Resensi Novel My Bego BoyFriend

Kamu yang ingin baca novel dengan sensasi nangis sambil ngakak kamu bisa coba baca my bego boyfriend karangan Deadela. Dalam artikel ini akan kami jelaskan resensi novel ini secara lengkap.

Resensi novel my bego boyfriend ini akan dijelaskan mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Yuk, simak sampai akhir ya!

Identitas Novel My Bego Boyfriend

Judul NovelMy bego Boyfriend
PenulisDeadela
PenerbitCocunut Books
Jumlah Halaman200 halaman
Ukuran Buku20×25 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2019
Harga BukuRp.99.000,-

Novel my bego boyfriend ini merupakan sebuah karangan dari penulis muda bernama Deadela dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2019 oleh PT.Coconut Books dan novel ini memiliki ukuran 20×25 cm.

Sinopsis Novel My Bego Boyfriend

Dalam resensi novel my bego boyfriend ini memiliki sinopsis di dalamnya. Dimana sinopsis ini akan memberikan kamu pemahaman mengenai isi novel ini secara garis besar dan berikut penjelasan sinopsisnya.

Novel my bego boyfriend ini bukan mengisahkan cowok dingin most wanted di sekolah, juga bukan cerita tentang cowok pintar idaman para kaum hawa.

Tapi novel my bego boyfriend ini mengisahkan Cavindra Marselo si cowo bego yang hobi bertingkah receh, jail dan punya aneka macam cerita konyol serta kebiasaan unik dalam kesehariannya demi meluluhkan hati wanita.

Dan cewek yang ia luluhkan itu bernama Ersa di cewek galak dan mereka menyadari sudah sama-sama membuka hati dan menyadari perasaan masing-masing lalu ada datang dari masa lalu yang jadi penghalang keduanya.

Satu hal yang harus kamu tahu, saat gue sudah memilih satu hati gue bakal menjaganya biar dia enggak pergi.

Cavin si cowok ganteng seantero pluto yang suka ngaku-ngaku kembaran Justin Bieber. Caution! Saat membaca cerita ini diharapkan duduk di pojok, jauhi orang-orang sekitar karena bisa berefek ngakak berlebihan.

Dan jangan lupa kamu juga perlu menyiapkan tisu sebelum menangis, dan siapkan mental jika kamu akan ngakan sambil nangis.

Novel ini menyajikan cerita remaja dengan sangat apik, sangat rekomended, pembaca dibuat tidak bisa berhenti ketika membacanya.

Valencia Anggana penulis buku ini suka banget sama alurnya, dan bikin gue nangis parah, ngakak parah, dan lebih parahnya lagi gue ngakak sambil nangis. Keren banget sumpah, nyesel banget kalau enggak baca.

Bagaimana kamu tertarik untuk membaca novel my bego boyfriend? Yuk, kamu bisa simak langasung di novelnya ya!

Unsur Intrinsik Novel My Bego Boyfriend

Jika kamu sudah membaca mengenai sinopsisnya sekarang resensi my bego boyfriend beranjak ke pembahasan mengenai unsur intrinsik dari novel tersebut, berikut penjelasannya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel my bego boyfriend ini adalah perjuangan Cavin mendapatkan Talita pujaan hatinya.

2. Tokoh dan penokohan

  • Cavindra Marselo, ia merupakan cowok ganteng dan berperawakan tinggi, playboy, humoris, hobi bertingkah receh, caper, jail dan juga konyol
  • Talita Ersa Diani yang biasa dipanggil Ersa adalah cewek berparas cantik, namun sikapnya galak, cuek, jutek, dan sedikit keras kepala
  • Navindra, kembaran Cavin meskipun kembar tapi tingkahnya berbeda Navin adalah sosok cowok yang baik, agak pendiam dan juga ramah
  • Oktaviani, salah satu teman dekat Cavin yang bai, pengertian, murah senyum dan memiliki sifat dewasa
  • Aldito, salah satu anggota the cogan yang tinggi, badan tegap, dengan wajah ganteng sifatnya dingin dan ketus
  • Shiren, baik, pendiam dan memiliki sifat dewasa
  • Sarah, Ibu Cavin yang cantik dan pengertian
  • Fani, ibu Ersa yang sabar, apa adanya, selalu berpikir panjang dan bijak
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel my bego boyfriens ini menggunakan alur campuran dimana dalam novel ini ada alur maju dan juga alur mundur di dalam novelnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel my bego boyfriend ini sama dengan latar waktu pada novel umumnya yaitu pagi hari dan juga malam hari serta siang hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel my bego boyfriend ini yaitu menggunakan latar di supermarket. Di trotoar, di lapangan sekolah. Aula, kantin, rumah Cavin, sekolah, Rumah Ersa, kelas 11 IPS 3, taman kota, kamar Cavin, Rumah Sakit dll.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel my bego boyfriend ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan ini khas anak remaja dan menggunakan beberapa majas yang terdapat dalam novel seperti majas simile, majas ironi, majas sarkasme, majas hiperbola, majas repetisi dan lain sebagainya.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel my bego boyfriend ini yaitu tidak ada hal di sunia ini yang bisa kamu sia-siakan, semua sudah ada jalnnya masing-masing seperti halnya mencintai seseorang.

Unsur Ekstrinsik Novel My Bego Boyfriend

Selain unsur intrinsik kamu juga perlu mengetahui unsur intrinsik novel dan berikut beberapa unsur ekstrinsik novel yang perlu kamu ketahui:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial terlihat dari novel ini dimana saat dilakukan bazar makanan semua siswa saling berinteraksi ramah dan saling menyapa.

2. Nilai Moral

Penulis menunjukan nilai moral melalui tindakan tokoh yang harus tetap menghormati ppendapat orang tua dan menolaknya dengan baik.

3. Nilai Budaya

Dalam novel ini juga ditunjukan berbagai macam kesenian dan memperkenalkan banyak tempat wisatadi Yogyakarta salah satunya di jalan Malioboro.

4. Nilai Agama

Nilai agama terlihat ketika mereka memohon pertolongan hanya kepada Allah “Lo dimana sih Er? Ya Allah, tolong lindungi Ersa”

Kelebihan Novel My Bego Boyfriend

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel my bego boyfriend ini yaitu:

  • Novel ini berbeda dari novel remaja pada umumnya
  • Bukan hanya tentang cinta tapi hubungan keluarga dan persahabatan
  • Diceritakan dengan bahasa yang kekinian
  • Di setiap partnya membuat pembaca penasaran
  • Ceritanya terasa hidup dan tidak membosankan

Kekurangan Novel My Bego Boyfriend

Selain kelebihan berikut beberapa kekurangannya adalah:

  • Halaman buku terlalu banyak dan tebal
  • Pemilihan sampul buku terasa kurang cocok
  • Cocok hanya untuk remaja
  • Ada beberapa kata-kata bertele-tele

Pesan Moral Novel My Bego Boyfriend

Tidak peduli seperti apa hasil dari perjuangan itu sendiri yang terpenting adalah berjuang sebab dari perjuangan itulah kita diajarkan tentang arti kesabaran, kesetiaan, serta ketulusan hati dan kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai resensi novel my bego boyfriend semoga apa yang kami jelaskan dapat dipahami dan membantu.

Artikel Menarik Lainnya: