Resensi Novel Mantappu Jiwa: Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Bagi kamu yang suka dengan novel yang merupakan kisah perjalanan seseorang yang bisa memotivasi kamu untuk terus berkarya kamu bisa baca dulu novel Mantappu Jiwa karya dari Jarome Polin.

1 Fashion murah

Dalam resensi novel Mantappu Jiwa ini akan kami jelaskan identitas novel, sinopsis, intrinsik hingga pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai ya!

fashion muslim murah

Identitas Novel Mantappu Jiwa

Resensi Novel Mantappu Jiwa
Judul NovelMantappu Jiwa
PenulisJerome Polin Sijabat
PenerbitGramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman224 halaman
Ukuran Buku13×20 cm
KategoriNon Fiksi
Tahun Terbit2020
Harga BukuRp.95.000,-

Novel Mantappu Jiwa ini merupakan sebuah novel karya Jerome Polin Sijabat yang merupakan mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan di Jepang dan ia menulisnya dalam novel ketebalan 224 halaman.

Novel ini sudah pernah mengalami beberapa kali cetak dai di tahun 2020 ini merupakan cetakan yang ke 12 oleh Gramedia Pustaka utama. Kamu bisa membeli novel ini mulai dari harga Rp.95.000,- an saja.

Sinopsis Novel Matappu Jiwa

Dalam sebuah novel tentunya kita akan menemukan sinopsis novel di dalamnya. Begitu pula dengan resensi novel Mantappu Jiwa dan berikut penjelasan mengenai resensi novel mantappu jiwa yang perlu kamu ketahui di bawah ini.

Novel ini mengisahkan Jerome Polin yang ingin berkuliah di NUS (National University Singapore) dan NTU (Nanyang technological University)  Singapura. Dan sejak SMP Jarome mempersiapkan dirinya agar bisa masuk kampus itu dan bisa mendapat beasiswa penuh.

1 Fashion murah

Di kelas X SMA dia mulai mengikuti olimpiade untuk mengasah kemampuannya. Di kelas X ia sudah menyelesaikan seluruh materi SMA. Dan tibalah tanggal 23 Januari 2016 hari tes masuk universitas NUS namun ia tidak mendapat email berarti ai tidak lulus.

Kemudian ia mencoba menunggu tawaran NTU dan ia di terima di NTU kemudian ia menunggu tawaran dari NTU dan menyatakan bahwa ia tidak mungkin mendapat beasiswa Jarome merasa di khianati oleh hasil.

Hingga suatu titik Jarome mulai menerima bahwa memang kita tidak di takdirkan untuk menjalani studi di luar negeri dan di tahun 2016 dan ia mendapat kabar dari kakaknya untuk ikut di seleksi Mitsui Bussan Schorlarship.

Dan ia mecnoba melamar di sana beserta teman lainnya dan ia memilih di Tokyo Jarome berjuang keras mengorbankan apa pun yang ia punya dan lagi-lagi belum berhasil. Namun, meskipun demikian ia berhasil masuk dan memenuhi syarat di Waseda University.

Selain menyukai matematika ia juga membuat video, setelah berjuang dan akhirnya masuk universitas tersebut. Ia memutuskan untuk berhenti belajar beberapa bulan dan dalam waktu istirahat ia membuat video.

Dari situlah aku youtubenya mulai berdiri ia membuat videonya bersama Kevin selama beberapa bulan setelah itu bersama Tomo dan kawannya.

1 Fashion murah

Jeromi sangat bersyukur karena videonya banyak yang suka dan didukung oleh orang banyak. Saat ini subcribernya sudah mencapai 1,6 juta dari akunnya ia senantiasa membuat konten yang bermanfaat bagi banyak orang.

Karena usahanya, itu ia mampu pergi ke Disney bersama keluarganya dan ini adalah masih permulaan dan masih banyak yang belum ia selesaikan bagi kamu yang ingin membaca kisahnya lebih lanjut kamu bisa baca langsung di novelnya ya.

Unsur Intrinsik Novel Mantappu Jiwa

Dalam resensi novel Mantappu Jiwa ini terdapat unsur intrinsik di dalamnya dan berikut penjelasan singkatnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang perjuangan seorang pemuda yang ingin bersekolah di luar negeri.

2. Tokoh dan penokohan

  • Jeromi, ia merupakan siswa yang cerdas, pandai, kreatif dan memiliki semangat serta tekad yang kuat untuk keinginannya
  • Kelvil, salah satu teman Jeromi dalam membuat konten-konten youtubenya
  • Tomo, salah satu teman Jerome juga yang sering menemani membuat konten
  • Kakak Jerome, kakak yang baik dan juga perhatian
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya
  • Alur

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur maju dimana cerita dari awal hingga akhir diceritakan secara runtut dan teratur.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

1 Fashion murah

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu di SMA, di rumah Jeromi, di Disney, di Tokyo dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu Jeromi itu sendiri.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan baik remaja atau juga dewasa.

8. Amanat

Janganlah menyerah dengan keadaan dan gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk mengembangkan semua bakat dan kemampuanmu dan terus yakin dengan semua yang menjadi impianmu dan wujudkan segera.

Unsur Ekstrinsik Novel Mattapu Jiwa

Selain intrinsik tentunya dalam resensi novel Mantappu Jiwa ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik novel dan berikut beberapa langkah di bawah ini penjelasannya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah Jeromi yang memiliki ke pribadian menyenangkan sehingga ia memiliki banyak teman.

1 Fashion murah

2. Nilai moral

Nilai moral yang terdapat dalam novel adalah Jeromi yang sukses di konten-kontennya akhirnya berhasil membawa keluarganya ke Disney Singapore.

Kelebihan Novel

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel Mattapu Jiwa diantaranya adalah:

  • Buku ini memiliki cover yang cukup unik dan menarik
  • Banyak motivasi kehidupan yang bisa di dapat dan diteladani
  • Gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan
  • Ada banyak kutipan-kutipan yang sanagt berkesan dalam hal pendidikan, dan impian

Kekurangan Novel

Selain kelebihannya tentunya kami juga tidak lupa untuk membahas mengenai beberapa kekurangan yang terdapat dalam novel Mantappu Jiwa ini dan berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh novel ini adalah:

  • Adanya beberapa kalimat sleng dan bagi orang awam tidak mudah dipahami
  • Ada beberapa kesalahan ketik

Pesan Moral Mantappu Jiwa

Berjuanglah semaksimal mungkin untuk apa yang kamu cita-citakan karena tidak ada usaha yang mengkhianati hasil dengan kerja keras, disiplin, dan tekun maka kamu akan berhasil menggapai semua yang menjadi impianmu.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Mantappu Jiwa mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, hingga kelebihan dan juga kekurangannya semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari novel ini.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu