Resensi Novel Lentera Senja; Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Resensi Novel Lentera Senja; Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan kisah percintaan remaja religi kamu bisa banget coba baca novel lentera senja karya dari Alfia Ramadhani. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai resensi novel lentera senja ini.

Akan kami jelaskan mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai agar semakin paham.

Identitas Novel Lentera Senja

Judul NovelLentera Senja
PenulisAlfia Ramadhani
PenerbitPT.Loveable
Jumlah Halaman280 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2023
Harga BukuRp.99.000,-

Novel lentera senja ini merupakan novel ketiga yang berhasil diterbitkan oleh Alfia Ramadhani dan novel lentera senja ini mulai dibukukan pada tahun 2023 oleh PT.Loveable dan memiliki ketebalan halaman mencapai 280 halaman.

Tentunya kamu bisa baca novel ini dalam satu kali duduk saja. novel ini juga memiliki ukuran standar novel yaitu sekitar 13×19 cm dan kamu bisa dapatkan novel ini dikisaran harga Rp.99.000,-

Sinopsis Novel Lentera Senja

Dalam resensi novel lentera senja ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel dalam artikel ini. dan lentera senja ini akan membantu kamu memahami novel ini secara garis besar yuk simak sinopsisnya di bawah ini.

Hagia Shopia. Tempat yang menjadi saksi kemenangan umat islam, sekarang terpampang jelas di hadapan saya. sambil berucap syukur dan kekaguman atas kebesaran-Nya saya tersenyum atas nikmat ini.

Dan, kamu muncul dengan cara yang indah, dengan ketidaksempurnaanmu, membuat saya ingin membimbingmu dengan segala keterbatasan ilmu ini. kamu adalah tulang rusuk yang ditadirkan Allah untuk saya.

“Aku bersedia menerima pinanganmu. Aku mohon bantu dan tuntun ibadahku untuk jadi istri salihah di matamu”

Pada akhirnya, senja dan perempuan berhijab di Hagia Sopgia adalah hikmah paling indah yang membuat saya tersadar. Cinta bisa datang dalam sekejap mata, memandang bersamaan dengan jantung yang berdebar.

Kota dimana pasuan Al-Fatih menemukan kemenangan, maka di sini juga saya menemukan cinta.

Novel ini mengisahkan seorang perwira muda bernama Arkanza Zayyan Ghaziullah El-Zein atau akrab di panggil Lettu Zayyan.

Zayyan ini termasuk anak yang beruntung dalam sisi keluarga, namun ia kurang beruntung dalam sisi percintaan. Lamarannya ditolak oleh perempuan yang ia cintai dan lebih memilih sepupunya sendiri.

Zayyan tak ingin larut dalam patah hati karena lamaran yang di tolak. Ia pergi untuk umroh sekaligus Turki. Dan di Turki ia menolong seorang perempuan yang dikejar-kejar oleh orang asing.

Dari kejadian itu, Zayyan mulai menyukai perempuan itu, namun di tolak walaupun begitu, Zayyan tidak menyerah. “Kalau lettu Zayyan mau sama saya, Lettu Zayyan punya saingan”

“Saingan? Siapa saingan saya?

“Cowok fiksi”

“Kalau nama saya yang bersanding dengan namamu di lauhul mahfudz-Nya. Cowok fiksimu itu bisa apa, hem?”

Seketka perempuan itu tak menyangka jawaban Zayyan, tapi kira-kira apa yang membuat Zayyan mengaguminya? Lalu bagaimana kelanjutan kisah mereka? Yuk, kamu bisa simak kelanjutannya secara langsung di novel lentera senja ya!

Unsur Intrinsik Novel Lentera Senja

Dalam resensi novel lentera senja ini akan kami jelaskan pula unsur intrinsik novel ini secara lengkap dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel lentera senja ini adalah perjuangan mengharapkan jodoh terbaik dari Allah setelah mengalami kegagalan.

2. Tokoh dan penokohan

Novel lentera senja ini mengisahkan Zayyan ia merupakan perwira TNI yang memiliki ketampanan dan kesolehan yang luar biasa. Namun, perempuan yang dicintainya memilih sepupunya.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel lentera senja ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel lentera senja ini yaitu sama seperti pada novel umumnya, yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel lentera senja ini yaitu menggunakan latar tempat di rumah Zayyang, di Mekkah, di Turki dan Hagia Shopia juga masih banyak lagi latar tempat yang digunakan dalam novel ini

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel lentera senja ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu dan juga orang pertama sebagai pelaku utama.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel lentera senja ini menggunakan gaya bahasa yang tidak baku serta mudah dipahami dan syarat akan religi keislaman.

8. Amanat

Yakilah atas apa yang menjadi takdir pada diri kita masing-masing karena apa yang ita inginkan dan harapkan belum tentu yang terbaik untuk kita dan yakinilah bahwa Allah akan mempersiapkan yang terbaik dari yang baik menurut-Nya.

Unsur Ekstrinsik Novel Lentera Senja

Dalam resensi novel lentera senja akan kami jelaskan pula unsur ekstrinsik dalam novel tersebut. Dan berikut penjelasan lengkapnya adalah:

1. Nilai Sosial

Sikap Zayyan yang meingikhlaskan kekasih hatinya memilih lelaki lain yang tidak lain adalah sepupunya sendiri ini adalah sikap sosial yang baik dan patut di contoh.

2. Nilai Moral

Sikap Zayyan yang menolong gadis yang tidak ia kenal dalam bahaya itu merupakan sikap moral yang baik dan wajib di tiru.

3. Nilai Agama

Dalam novel ini mengajarkan kita untuk tabah dan sabar atas apa yang belum menjadi hak kita dan terus meyakini jika yang Allah berikan akan lebih abik termasuk dalam urusan perjodohan.

Kelebihan Novel Lentera Senja

Berikut ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel lentera senja yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Novel ini memiliki banyak pesan moral seperti ikhlas, sabar dan menerima takdir
  • Gaya bahasa yang digunakan sangat indah dan mudah dipahami
  • Latar tempat di ceritakan secara detail sehingga pembacca merasa ikut masuk dalam cerita
  • Tokoh Zayyan bisa di jadikan role model yang bagus untuk para remaja matang
  • Latar suasana yang begitu mengharukan

Kekurangan Novel Lentera Senja

Selain kelebihan berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh novel lentera senja yaitu:

  • Novel ini memiliki beberapa kesalahan kata atau tyfo
  • Halaman terlalu sedikit

Pesan Moral Novel Lentera Senja

Novel ini memberikan pesan moral bahwa apa yang kita rencanakan bisa jadi baik tapi yang Allah rencakan tentunya lebih baik lagi untuk para umatnya karena kita tidak tahu ada hikmah apa yang akan terjadi di baliknya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel lentera senja semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat dan tentunya dapat membantu kamu yang sedang mencari resensi novel ini.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: