Resensi Novel Lilin Alena Karya Saniyyah Putri S (Lengkap)

Resensi Novel Lilin Alena Karya Saniyyah Putri S (Lengkap)

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagi kamu yang menyukai kisah remaja yang didalamnya banyak pelajaran hidup berharga dan dibumbui kisah percintaan. Kamu bisa baca novel Lilin Alena ini merupakan paling rekomended untuk dibaca para anak muda.

Di artikel ini akan dijelaskan resensi novel Lilin Alena secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis singkat, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan kekurangannya yuk simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Lilin Alena

Judul NovelLilin: Terang itu Membuat Hidupku Gelap
PenulisSaniyyah Putri Salsabila Said
Jumlah Halaman388 Halaman
Ukuran Buku14×21 cm
PenerbitBlack Swan Books
Tahun Terbit2020
KategoriRomance
Harga BukuRp.84.500,-

Buku novel ini memiliki judul lengkap Lilin : terang itu membuat hidupku gelap ini merupakan sebuah arya dari Saniyyah yang bermula dari wattpad dan sudah dibaca lebih dari 20 juta pembaca ini cukup keren banget.

Dimana novel ini mengisahkan seorang gadis bernama Alena yang berasal dari keluarga yang broken home untuk lebih jelasnya kamu bisa simak sinopsis singkat di bawah ini ya!

Sinopsis Novel Lilin Alena

Di dalam resensi novel Lilin Alena ini akan dibahas mengenai sinopsis dari novel secara singkat tanpa membuat novel ini menjadi spoiler untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Novel ini mengisahkan seorang remaja perempuan bernama Alena yang berusia 17 tahun yang terkenal sebagai siswa berprestasi di sekolah. Alena selalu memperoleh juara satu di semua lomba yang diikutinya.

Tetapi, kehebatannya di bidang akademik tidak dipedulikan oleh kedua orang tuanya karena mereka membenci Alena sejak kecil.

Alena lahir buka karena kehendak atas pernikahan yang tidak diinginkan kedua orang tuanya. meskipun kondisi tersebut membuatnya tersiksa, namun ia tetap menyayangi orang tuanya layaknya seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya.

Setiap ulang tahun, Alena harus merayakan sendirian. Di ulang tahunnya yang ke 16 ia berharap semoga kelak bisa merayakan ulang tahunnya ke 17 bersama orang tuanya.

Berasal dari keluarga broken home membuat Alena tumbuh menjadi pribadi yang introvert dan kurang bergaul.

Di sekolah ia hanya berteman dengan Caca dan Bima. Namun, suatu hari lantaran sebuah insiden Alena dipertemukan dengan selebgram sekaligus kapten basket di sekolahnya yang bernama Devan.

Dan berkat Devan, Alena mulai merasa hidupnya lebih berwarna. Devan memang secara terang-terangan mendekati Alena. Di balik kehadiran Devan, Alena masih harus merasakan pilu lantaran di vonis mengidap penyakit Leukimia.

Dan kehidupannya kemudian semakin rumit karena adanya kisah cinta segitiga antara Devan, Alena dan Asyam.

Unsur Intrinsik Novel Lilin Alena

Dalam resensi novel Lilin Alena ini juga dijelaskan mengenai unsur intrinsik yang terdaoat dalam novel dan berikut penjelasan lengkapnya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat mengenai novel ini yaitu tentang kisah anak yang berasal dari keluarga yang broken home dan kisah romantis segitiga antara Devan, Alena dan Asyam.

2. Tokoh dan penokohan

Berikut beberapa tokoh yang terdapat dalam novel Lilin Alena diantaranya adalah:

  • Alena, ia merupakan sosok yang cerdas dan juga memiliki kepribadian yang introvert dan juga kurang bergaul
  • Devan, ia merupakan seorang remaja yang tampan dan merupakan seorang selegram dan juga baik dan perhatian
  • Diman, ia merupakan serang ayah yang tidak mengharapkan kehadiran Alena karena ibu Alena orang yang tidak ia cintai
  • Caca, ia merupakan sahabat Alena yang baik dan sangat peduli kepada Alena
  • Bima, merupakan salah satu sahabat Alena yang baik dan juga pengertian
  • Asyam, ia merupakan seorang yang menaruh hati pada Alena
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya
  • Alur

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Lilin Alena ini adalah merupakan alur campuran dimana ada alur maju dan alur mundur di dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari, sore hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di sekolah, di rumah Alena, di lapangan upacara, di UKS dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu Alena sendiri.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan juga mudah dipahami oleh semua kalangan termasuk dalam kalangan remaja.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah meski orang tua tidak menyayangi kita tapi kewajiban kita menyayangi mereka. Tidak semua hari akan terus gelap yakinlah suatu saat cahaya bahagia itu akan datang di waktu yang tepat.

Unsur Ekstrinsik Novel Lilin Alena

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel lilin Alena ini juga terdapat nilai ekstrinsik dan berikut beberapa penjelasan mengenai unsur ekstrinsik novel, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial Devan yang tepat tanggap saat membantu Alena menandakan bahwa sikap sosial Devan sangat tinggi dan ringan dalam membantu orang lain itu patut di contoh oleh kalangan para anak mudah.

2. Nilai Moral

Sikap Alena yang menghormati orang tua meski mereka membencinya itu sangat baik dilakukan. Tapi sebagai orang tua seharusnya tidak demikian.

Kelebihan Novel Lilin Alena

Berikut beberapa kelebihan dari novel lilin Alena, diantaranya adalah:

  • Gaya bahasa yang mudah dipahami
  • Banyak pesan moral di dalam novel
  • Alur tidak membingungkan
  • Semua tokoh memiliki karakter yang unik
  • Cover keren

Kekurangan Novel Lilin Alena

  • Ada beberapa typo
  • Ending mudah di tebak

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Lilin Alena semoga apa yang tim Mustakim Media jelaskan dapat bermanfaat.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: