Resensi Novel Keylandara: Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Resensi Novel Keylandara: Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan kisah percintaan remaja SMA yang menarik dan unik kamu bisa coba baca dulu buku novel Keylandara dimana pada kesempatan kali ini kita akan melakukan resensi novel Keylandara.

Resensi novel ini akan membahas mengenai identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Tidak hanya itu, akan kami bahas pula mengenai kelebihan dan kekurangan dari novel ini secara lengkap simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Keylandara

Resensi Novel Keylandara
Judul NovelKeylan Dara
PenulisAmelia Rahma
PenerbitBintang Media
Jumlah Halaman456 halaman
Ukuran Buku20,5×14 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2019
Harga BukuRp.99.000,-

Novel Keylandara ini merupakan sebuah novel remaja karya dari Amelia Rahma dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2019 oleh Bintang Media. novel ini juga memiliki ketebalan halaman yang mencapai 456 halaman.

Novel Keylandara ini memiliki ukuran sekitar 20,5×14 cm kamu bisa mendapatkan buku ini dari mulai harga sekitar Rp.99.000,- an saja.

Sinopsis Novel Keylandara

Dalam resensi novel Keylandara ini kami akan jelaskan juga mengenai sinopsis novel dimana sinopsis ini akan membantu kamu memahami apa yang menjadi garis besar dari novel ini secara lengkap.

Novel ini mengisahkan Keylan Zanuar Nugraha yang merupakan cowok dingin tanpa perasaan. Paling anti jika barangnya disentuh oleh siapa pun apalagi di rusak. Dan ia kira hidupnya kini akan menjadi hitam putih semenjak masalah terjadi.

Tapi, nyatanya dengan datangnya seoranng Dara dalam hidupnya menjadikan hari cowok dingin ini lebih berwarna.

Gadis itu bernama Dara Cahya Fanary ia merupakan gadis cerdas yang menerima beasiswa di sekolah berstandar nasional. Dan ia harap ia bisa masuk sekolah itu tanpa masalah dan dapat menyelesaikan sekolah dengan cepat.

Namun, ternyata dugaan Dara salah besar saat pertemuan pertamanya dengan Keylan ia akan mendapat masalah untuk hari-hari berikutnya.

Novel Keylandara ini mengisahkan kisah percintaan anak SMA yang satu memiliki karakter dingin dan tidak tersentuh sedangkan satunya lagi memiliki kecerdasan namun kesan pertemuan mereka tidak begitu menyenangkan  sehingga membuat Dara terkena masalah.

Keylan sendiri ia merupakan anak lelaki dengan segudang pesona tersebut lelaki berdarah dingin yang cuek dan jarang bicara dan ia ternyata merupakan salah satu anak dari pemilik SMA Garuda tersebut.

Dan hal ini membuat Dara harus mengikuti perintah-perintah Keylan sebagai hukuman. Namun, lama-kelamaan Dara menunjukan sikap peduli terhadap Keylan dan mengetahui adanya kisah menyedihkan dibalik matanya.

Sama halnya dengan Keylan, ia menunjukan sikap peduli dan posesif terhadap Dara, akan tetapi, semua kenangan cinta yang mereka alami terburai setelah kemunculan Wijaya yang merupakan ayah Dara.

Ia akan melakukan apapun untuk mengakhiri hidup Dara. Wijaya, memiliki dendam terdalam terhadap Dara dikarenakan anak perempuannya tersebut diduga membunuh istrinya.

Dan kerumitan yang muncul akibat Wijaya menyebabkan Keylan untuk mempertaruhkan nyawanya. Ia rela mencari informasi tentang Wijaya serta memanggil sejumlah bodygorad untuk menjamin keselamatan Dara.

Pada akhirnya, Wijaya memiliki rencana yang amat licik dan menyebabkan Keylan tertembak. Dan 5 tahun kemudian telah berlalu, Dara mengira bahwa Keylan benar-benar sudah ada di surga.

Namun, ternyata tidak. Bagi kamu yang penasaran dengan kisah mereka kamu bisa simak secara langsung di novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel Keylandara

Dalam resensi novel Keylandara ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik di dalamnya dan berikut penjelasan lengkap mengenai unsur intrinsik novel yaitu:

1.Tema

Tema yang diangkat dari novel ini adalah tema percintaan remaja SMA antara Keylan dan Dara yang memiliki karakter berbeda dan bertolak belakang.

2. Tokoh dan penokohan

  • Dara Cahya Fanany, ia merupakan tokoh protagonis yang pekerja kerasdan selalu menghindari masalah, sabar, ceroboh
  • Keylandara Zanuar Nugraha, ia merupakan sosok lelaki yang cuek, angkuh dan dingin
  • Wijaya, ayah kandung Dara yang selalu menyalahkan Dara atas kematian ibunya
  • Dan masih banyak tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Keylandara ini yaitu mengunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Keylandara ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di SMA Garuda, kontrakan, apartemen Keylan dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel keylandara ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Keylandara ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan. Ada juga berbagai majas di dalamnya seperti personifikasi, asosiai dan lainnya.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini yaitu janganlah menyalahkan takdir atas apa yang menjadi takdirmua tugasmu hanya berusaha ikhlas dan menerima semuanya agar seua luka tidak menjadi dendam dan penyesalan semata.

Unsur Ekstrinsik Novel Keylandara

Selain intrinsik dalam resensi novel Kelandara ini akan dijelaskan juga unsur enstriksi novel dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel adalah saat Keylan yang dengan sigap menolong dara meski ia harus terluka itu sikap sosial yang sangat tinggi.

2. Nilai Moral

Sikap Wijaya yang tidak bisa menerima takdir dan selalu menyalahkan orang lain atas apa yang sudah terjadi membuat ia kalap dan ingin membunuh darah dagingnya sendiri.

Kelebihan Novel Keylandara

Dalam sebuah karya kita akan menemukan beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari sebuah karya dan berikut penjelasan mengenai beberapa kelebihan dari novel ini yaitu:

  • Novel ini cocok di baca para remaja
  • Bahasa yang digunakan cukup ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan
  • Alur cerita sederhana dan mudah dipahami
  • Banyak menyimpan pesan moral di dalamnya

Kekurangan Novel Keylandara

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut penjelasan lengkapnya, yaitu:

  • Ada beberapa tyfo atau kesalahan penulisan
  • Endingnya mudah di tebak
  • Terlalu cacat logika karena ada ayah kandung sejahat itu

Pesan Moral Novel Keylandara

Dalam novel ini mengajarkan tentang arti syukur dan menerima takdir yang ada denagn ikhlas dan tidak menyalahkan keadaan pada orang lain dan bersabarlah di balik ujian hidup Tuhan pasti akan menghadirkan kebahagiaan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Keylandara mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moralnya semoga apa yang kami jelaskan dapat dipahami dan bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: