Resensi Novel Lavender; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik, Pesan Moral

Bagi kamu yang menyukai kisah percintaan remaja yang romantis dari awal benci hingga menjadi cinta kamu bisa simak artikel ini karena akan dibahas mengenai resensi novel Lavender.

1 Fashion murah

Akan di bahas secara lengkap mulai dari identitas, sinopsis, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya. Dan berikut penjelasan lengkapnya simak sampai akhir ya!

fashion muslim murah

Identitas Novel Lavender

Judul NovelLavender
PenulisAstri Salvia Aznani
PenerbitLoveable
Jumlah Halaman320 Halaman
Ukuran Buku13,5×20 cm
KategoriFiksi Romance
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.80.750,-

Novel Lavender ini pertama kali terkenal di aplikasi menulis bernama wattpad dimana novel ini cukup populer di kalangan remaja pengguna wattpad dan menduduki rangking tertinggi dan hingga 2022 novel ini sudah di baca oleh 13 juta pengunjung wattpad.

Dan akhirnya novel Lavender ini berhasil di terbitkan oleh penerbit Loveable pada februari 2022 dimana kisah ini lebih berpusat kepada seorang gadis jagoan yang bernama Calista Shaqueena.

Sinopsis Novel Lavender

Dalam resensi novel Lavender ini kami juga akan mencoba menjelaskan sinopsis singkat dari novel ini dan berikut penjelasan lengkapnya mengenai sinopsis novel Lavender.

Cerita bermula ketika Calista menatap sinis lima orang cowok gagah yang sedang berdiri di hadapannya. Ia menunjukan senyuman miring kepada mereka.

1 Fashion murah

Lima cowok itu memang tampan, tetapi hati mereka sama sekali tidak tampan. Calista sangat mengetahui itu  dan langsung mempertanyakan dengan sinis apa keinginan lima cowok itu mejeng di tempat itu.

Dan salah satu dari mereka bernama Sangga menjawab pertanyaan Calista dengan balik bertanya menggunakan nada tinggi, apakah dia yang membentak Shena di kantin?

Calista menjawab santai bahwa memang dia yang membentak Shena tadi ia malah mempertanyakan apakah cewek itu mengadu ke mereka? Dan Calista benar-benar tidak takut sama sekali dengan kelima cowok itu meskipun terlihat seperti mengintimidasi.

Dan ke lima cowok itu menganggap Calista tidak mungkin mengenal reputasi Skorpios. Tapi. Calista menjawab sangat mengetahui mereka yaitu pecundang dan beraninya ramai-ramai dan mengatakannya sambil sinis.

Dan 5 cowok itu terkejut dan mimik muka AI sebagai ketua langsung berubah menyeramkan terpancar amarah di wajahnya. AI kemudian tersenyum sinis dan mengatakan kepada Calista untuk tidak belagu.

Dan Sangga mencoba mendekati Calista untuk memberikan Calista pelajaran dan Calista mengancam jika berani mendekatinya ia pastikan bahwa tangan mereka akan patah besok karena Calista memiliki banyak backingan.

1 Fashion murah

Dan ke lima cowok itu terkejut, dan mereka semua tampak marah Calista menatap mereka satu persatu “ siapapun diri lo, gak peduli lo cowok atau cewek gue gak akan takut” Calista mengatakan itu dengan nada tinggi.

Dan saat Calista mengata-ngatai Ai, Ai ingin menghajar Calista tapi Bara menghalanginya karena Calista cewek yang berbahaya.

Calista Shaqueena adalah gadis yang sangat kuat dan berani ia memiliki paras cantik, tetapi selalu menampilkan mimik muka sadis saat melihat orang yang dia benci.

Tujuannya kembali ke tempat kelahirannya untuk membalas dendam. Ai Cakrawala adalah lelaki tampan yang berkepribadian nakal dan ia menjabat sebagai ketua geng dan paling disegani di SMA Pancasila dan memiliki anggota 5 orang.

Dan salah satunya adalah Sangga yang merupakan pacar dari Shena, si ratu penindas geng yang bernama Skorpio itu selalu saja melindungi Shena. Dan Geng Skorpios ini menjadi benteng yang kuat untuk Shena.

Namun, Calista yang berani mencoba melawan mereka karena Calista muak dengan sikap mereka yang selalu menindas orang lemah. Calista akan menyiksa orang itu secara perlahan hingga gadis jahat itu akan meminta kematiannya sendiri.

1 Fashion murah

Rencana itu hampir sempurna jika saja Ai Cakrawala tak datang dengan rasa sakitnya akan membuat pijakan Calista goyah dan tak mudah baginya menyingkirkan seseorang yang memiliki perasaan cinta.

Oleh karena itu, tujuan Calista hanya ingin menghancurkan satu orang dan akan membuatnya tidak tenang seumur hidup.

Unsur Intrinsik Novel Lavender

Dalam resensi novel Lavender ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik di dalamnya dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dari novel ini adalah kisah percintaan remaja dan juga persahabatan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Calista, ia merupakan gadis pemberani yang snagat sadis dan suka memberantas orang orang yang suka menindas yang lemah
  • Ai, ia merupakan cowok tampan yang memiliki perasaan kepada Calista
  • Sangga, anggota geng skorpios yang sombong
  • Bara, cowok tampan anggota geng yang cuku baik
  • Shena, pacar Shena yang suka meninda murid yang lemah
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Lavender ini adalah menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di SMA Pancasila, di rumah dan lainnya.

1 Fashion murah

5. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari dan malam hari

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu dan orang pertama.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan cukup sederhana dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Jika kamu melihat ketidakadilan di depan mata maka kamu harus bertindak dan berikan kedamaian di semua tempat.

Unsur Ekstrinsik Novel Lavender

Selain unsur intrinsik novel di dalam resensi novel Lavender ini akan dijelaskan juga unsur ekstrinsik novel dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Nilai Sosial

Calista yang memperjuangkan ketidakadilan dan peduli terhadap sesama itu merupakan sikap sosial yang cukup baik untuk diteladani.

1 Fashion murah

2. Nilai Moral

Sikap Calista yang memiliki empati yang tingi dan berani menyarakan kebenaran ini juga merupakan sikap moral yang sangat baik.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Lavender

Di dalam sebuah karya tentunya akan terdapat kelebihan dan juga kekurangan di dalam novel tersebut dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kelebihan

  • Penulisan kisahnya cukup mengalir alurnya cepat dan ala anak muda
  • Penulisannya sesuai dengan target marketnya
  • Bahasa yang digunakan ringan dan mudah dipahami pembaca semua kalangan
  • Premis cerita sangat menarik
  • Mengangkat isu-isu yang ada di masyarakat dan relate dengan kehidupan nyata

2. Kekurangan

  • Penyusunan kalimat ada beberapa yang kurang tepat sehingga kurang nyaman
  • Ada beberapa tyfo

Pesan Moral Novel Lavender

Novel ini mengajarkan bahwa sebagai wanita kita berhak juga menyuarakan kebenaran dan membuat keadaan menjadi damai dan jangan ada lagi perbedaan hanya karena gender, ras, suku dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Lavender telah dijelaskan bagaimana identitas, sinopsis, hingga kelebihan dan juga kekurangannya semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi mengenai novel ini.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu