Resensi Novel Mariposa 2; Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Resensi Novel Mariposa 2; Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang sedang mencari resensi novel Mariposa 2 kamu bisa simak artikel ini sampai akhir karena kami akan membahas mengenai resensi novel ini secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya.

“Semakin di kejar akan semakin jauh tapi jika dibiarkan, amak akan semakin mendekat” itulah filosofi marifosa yang artinya kupu-kupu dari bahasa Spayol. Apakah kisah ini juga tentang kupu-kupu? Simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Mariposa 2

Judul NovelMariposa 2
PenulisLuluk Hf
PenerbitCoconut Books
Jumlah Halaman392 halaman
Ukuran Buku14,5 x 21 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.99.000,-

Novel Mariposa 2 ini pertama kali di publikasikan pada aplikasi Wattpad karangan dari penulis yang bernama Hidayatul Fajriyah atau lebih dikenal dengan nama penanya yaitu Luluk HF dan novel ini sudah dibaca lebih dari 100 juta pengunjung.

Karena antusias pembaca maka novel mariposa 2 ini mulai diterbitkan pada tahun 2022 oleh PT. Coconut Books dengan ketebalan buku mencapai 392 halaman dan ukuran 14,5 x 20 cm.

Sinopsis Novel Mariposa 2

Dalam resensi novel Mariposa 2 ini akan kami jelaskan juga sinopsis novelnya. Dan sinopsis novel ini bertujuan untuk membantu kamu agar lebih memahami isi novel ini secara garis besar.

Novel ini mengisahkan kisah cinta Acha dan Iqbal yang selalu Acha jaga, agar rasa itu bertambah di setiap harinya. Acha dan Iqbal adalah sepasang kekasih, hubungan mereka sudah berjalan dua tahun.

Mereka mengambil jurusan kuliah kedokteran, namun sebelumnya Acha memutuskan untuk gap year karena Acha ingin mencari apa yang dia inginkan untuk impian kedepannya.

Lalu mereka menjalani hubungan dengan penuh kasih sayang, begitu Acha yang juga sangat mencintai Iqbal dengan setulus hati. Namun, kehadiran Biya teman masa kecil Iqbal membuat hubungan Iqbal dan Acha merenggang.

Iqbal yang selalu membantu Biya tanpa sepengetahuan Acha. Kesalahpahaman terjadi ketika Acha melihat Iqbal dan Biya sedang berpelukan di dalam apartement milik Iqbal.

Dan sebenarnya keadaan itu Iqbal sedang menenangkan Biya karena ibunya sedang kritis. Acha yang tidak mau mendengarkan penjelasan Iqbal dan percaya dengan apa yang ia lihat kemudian memilih untuk mengakhiri hubungannya dengan Iqbal.

Nah, novel Mariposa 2 ini dapat mengajarkan kita bagaimana pentingnya arti dari sebuah kejujuran dan kepercayaan dalam menjaga suatu hubungan. Sikap Iqbal yang kurang terbuka terhadap Acha kekasihnya.

Sehingga hal tersebut membuat Acha meraa kurang percaya kepada Iqbal dan menyimpulkan sesuatu yang belum tentu benar-benar kenyataannya.

Saat Acha terbaring di ruang perawatan satu-satunya teman yang menjaganya adalah Juna, pria manis teman SMA nya Juna sudah lama menghilang dari kehidupan Acha namun belum lama ini tidak sengaja bertemu di cafe.

Dan saat itu komunikasi keduanya nyambung kembali, Juna dekat dengan Acha sebagai teman sekolah, di sisi lain Iqbal yang akhirnya tahu dari Glen bahwa Acha di opname dan tak sepotong kabar pun sampai ke telinganya.

Sehingga hal ini mengakibatkan berakhirnya hubungan kisah cinta mereka. Lantas apakah hubungan mereka akan kembali bersatu seperti sedia kala lagi? yuk, simak kelanjutan kisah dari novel Mariposa 2 ini di novelnya secara lengkap ya!

Unsur Intrinsik Novel Mariposa 2

Dalam resensi novel Mariposa 2 ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik dalam novel mariposa 2 dan berikut penjelasan lengkapnya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Mariposa 2 ini adalah kisah percintaan yang sedang diuji kesetiaannya.

2. Tokoh dan penokohan

  • Iqbal,  ia merupakan seorang mahasiswa yang merupakan kekasih dari Acha yang penyayang namu selalu mementingkan Biya di hidupnya
  • Acha, seorang wanita yang manis, cerdas dan juga sangat cemburuan
  • Juna, teman SMA Acha yang selalu ada menemani Acha
  • Biya, teman masa kecil Iqbal yang selalu bersama hingga dewasa
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Mariposa 2 ini yaitu menggunakan alur maju dimana dari awal novel hingga akhir novel akan dijelaskan secara runtut dan teratur.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel mariposa 2 ini yaitu menggunakan latar waktu sama seperti novel pada umumnya yaitu pagi hari, siang hari dan malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel mariposa 2 ini yaitu menggunakan latar tempat di kampus, di apartemen Iqbaal, di apartemen Biya, dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini banyak menggunakan sudut pandang Acha sebagai yang melakuakn pergolakan batin.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Mariposa 2 ini yaitu menggunakan gaya bahasa ringan dan mudah dipahami.

8. Amanat

Amanat yang terkandung adalah rasa sayang dan perhatian yang besar justru bisa menjadi sebab curiga dan salah pengertian dalam hubungan yang manis tetap saja ada curiga, cemburu, kecewa, marah dan juga sedih.

Unsur Ekstrinsik Novel Mariposa 2

Selain unsur intrinsik kami juga akan jelaskan unsur ekstrinsik novel dan berikut beberapa unsur ekstrinsik dari novel Mariposa yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel Mariposa 2 ini adalah sikap Juna yang menemani Acha dengan tulus saat Acha berada di ruamh sakit untuk opname ia dengan ikhlas menemani Acha.

2. Nilai Moral

Sikap Iqbal yang selalu tidak jujur terhadap Acha dan tidak mau terus terang membuat Acha salah paham dan mengira Iqbal menyukai Biya.

Kelebihan Novel Mariposa 2

Dalam sebuah karya tentunya kita akan menemukan beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari novel Mariposa 2 dan berikut beberapa kelebihan dari novel Mariposa 2 diantaranya adalah:

  • Novel ini merupakan novel skuel dari kisah Acha dan Iqbal di Mariposa 1 hanya saja ada beberapa tokoh tambahan di dalamnya yang sama-sama menarik
  • Bahasa yang digunakan dalam novel Mariposa 2 ini memilliki gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami
  • Konsepnya cukup menarik dengan latar dan suasana berbeda dari novel pertama

Kekurangan Novel Mariposa 2

Selain kelebihan beriikut beberapa kekurangan dari novel maripoas 2 ini, yaitu:

  • Endingnya mudah ditebak
  • Ceritanya terlalu klasik
  • Masih ditemukan beberapa tyfo

Pesan Moral Novel Mariposa 2

Janganlah rasa sayang dan cinta berlebihan membuat kamu merasa cemburu dan tidak mau mendengar penjelasan pasanganmu karena hal itu akan membuat sebuah hubungan menjadi retak.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Mariposa 2 semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: