Resensi Novel My Lecturer My Husband, Sinopsis, Intrinsik

Kalian pecinta film romansa pastinya sudah tidak asing lagikan dengan My Lecturer My Husband dimana film ini diperankan oleh Reza Rahardian dan Prili Latuconsina. Ternyata film ini diangkat dari sebuah novel di wattpad loh.

Dengan judul yang sama dan pada kesempatan kali ini kami tim Mustakim Media berkesempatan untuk membuat artikel tentang resensi novel My Lecturer My Husband dan untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai selesai.

Identitas Novel Lucturer My Husband

Berikut kami jelaskan juga identitas dari resensi novel My Lecture My Husband mulai dari judul, nama penulis, hingga harga bukunya dan berikut penjelasan lengkapnya:

Judul NovelMy Lucturer My Husband
PenulisGitlicious
Jumlah Halaman257 Halaman
Ukuran Buku14×20 cm
PenerbitRDM Publisher
Tahun Terbit2017
KategoriRomance
Harga BukuRp.59.500,-

Novel ini pertama kali hadir di wattpad dan mulai diangkat menjadi novel pada tahun 2017. Dengan jumlah total halaman 257 halaman dan buku karya dari Gitlicious ini cukup banyak peminatnya serta diangkat menjadi sebuah film yang cukup laris.

Sinopsis Buku Novel My Lecturer My Husband

Penulis buku ini bernama Gitlicious atau biasa dipanggil Inggit dan ia merupakan seorang penulis di sebuah aplikasi nulis terkenal Wattpad. Dan sebagian cerita yang ditulisnya yaitu facfiction.

Genre ini yaitu cerita fiksi yang menggunakan visual dari artis-artis mancanegara maupun dalam negeri. Dan tentunya cerita ini memiliki respon baik dari para pembacanya bahkan sudah menarik lebih dari 4 juta pembaca loh.

Baiklah agar tidak berlama-lama di resensi novel My Lecturer My Husband ini kami juga akan menceritakan sedikit sinopsis dari novel ini dan berikut penjelasan lengkapnya.

Novel ini menceritakan tentang seorang Inggit yaitu mahasiswi yang memiliki hubungan rumit dengan dosennya yang cukup perfeksionis yang bernama Arya. Inggit tidak menyukai dosennya tersebut dikarenakan ia mendapat nilai jelek darinya.

Namun, suatu hari inggit dijodohkan oleh kedua orangtuanya dengan dosennya tersebut walaupun Inggit ini masih menyandang status pacaran dengan seorang pemuda yang bernama Kara.

Dan Kara ini merupakan kekasih kesayangan Inggit, dan awal pernikahan Inggit dengan Arya ini cukup memiliki banyak masalah dan menolak perjodohan tersebut namun lama kelamaan mereka mulai menerima satu sama lain.

Novel ini bukan hanya bercerita tentang kisah romantis di akhir dari Inggit dan Arya tapi novel ini juga menekankan sebuah permasalahan sebuah keluarga yang harus memiliki komitmen agar rumah tangga tidak gagal dan selalu menjaga ucapan.

Unsur Intrinsik Resensi Novel My Lecturer My Husband

Selain membahas mengenai sinopsis novel kami juga di artikel resensi novel My Lecture My Husband ini adalah menjelaskan juga mengenai unsur intrinsik dari novel tersebut. Dan ini penjelasan singkatnya:

1. Tema

Tema yang ada pada novel ini adalah tema tentang perjuangan dan juga pengorbanan dalam membangun sebuah keluarga dan dibumbui dengan romantisme.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Inggit, ia memiliki sifat yang patuh terhadap orang tua, sabar, pantang menyerah, dan rela berkorban
  • Ibu Inggit, Sabar dan sering menasehati
  • Arya, ia memiliki sifat yang formal, kaku, perfeksionis, filosofis
  • Ayah Arya, sabar dan juga rela berkorban
  • Kara, sifatnya yaitu penyayang, suka membantu, sabar dan juga lapang dada
  • Altan, ia memiliki sifat suka bercanda, berbicara terus terang
  • Hanif, ia memiliki sifat suka bercanda, suka menghibur dan suka membantu
  • Lim, ia memiliki sifat suka membantu

3. Alur

Alur yang digunakan dalam cerita novel My Leturer My Husband ini yaitu menggunakan alur maju atau progresif.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu pagi, siang, sore dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Sedangkan untuk latar tempat pada novel ini adalah di kampus, di Jakarta, di Malang. Dan di Amsterdam.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel My Lecture My Husband ini yaitu menggunakan sudut pandang dua. Pertama menggunakan sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa terdapat dua bahasa yaitu bahasa baku ketika Arya dan inggit berbicara. Dan bahasa sehari-hari ketika Inggit berbicara dengan teman-temannya.

8. Amanat

Amanat yang disampaikan dari novel ini adalah jangan terlalu membenci seseorang karena hukum karma itu selalu datang dengan membawa alamat yang tepat dan tidak akan salah dalam tugasnya.

Dan pilihan orang tua merupakan pilihan yang terbaik dan tidak ada orang tua yang ingin anaknya menderita.

Unsur Ekstrinsik Resensi Novel My Lecturer My Husband

Berikut unsur ekstrinsik dari resensi novel My Lucturer My Husband, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Sikap Inggit yang mudah bergaul dan memiliki banyak teman itu menandakan dia mudah bersosialisasi dengan siapa saja.

2. Nilai Moral

Sikap Inggit dan Arya yang akhirnya sama-sama dewasa untuk membina rumah tangga mereka agar lebih baik lagi.

Kelebihan

Dalam resensi novel My Lecturer My Husband ini juga dibahas beberapa kelebihannya. Dan berikut beberapa kelebihan dari novel ini, diantaranya adalah:

  • Kelebihan pertama cerita ini sangat menarik dan cocok banget untuk para remaja
  • Bahasa yang digunakan mudah dipahami dan cocok untuk kalangan remaja
  • Alur ceritanya sederhana dan tidak membosankan
  • Selain itu, buku ini banyak terjual di berbagai marketplace

Kekurangan

Selain kelebihan tentunya resensi novel My Lecturer My Husband ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangannya, adalah:

  • Ada beberapa part yang mudah ditebak dan sudah tidak asing lagi
  • Ada beberapa typo

Artikel Menarik Lainnya: