Resensi Novel Ku Cinta Kau Dan Dia: Sinopsis & Intrinsik

Resensi Novel Ku Cinta Kau dan Dia: Sinopsis & Intrinsik

resensi novel ku cinta kau dan dia

Novel berjudul ku cinta kau dan dia merupakan salah satu novel terbaik karya Ririn Astutiningrum. Novel keren yang hanya dijual dengan harga Rp. 55.000 saja.

Tapi tahu gak sih kalo novel ini keren banget?

Mau beli novel ini? Sebaiknya kamu baca dulu resensi novel ku cinta kau dan dia di artikel ini biar gak nyesel nantinya.

Di artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, kelebihan, kekurangan hingga pesan moralnya.

Yuk baca artikel ini sampai tuntas, temukan hal menarik di novel keren ini.

Identitas Novel Ku Cinta Kau dan Dia

Judul NovelKu Cinta Kau dan Dia
PenulisRiri Astutiningrum
Jumlah halaman204 halaman
Ukuran buku13×19 cm
PenerbitPT. Wahyu Media
KategoriRomance
Tahun Terbit2016
Harga bukuRp. 55.000

Buku ku cinta kau dan dia ini memiliki ketebalan 204 halaman. Novel ini pertama kali di cetak pada tahun 2016 oleh PT Wahyu Media.

Novel yang berupa kumpulan kisah nyata ini mengisahkan kisah percintaan yang didasari oleh cinta kepada pemilik hati yaitu Allah SWT.

Novel ini banyak memberikan motivasi dan juga dorongan serta kisah-kisah inspiratif yang mampu kita semakin sadar bahwa cinta tertinggi di dunia adalah cinta kepada-Nya.

Sinopsis Novel Ku Cinta Kau dan Dia

Novel ini mengisahkan true stories tentang cinta yang dialami masa kini oleh kontributor ceritanya.

Tetapi menghadirkan pula kisah cinta pada zaman lampau seperti para sahabat, tabiin dan ulama mansyur dalam periwayatan.

Buku ini mendekatkan pembaca terutama kalangan anak muda untuk lebih dekat kepada sejarah, mencintai kisah teladan dan belajar mengambil hikmah peristiwa.

Untuk mengajak pada kebaikan perlu upaya untuk mendekatkan sesuai zamannya maka kisah-kisah sahabat kemudian menjadi pemanis dan penghujung yang sangat baik dan sempurna.

Kisah sahabat ini menceritakan 10 kisah yang nama profilnya di sebutkan dalam buku ini. 10 kisah ini tentunya berputar dalam kisah cinta, hijrah, dan lika-liku menemukan jodoh.

Yang masing-masing cerita disuguhkan secara menarik dan membawa pesan tersendiri. Penasaran dengan kisahnya? Yuk baca buku Ku Cinta Kau dan Dia!

Unsur Intrinsik Novel Ku Cinta Kau dan Dia

Dalam sebuah resensi novel tentunya akan ditemukan unsur intrinsik di dalamnya. Termasuk resensi novel ku cinta kau dan dia. Dan berikut in merupakan unsur intrinsiknya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu mengenai kumpulan kisah nyata yang mencintai hanya karena Allah cinta yang hakiki yaitu cinta yang tertuju kepada-Nya.

2. Tokoh dan Penokohan

Tokoh di dalam novel Ku Cinta Kau dan Dia ini memiliki banyak tokoh karena di dalamnya ada 10 cerita yang berbeda. Setiap cerita memiliki tokoh yang berbeda dengan watak yang berbeda pula.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Ku Cinta Kau dan Dia yaitu kebanyakan menggunakan alur maju di dalam ceritanya.

4. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Ku Cinta Kau dan Dia yaitu menggunakan sudut pandang campuran.

Di Bab Bab pertama sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang penulis. Dan di selebihnya sudut pandang orang ketiga serba tahu.

5. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Ku Cinta Kau dan Dia yaitu menggunakan gaya bahasa sederhana yang bisa di pahami oleh semua kalangan.

Baik remaja atau dewasa. Dengan penyampaian kata-kata yang indah.

6. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel Ku Cinta Kau dan Dia yaitu:

  • Mencintailah karena Allah karena sejatinya rizki, jodoh dan maut sudah Allah takdirkan. Bernaunglah semua cinta pada sang pemiliki cinta.
  • Berhijrahlah untuk berpindah kepada hal-hal yang Allah ridhoi

Unsur Ekstrinsik Novel Ku Cinta Kau dan Dia

Berikut merupakan beberapa unsur ekstrinsik dalam novel Ku Cinta Kau dan Dia, yaitu:

1. Nilai Sosial

setiap kisah merupakan kontribusi dari sahabat-sahabat penulis yang ingin mendekatkan pemahaman anak muda zaman sekarang dengan kisah inspiratif.

2. Nilai Moral

10 cerita tersebut tentunya memiliki pesan tersendiri dan akan bernilai positif bagi pembaca. Sehingga menjadikan pembaca insan yang lebih baik lagi dalam memaknai makna cinta yang sesungguhnya.

3. Nilai Pendidikan

Dalam buku ini juga diceritakan kisah sejarah pada zaman dahulu seperti pada zaman ulama, tabiin sehingga dapat diambil pelajaran dan pendidikan dalam kisah sejarah tersebut.

Dan menjadi ilmu pengetahuan baru tentunya.

4. Nilai Agama

Buku ini menceritakan makna cinta yang paling tinggi dimana cinta selain kepadanya bernaung di bawah cinta kepada sang pemilik cinta yaitu Allah SWT. Sehingga buku ini memiliki nilai religius yang tinggi.

Kelebihan Novel Ku Cinta Kau dan Dia

  • Bahasanya yang mudah di mengerti dan tidak membuat para pembaca cepat sekali bosan untuk membaca buku ini.
  • Covernya yang cukup menarik dengan judul yang unik mampu memikat calon pembaca.
  • Memiliki banyak kalimat-kalimat yang memotivasi
  • Banyak Quotes yang indah dan menyejukan hati

Kekurangan Novel Ku Cinta Kau dan Dia

Ada sedikit kekurangan dalam novel ku cinta kau dan Dia yaitu Ada beberapa kesalahan dalam tulisan dan itu masih di batas wajar. Jadi over all novel ini cukup recomended untuk di baca semua kalangan.

Pesan Moral Novel Ku Cinta Kau dan Dia

Terakhir dari sebuah resensi Ku Cinta Kau dan Dia yaitu pesan moral apa yang terkandung di dalam buku tersebut. Dan berikut merupakan pesan moralnya yaitu:

Mencintailah karena Allah karena sejatinya rizki, jodoh dan maut sudah Allah takdirkan. Bernaunglah semua cinta pada sang pemiliki cinta.
Berhijrahlah untuk berpindah kepada hal-hal yang Allah ridhoi.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: