Resensi Novel Misteri Haur Geulis; Sinopsis, Intrinsik, Amanat

Kamu sedang mencari resensi novel Misteri Haur Geulis kamu bisa simak artikel ini karena disini akan dibahas lengkap mulai dari identitas novel, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya.

Novel Misteri Haur Geulis ini merupakan sebuah novel sunda karangan Dadan Sutisna yang cukup populer di saat itu. Selain menghibur, dari novel ini kamu bisa mengambil banyak pelajaran untuk kehidupan yang dijalani pada masa sekarang ini.

Identitas Novel Misteri Haur Geulis

Judul NovelMisteri Haur Geulis
PenulisDadan Sutisna
PenerbitPT. Kiblat Utama
Ukuran Buku21×14 cm
Jumlah Halaman84 Halaman
KategoriFiksi
Tahun Terbit2003
Harga BukuRp.26.000,-

Novel Misteri Haur Geulis ini merupakan sebuah novel karangan dari Dadan Sutisna yang diterbitkan oleh PT. Kiblat Utama pada tahun 2003 dimana novel ini memiliki ketebalan mencapai 84 halaman dengan ukuran buku 21×14 cm.

Novel ini mengisahkan kisah perjalanan guru dan siswanya yang ingin berkunjung ke suatu tempat yang dinamakan Haur Geulis yang di dalamnya terdapat misteri dan juga rahasia menurut turun temurun.

Sinopsis Novel Misteri Haur Geulis

Dalam resensi novel misteri haur geulis kita akan jelaskan juga sedikit tentang sinopsis novel, dimana sinopsis ini akan berguna bagi kamu yang sedang ingin mengetahui secara garis besar novel ini menceritakan tentang apa.

Novel ini menceritakan mengenai sebuah kampung yang bernama Haur Geulis, Haur Geulis dulunya merupakan hutan belantara dengan pohon-pohon rindang dan cukup menyeramkan.

Dan suatu waktu ada satu orang yang ingin membuka hutan tersebut untuk tempat perkebunan bernama Ki Jarambah. Dia sudah berhasil membuka lahan selama 5 tahun dan kini semakin banyak yang datang di kampung tersebut.

Dan hal tersebutlah menjadikan perkampungan ini semakin ramai. Dan Ki Jarambah ini memiliki seorang gadis cantik yang bernama Euis suatu waktu Euis dikabarkan minggat dari perkampungan tersebut.

Euis gadis cantik yang menjadi rebutan itu entah ada dimana bahkan sudah 4 tahun lamanya ia tidak pulang-pulang dan saat itu akhirnya dinamai lah kampung Haur Geulis. Kabarnya Euis hilang dikarenakan hutan itu yang mengambil oleh yang punya tempat makhluk halus.

Orang sana masih sangat mempercayai hal mistis tersebut. Dan suatu ketika Pak Guru Oding dan juga rekannya Bu Eni serta 6 muridnya akan mengunjungi kampung tersebut untuk melakukan sebuah penelitian dan mereka berangkat menggunakan sebuah mobil.

Sesampainya di rumah Pak Kuwu mereka harus turun jika ingin pergi ke Haur Geulis karena memang tidak ada akses untuk kendaraan mobil. Pak Kuwu juga sering mengingatkan ke Pak Oding untuk berhati-hati jika akan pergi ke kampung tersebut.

Karena belum lama ini ada seorang anak laki-laki yang hilang sudah tiga hari tidak ketemu dan ini juga dikemukakan oleh Aki Minta warga asli Haur Geulis anak laki-laki tersebut bernama Umar.

Dira, Emod, dan Rina berencana ingin menemukan anak itu agar bisa di sangka pahlawan dan keesokan harinya ia menuju hutan tersebut untuk menemukan Umar. Ketidak beradaan ketiga muridnya membuat Pak Oding dan yang lain jadi ketakutan.

Dan semakin mempercayai bahwa kampung tersebut memang suka menghilangkan manusia. Lantas apakah 3 murid pak Oding akan ketemu lagi? atau memang akan tersesat di hutan selamanya? Untuk kisah lebih jelasnya kamu bisa simak langsung di buku Misteri Haur Geulis secara lengkap ya!

Unsur Intrinsik Novel Misteri Haur Geulis

Dalam sebuah novel tentunya kita akan menemukan unsur intrinsik novel begitu pula dalam resensi novel Misteri Haur Geulis berikut unsur intrinsik yang ada di dalamnya.

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang sebuah mitos yang terjadi di sebuah kampung bernama Haur Geulis.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Darin, Emod dan Rina, tokoh utama yang ingin menjadi pahlawan dan menemukan Umar
  • Pak Oding, seorang guru yang parnoan dan suka bercanda
  • Pak Kuwu, orang baik
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan alur campuran dimana novel ini diceritakan flashback dan juga alur maju.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah di jalan, di mobil, di rumah Pak Kuwu, di hutan dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel misteri haur geulis ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini adalah bahasa sunda yang ringan dan mudah dipahami.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel adalah jangan pernah mempercayai dengan sangat kabar yang belum tentu jelas kebenarannya karena ketakutan kamu akan membuat kamu tidak tenang.

Unsur Ekstrinsik Novel Misteri Haur Geulis

Di dalam resensi novel misteri haur geulis ini kamu juga akan menemukan unsur ekstrinsik novel dan berikut penjelasannya.

1.Nilai Sosial

Nilai sosial yang terdapat dalam novel ini adalah ketika ketiga sahabat itu terus berusaha mencari jalan keluar dari hutan dan akhirnya bisa keluar dan menemukan sebuah perkampungan warga.

2. Nilai Moral

Sikap Rina yang membelokan persimpangan sehingga membuat mereka tersesat adalah merupakan yang tidak baik karena bisa membahayakan mereka semua saat berada di hutan.

Kelebihan Novel Misteri Novel Haur Geulis

Sebuah karya tentunya kamu akan menemukan kelebihan dan juga kekurangannya dan berikut beberapa kelebihan dan juga kekurangannya yang perlu kamu ketahui, simak sampai akhir ya:

1. Kelebihan Novel

  • Kelebihan pertama dalam novel Misteri Haur Geulis ini menggunakan bahasa sunda yang gampang dan mudah dipahami bukan menggunakan sunda buhun
  • Dalam novel ini juga banyak kisah lucunya kalau sunda (bodorna)
  • Selain itu, novel ini dilengkapi dengan beberapa gambar jadi tidak membosankan
  • Alur cerita juga mudah dipahami tidak blibet dan bikin pusing

2. Kekurangan Novel

  • Novel ini mengutarakan sebuah misteri yang belum tentu kebenarannya dan terlalu berlebihan
  • Banyak beberapa tyfo sehingga penggunaan kata jadi tidak rapi

Pesan Moral Novel Misteri Haur Geulis

Dalam novel ini mengajarkan bahwa janganlah mempercayai dengan sangat mengenai kisah yang belum tentu kebenarannya. Karena jika kamu sudah percaya kamu akan merasa ketakutan dan jadi tidak bisa berpikir dengan jernih dan salah langkah.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai resensi novel Misteri Haur Geulis yang perlu kamu ketahui telah kami jelaskan secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya.

Dan semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat terutama bagi kamu yang sedang mencari informasi penting mengenai novel sunda Misteri Haur Geulis ini semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya: