Resensi Novel Layangan Putus; Sinopsis, Intrinsik, Pesan Moral

Resensi Novel Layangan Putus; Sinopsis, Intrinsik, Pesan Moral

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagi kalian yang suka membaca pastinya sudah tidak asing lagi dengan judul novel layangan putus karya dari Eka Nur Prasetyawati dan kisah dari novel ini merupakan sebuah kisah nyata dari penulisnya sendiri.

Tapi, bagi kamu yang belum tahu jangan khawatir karena kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan resensi novel layangan putus ini secara lengkap di artikel ini. akan dijelaskan lengkap mulai dari identitas novel hingga kelebihan dan kekurangannya. Yuk, disimak ya!

Identitas Novel Layangan Putus

Judul NovelLayangan Putus
PenulisEka Nur Prasetyawati
PenerbitRDM Publishers
Jumlah Halaman256 halaman
Ukuran Buku15×20,5 cm
KategoriPengkhianatan, kehidupan rumah tangga
Tahun Terbit2020
Harga BukuRp.75.000,-

Novel layangan putus ini adalah sebuah karya dari Mommy ASF yangs ebenarnya bernama Drh, Eka Nur Prasetyawati ia merupakan seorang penulis dan dokter hewan yang menetap di Malang Jawa Timur.

Dan novel ini pertama kali diterbitkan oleh RDM Publishers pada November 2020 dan novel ini sendiri merupakan kisah asli dari penulisnya sendiri dimana dalam novel ini ada banyak pesan moral yang bisa kamu ambil terutama dalam hal rumah tangga.

Sinopsis Novel Layangan Putus

Dalam resensi novel layangan putus ini kami akan sedikit jelaskan mengenai sinopsis novel yang perlu kamu ketahui agar dapat menemukan gambaran mengenai isi dari novel tersebut dan ini penjelasan lengkapnya.

Seorang gadis polos yang berasal dari pedesaan, dan pergi ke kota dan menemukan cinta di kota besar yang sangat berada dengan kebiasaan daerah asalnya.

Dan mimpi sederhananya menempuh pendidikan dan menyelesaikannya tepat waktu. Namun semua berubah setelah ia mengenal sosok pria tangguh dan pria yang mandiri dan berpendirian keras.

Dimana pria tersebut memiliki pendirian yang keras mengenalkannya dengan dunia baru yang belum pernah ia temui sebelumnya.

Dunia yang asyik dan menyenangkan yang berbeda total dengan kehidupan remaja di daerah asalnya. Kinan pun mulai jatuh cinta dengan sosok pria yang bernama Aris yang juga memiliki sikap gigih sama sepertinya.

Aris yang mengubah cara pandangnya dalam melihat dunia. Mereka berdua menyamakan visi dan berjanji dalam ikatan sebuah pernikahan.

Bersama memulai semua kehidupan dari bawah, Kinan dengan setia mendampingi Aris yang membangun mimpi mereka. Dan perubahan pola pikir Aris kembali mengubah cara pandang Kinan terhadap prioritas kehidupan.

Kinan tetap setia di sisi Aris dan melupakan mimpinya menjadi seorang wanita karir dan memilih lebih merawat keluarga di rumah dan memenuhi permintaan Aris dan kembali mengenal Tuhan.

Hingga suatu masalah muncul Aris yang ketahuan telah selingkuh di saat perekonomian keluarga membaik, lantas apa yang harus dilakukan Kinan? Apakah ia harus berusaha memperbaiki rumah tangganya dan bertahan demi keluarga dan anak?

Atau ia harus merelakan Aris dengan perempuan lain yang telah mengkhianati mereka. Dan tentunya kamu bisa simak secara lengkap mengenai kisah Kinan ini di novel layangan putus secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Layangan Putus

Unsur intrinsik ini adalah unsur yang terdapat dalam novel. Dan dalam resensi novel layangan putus akan dibahas intrinsiknya juga dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah menegnai perselingkuhan, dan kehidupan rumah tangga

2. Tokoh dan penokohan

Berikut beberapa tokoh dan penokohan dalam novel layangan putus, diantaranya adalah:

  • Kinan, ia merupakan seorang yang lugu, polos, mudah terpengaruh, baik, tekun, rajin dan suasana hati yang selalu tidak menentu
  • Aris, ia merupakan tokoh antagonis yang memiliki sikap keras, simple dan suka menggampangkan sesuatu/santai, tidak setia dan bermuka dua serta berwatak keras kepala
  • Vini, sahabat Kinan yang baik dan telah berubah
  • Aamir, Alya, Arya, Aby anak-anak Kinan dan Aris yang ingin tahu dan penasaran
  • Lydia, penggoda dan suka merebut suami orang
  • Dan masih banyak tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel layangan putus ini adalah menggunakan alur mundur atau falshback (sorot balik).

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah tahun 2020.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah Rumah Kinan dan Aris, Bali, Malang, Klinik, bandara, mall, pantai kuta, toko milik Kinan dan Aris dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel layangan putus yaitu sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu Kinan pemeran sekaligus pencerita.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel layangan putus ini menggunakan gaya bahasa sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.

8. Amanat

Novel ini mengajarkan mengenai tentang komunikasi, kepercayaan, dan saling menghormati serta kejujuran penting dalam menjaga suatu hubungan dan perselingkuhan bukan menjadi sebuah solusi ketika mengalami rasa jenuh.

Unsur Ekstrinsik Novel Layangan Putus

Dalam resensi novel layangan putus ini akan dijelaskan juga beberapa unsur ekstrinsik dalam novel dan berikut penjelasan lengkapnya, adalah:

1. Nilai Sosial

Kinan yang memiliki banyak teman dan juga mudah berkomunikasi serta menyenangkan sehingga ia memiliki banyak relasi dan kenalan dan membuatnya terus bertumbuh meski jadi ibu rumah tangga.

2. Nilai Moral

Sikap Aris yang tergoda dengan wanita murahan ini sangat tidak baik di contoh karena sebuah rumah tangga pasti pernah mengalami rasa jenuh tapi berselingkuh bukan solusi yang baik.

3. Nilai Pendidikan

Kinan yang seorang dokter ia mematuhi suami untuk menjadi ibu rumah tangga. Tapi karena ia mampu mengatur waktu akhirnya bisa juga menjadi ibu yang baik dan menjadi seorang dokter juga.

Kelebihan dan Kekurangan Novel

Seperti pada umumnya pastinya sebuah karya itu memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut penjelasan lengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan dari novel layangan putus.

1. Kelebihan Novel Layangan Putus

  • Pertama novel ini tersaji sangat baik dengan alur yang cukup jelas dan mudah dipahami
  • Buku ini ringan dan konflik yang tidak begitu rumit
  • Penggunaan diksi dan kata dalam novel ini juga mudah dipahami oleh semua orang karena bersifat umum
  • Penggambaran karakter yang cukup kuat meskipun Kinan karakter utama dalam novel ini tapi penulis menuliskan kekurangan dan kelebihanya sehingga buka karakter yang terlalu diangkat dan sempurna
  • Bahasa yang digunakan juga sangat mudah dipahami

2. Kekurangan Novel Layangan Putus

  • Tempo ceritanya terlalu lambat karena banyak pergolakan batin dari pihak karakter utama
  • Hal tersebut menjadikan sulit menebak-nebal seperti apa peran selanjutnya pada masa-masa itu

Pesan Moral Novel Layangan Putus

Pesan moral dalam cerita ini adalah berupa kesiapan mental, sikap saling menghormati, sikap tanggung jawab terhadap kewajiban dan saling menghargai dan mencintai untuk membentuk rumah tangga yang harmonis bukan malah berselingkuh ketika merasa jenuh.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel layangan putus mulai dari identitas novel, identitas, unsur intrinsik, kelebihan dan juga kekurangannya semoga membantu.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: