang kuasa.

Cara Cek Typo di Word dengan Mudah Bisa Online & Offline

Cara Cek Typo di Word dengan Mudah Bisa Online & Offline

Cara cek typo di Word dapat dilakukan secara offline dan online. Kamu dapat melakukan cara online dengan mengecek langsung di Ms Word, menggunakan Kamus Bahasa Indonesia Microsoft, dan mengaktifkan Proofing Options. Atau kamu juga bisa cek typo dengan cara online yaitu melalui KBBI, Google Docs, Typoonline, dan Lecture.ID. Belum tahu semua cara cek typo tersebut? artikel ini sudah merangkumkan informasi cek typo di Word dengan offline dan online secara lengkap. Yuk, baca sampai selesai ya. Cara Cek Typo di Word Bahasa Indonesia Secara Offline Adapun cara cek typo di Word Bahasa Indonesia secara offline yang dapat kamu lakukan, yaitu: 1.
Resensi & Sinopsis Novel Shadow and Bone

Resensi & Sinopsis Novel Shadow and Bone [Lengkap]

Novel Shadow and Bone ini merupakan karya dari penulis luar negeri yang bernama Leigh Bardugo. Novel ini mengisahkan Grisha manusia yang memiliki kemampuan sejak lahir dalam mengendalikan elemen-elemen tertentu. Penasaran dengan isi buku ini? kamu bisa baca sinopsis novel Shadow And Bone pada artikel ini akan di bahas secara lengkap mengenai unsur penting novel. Mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, hingga pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut. Simak yuk! Identitas Novel Judul Novel Shadow and Bone Penulis Leigh Bardugo Jumlah halaman 392 halaman ukuran buku 13,5×20 cm Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia Kategori Fantasy & Romance Tahun terbit 2019 Harga

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Info Menarik Lain untuk Kamu: