Resensi Novel Ketua Osis Koplak Paling Lengkap

Bagi kamu yang suka dengan kisah novel yang ada komedinya dan tentunya cerita unik dan menarik kamu wajib banget ini baca novel ketua osis koplak karya dari Wisnu Maulana dan kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan resensi novel ketua osis koplak.

Mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut secara lengkap tidak lupa kami jelaskan juga kelebihan dan juga kekurangan dari novel ini. simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Ketua Osis Koplak

Resensi Novel Ketua Osis Koplak
Judul NovelKetua OSIS Koplak
PenulisWisnu Maulana
PenerbitPastel Books
Jumlah Halaman352 halaman
Ukuran buku14×20,5 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2017
Harga BukuRp.65.000,-

Novel ketua Osis koplak ini merupakan sebuah novel karya dari Wisnu Maulana yang dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2017 oleh Pastel Books. Buku ini memiliki ketebalan yang cukup sekitar 352 halaman.

Tidak hanya itu buku ini juga memiliki ukuran sekitar 14×20,5 cm kamu bisa mendapatkan buku ini baik offline maupun online di berbagai marketplace di Indonesia.

Sinopsis Novel Ketua Osis Koplak

Dalam resensi novel ketua osis koplak ini akan kami jelaskan mengenai sinopsis novel dimana sinopsis novel ini sangat membantu kamu untuk mengetahui isi novel ini secara singkat.

Novel ini mengisahkan seorang pemuda SMA yang bernama Nurman di kenal sebagai cowok koplak, tukang telat, langganan dihukum dan pastinya jomblo.

Suatu hari saat sedang melaksanakan upacara bendera, tiba-tiba kepada sekolah mengumumkan dia sebagai salah satu dari empat siswa yang terpilih sebagai calon ketua osis.

Nurman yang bingung, ngikuti aja semua rangkaian proses menjadi ketos, dari mulai bikin pidato, latihan pidato, kampanye, debat dan diklat. Tetapi, semuanya tidak berjalan semulus keinginanya.

Banyak hal yang terjadi misalnya kertas pidato hilang, belum lagi sering telat dan juga sering banget di hukum. Di bantu dengan kedua temannya bernama Samsuri dan Udin yang agak pinter ikut kampanye mensejahterakan jombol SMA Mandiri.

Dan akhirnya Nurman berhasil jadi ketua osis. Selain kekocakan kisahnya ada juga kisah satu kandidat ketua osis juga yang bernama Endriyani banyak membantu Nurman, meski setiap ketemu udah kayak anjing dan kucing.

Debat sudah, diklat sudah, waktunya Nurman menjalankan tuntunan warga sekolah adat kampanyenya. Acara yang dibuatnya tidak berjalan mulus karena adanya suatu kejadian. Belum lagi, setelah acara tersebut, Nurman justru di pecat jadi ketua OSIS.

Nurman jelas curiga, ada yang tidak beres dengan pemecatannya tersebut, dan hal itu menghantarkannya kepada rahasia yang tersimpan di sekolahnya.

Lantas apa yang sebenarnya terjadi di sekolah Nurman ini? adakah yang disembunyikan dari kegiatan ini?

Nah, bagi kamu yang penasaran apa yang sebenarnya terjadi kamu bisa simak secara langsung di novelnya ya.

Unsur Intrinsik Novel Ketua Osis Koplak

Dalam resensi novel ketua osis koplak ini tidak lupa akan kami bahas juga unsur intrinsik dalam novel tersebut dan berikut penjelasan lengkap mengenai unsur intrinsiknya.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu tentang seorang Nurman yang koplak dan harus menyalonkan diri sebagai ketua osis.

2. Tokoh dan penokohan

  • Nurmah, seorang pemuda koplak yang, lucu dan pecicilan, sering telat dan gak ada ia merupakan seorang panutan ketua osis yang baik
  • Samsuri, teman Nurman yang ikut berkampanye memenangkan Nurman tapi otaknya rada lemot
  • Udin, ia tim kampanye Nurmah yang otaknya sedikit cerdas
  • Endriyana, kandidat ketos lain yang selalu membantu Nurman
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ketua osis koplak ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Laatr waktu yang digunakan dalam novel ketua osis koplak ini yaitu pagi hari, siang hari, dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang di gunakan dalam novel ini adalah SMA Mandiri, warung Mang Uhe, kantin, perpus, rumah Nurman dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ketua osis koplak ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung adalah jangan pernah putus dalam menghadapi sebuah masalah dan majulah demi kebaikan bersama tanpa perlu memikirkan menjadi yang terbaik. Dan jadilah teladan bagi teman-teman kamu sehingga bisa memberikan dampak positif bagi yang lainnya.

Unsur Ekstrinsik Novel Ketua Osis Koplak

Selain intrinsik kami juga akan bahas unsur ekstrinsik dalam resensi novel ketua osis koplak ini dan berikut penjelasan lengkapnya:

1.Nilai Sosial

Sikap Samsuri dan juga Udin turut membantu Nurman untuk jadi ketua osis dan itu sikap sosial yang baik dan solidaritas.

2. Nilai Moral

Sikap Nurman saat menjawab pertanyaan kepala sekolah seharusnya dengan sopan meski sama-sama suka humor baik kepala sekolah atau Nurman tapi bicara kepada kepala sekolah lebih baik dijaga.

Kelebihan Novel Ketua Osis Koplak

Berikut ada beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui yang terdapat dalam novel ketua osis koplak yaitu:

  • Novel ini memiliki konflik yang ringan dan alurnya cukup membuat pembaca tidak merasa bosan
  • Banyak humornya yang membuat betah terus membaca
  • Tokoh memiliki karakter yang kuat
  • Bahasa yang digunakan cukup ringan dan mudah dipahami oleh smeua kalangan
  • Ada banyak kisah menarik di dalam novel ini yang memiliki pesan moral tapi di sampaikan dengan humor

Kekurangan Novel Ketua Osis Koplak

Selain kelebihan tentunya novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh novel ini adalah:

  • Cerita novel ini serasa kurang real life dengan kehidupan nyata
  • Alur terasa lebih cepat
  • Ada beberapa kesalahan adegan atau penyebutan nama dan latar tempat jadi terasa rancu
  • Ada beberapa kesalahan ketik atau penulisan alias tyfo

Pesan Moral Novel Ketua Osis Koplak

Novel ini mengajarkan kita bahwa setiap manusia memiliki sikap baik dan buruknya dan ketika manusia itu berusaha menjadi baik maka lingkungan sekitar seharusnya mendukungnya dan memberikan semangat untuk terus berbuat baik dan menjadi contoh.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai resensi novel ketua osis koplak mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, hingga pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: