Resensi Novel Indigo Stories Paling Lengkap

Bagi kamu yang suka dengan cerita-cerita indigo kamu wajib banget punya buku Indigo Stories. Dimana kamu akan mendapatkan berbagai cerita seru di dalamnya dan membuat kamu merinding.

1 Fashion murah

Resensi novel Indigo Stories ini akan kamu dapatkan secara lengkap di sini akan di bahas mulai dari identitas novel, sinopsis novel, intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya yuk, simak sampai akhir ya!

fashion muslim murah

Identitas Novel Indigo Stories

Judul NovelIndigo Stories
PenulisHanamizuki Mega
PenerbitCoconut Books
Ukuran Buku14,5 x 21 cm
Jumlah Halaman488 halaman
KategoriFiksi Horor
Tahun Terbit2018
Harga BukuRp.85.000,-

Novel Indigo Stories ini merupakan karangan Hanamazuki Mega yang berawal dari salah satu aplikasi menulis Wattpad dimana novel ini sudah di baca oleh lebih dari 1,2 juta pengunjung dan hingga akhirnya dibukukan mulai tahun 2018.

Novel ini mengisahkan seorang gadis bernama Frieska Sumendra atau sering di panggil Agni yang bisa melihat hal-hal yang tak kasat mata dan mulai menceritakannya di buku ini.

Sinopsis Novel Indigo Stories

Dalam resensi novel Indigo Stories ini kami akan jelaskan sinopsis novel dimana sinopsis ini akan membantu kamu lebih memahami isi novel secara garis besar dan berikut penjelasan lengkapnya.

“Aku masih mengingat saat usiaku menginjak umur lima tahun, di usia itu, untuk pertama kalinya, aku bisa melihat hal-hal yang tidak bisa orang lain lihat.”

1 Fashion murah

“Namaku adalah Agni Frieska Sumendra panggil saja aku Agni. Seorang gadis introvert yang bisa melihat suatu hal aneh diluar nalar otak manusia. Aku akan bercerita padamu, dari awal di saat aku melihat makhluk tak kasat mata”.

Novel ini merupakan pengalaman nyata yang disaksikan atau dialami langsung oleh penulis Indigo Stories. Dalam novel ini diceritakan seorang wanita bernama Agni Frieska Sumendra yang merupakan seorang anak “indigo”.

Dan tentunya kamu semua sudah tidak asing lagi kan dengan istilah indigo tersebut? Anak Indigo atau anak Nila ini adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa dan bahkan supranatural”

Agni ini sudah mulai merasakan bahwa dia berbeda sejak ia menginjak usia 5 tahun. Hal itu bermula saat Agni kecil sedang asik bermain di loteng rumahnya. Tiba-tiba di loteng tersebut. Agni melihat ada sebuah boneka Teletubies.

Tepatnya boneka Tingky Wingky. Saat Agni mencoba untuk memainkan boneka tersebut, tidak terasa ada seorang anak kecil terlihat seusia duduk disampingnya.

Awalnya Agni tidak mengetahui bahwa yang dilihatnya sebenarnya bukan manusia. Dengan senang hati. Agni mengajaknya bermain boneka tersebut karena merasa memiliki teman baru kala itu.

1 Fashion murah

Saat ibunya datang menghampirinya. Agni pun menceritakan semuanya kepada ibunya tentang boneka yang ditemukannya. Tentang teman barunya. Tetapi saat itu, ibunya hanya melihatnya berada di loteng seorang diri.

Dengan ekspresi yang masih kaget, ibunya menjelaskan kepada Agni bahwa yang dilihatnya itu tidaklah nyata, bahwa Agni berbeda Agni bisa melihat apa yang orang lain tidak bisa lihat.’

Lantas apakah hal ini akan terus berlangsung ia sampai dewasa? Apakah hantu gentayangan itu akan terus menghantui Agni? Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak kisahnya secara langsung di novel Indigo Stories ya!

Unsur Intrinsik Novel Indigo Stories

Dalam resensi novel Indigo Stories kamu juga akan menemukan beberapa unsur intrinsik di dalamnya dan berikut penjelasan singkatnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Indigo Stories ini adalah menggunakan tema kemampuan Agni yang bisa melihat makhluk tak kasat mata.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh dan penokohan yang terdapat dalam novel, yaitu:

1 Fashion murah
  • Agni, ia merupakan gadis yang ceria dan bisa melihat makhluk tak kasat mata atau indigo
  • Ibu Agni, ia merupakan seorang ibu yang baik dan penyayang serta sangat bijak
  • Hantu anak kecil, ia teman tak kasat mata yang selalu mengajak Agni bermain
  • Dan masih banyak lagi kisah lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novel tersebut.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Indigo Stories ini menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari, saat Agni berusia 5 tahun hingga dewasa.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel Indigo Stories ini menggunakan latar tempat di rumah Agni, di sekolah, di halaman, dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu Agni sendiri menceritakan kisahnya.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup ringan dan sangat sederhana karena menggunakan bahasa yang digunakan sehari-hari.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel adalah jangan pernah merasa terganggu dengan anugrah yang kamu miliki karena itu adalah pemberian Tuhan dan hal ini meyakini bahwa memang kita manusia berdampingan dengan makhlu tak kasat mata.

1 Fashion murah

Unsur Ekstrinsik Novel Indigo Stories

Dalam resensi novel Indigo Stories kamu juga akan menemukan unsur ekstrinsik novel yaitu:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terlihat yaitu Agni yang masih kecil tidak memilih teman dan tidak takut dengan makhluk yang menemui dan mendekatinya, bahkan ia mengajaknya ngobrol.

2. Nilai Moral

Sikap Agni yang bisa menyikapi berbagai makhluk itu secara dewasa sangat bagus karena tidak mengganggu kejiwaannya dan bahkan ia merasa biasa dengan hal-hal tersebut.

Kelebihan Novel Indigo Stories

Berikut beberapa kelebihan yang terdapat dalam novel Indigo Stories yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Novel ini menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan udah dipahami karena ini merupakan pengalaman pribadi penulis jadi kamu akan mudah memahaminya
  • Novel ini juga memiliki beberapa bab dan memiliki judul yang berbeda
  • Kisah diceritakan secara detail sehingga kamu akan membayangkan dengan mudah

Kekurangan Novel Indigo Stories

Selain kelebihan tentunya novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangannya yaitu:

  • Novel ini memiliki bab yang tidak teratur sehingga ada cerita Agni yang sudah dewasa tapi tiba-tiba menjadi Agni kecil jadi cerita novel ini acak dan membuat pembaca sedikit bingung
  • Kisah Indigo dari awal sampai akhir ini hampir sama mengenai sosok hantu dan di dominasi kunti lanak sehingga kadang merasa pembaca bosan
  • Memiliki halaman yang cukup tebal
  • Tidak beraturan penyajian novelnya

Pesan Moral Novel Indigo Stories

Kita sadari bahwa di dunia ini bukan hanya ada manusia tetapi juga masih ada makhluk lainnya yang tak kasat mata, jadi kita hidup berdampingan dan selalu waspada dan menjaga sikap serta hati-hati dalam bertindak.

1 Fashion murah

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Indigo Stories mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik dan pesan moralnya semoga membantu.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu