Resensi Novel My Youth; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik, Amanat

Kamu suka dengan kisah persahabatan, percintaan dan keluarga yang hangat sepertinya kamu bisa coba baca novel My Youth dimana di dalam novel ini mengisahkan Clara orang yang selalu menutup diri dan bertemu orang tepat bernama Kala.

Di artikel ini kami akan bahas mengenai resensi novel My Youth ini secara singkat dan jelas mulai identitas hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Tidak lupa kami sisipkan beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Di simak yuk!

Identitas Novel My Youth

Judul NovelMy Youth
PenulisGiantara Alam
PenerbitBukune
Jumlah halaman412 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.110.000,-

Novel My Youth ini merupakan sebuah novel yang pertama kali diterbitkan di Wattpad dan hingga mendapatkan antusias yang luar biasa dari pembaca kemudian di tahun 2022 akhirnya dibukukan oleh PT. Bukune.

Novel ini mengisahkan tema tentang persahabatan, percintaan dan keluarga yang hangat serta isu sosial yang berhasil dikemas dengan baik di My Youth.

Sinopsis Novel My Youth

Dalam resensi novel My Youth ini kami akan menjelaskan sedikit mengenai isi novel melalui sinopsis novel. Dimana sinopsis novel adalah salah satu penceritaan isi novel secara garis besar tanpa adanya spoiler di dalamnya.

Novel My Youth ini menceritakan Clara yang tidak pernah menduga bahwa pengenalan Sistem Akademik dan Kehidupan untuk Kemahasiswaan Fisip UI akan mempertemukannya dengan lelaki seperti Kala.

Seseorang yang dari awal tidak menaruh intensi apa pun kepada dirinya untuk lebih dari sekedar teman satu kelompok. Begitu juga sebaliknya.

Berbekal dengan dukungan takdir, di kesekian kesempatan mempertemukan mereka begitu saja. korek api, perbincangan pukul tiga pagi, isi pikiran Clara, dan kekaguman Kala menjadi bagian-bagian cerita selanjutnya.

Dan bagi Kala, Clara merupakan sosok perempuan yang pikirannya selalu dipenuhi rasa ragu dan khawatir. Namun, di saat bersamaan. Clara bagaikan wujud atas sebuah bentuk keberanian.

Tidak hanya itu, harapan besar untuk ketulusan dan kebermanfaatan hatinya terlalu sayang untuk diabaikan. Rasanya Kala telah kalah telak. Kala telah jatuh hati kepada gadis itu, dan keberanian juga segala hal yang ada pada diri Clara mampu membuatnya jatuh hati lagi dan lagi.

Begitu juga dengan Clara, ia yakin bahwa Kala merupakan jawaban atas semua pertanyaan yang selama ini berputar di kepalanya.

Kala adalah sosok yang tak akan membuatnya bersaing dengan siapa pun. Kala adalah sosok yang tidak pernah membuatnya ragu sekali pun. Kala adalah sosok yang dapat menyederhanakan kerumitan pikirannya.

Kala juga adalah merupakan sosok yang dapat mendorongnya menjadi lebih berani. Lantas apakah mereka akan menjalani hubungan layaknya kekasih? Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak secara langsung di novel My Youth ya!

Unsur Intrinsik Novel My Youth

Dalam sebuah resensi tentunya kamu akan menemukan unsur intrinsik di dalam novel tersebut dimana unsur intrinsik adalah unsur pembangun novel yang berasal dari dalam. Dan berikut resensi novel My Youth akan menghadirkan unsur intrinsik di dalamnya, yaitu:

1. Tema

Tema yang akan diangkat dalam novel ini yaitu menggunakan tema tentang percintaan dan juga persahabatan.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh dan penokohan yang terdapat dalam novel My Youth, diantaranya adalah:

  • Clara, ia merupakan tokoh utama dalam novel yang memiliki rasa khawatir dan juga selalu menutup diri sehingga berubah setelah bertemu seseorang
  • Kala, ia merupakan sosok yang memberikan kenyamanan kepada Clara
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel My Youth ini menggunakan alur campuran dimana di dalamnya terdapat alur maju dan juga alur mundur di dalamnya.

4. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel My Youth ini yaitu menggunakan latar tempat di kampus, di kantin, di jalan, di rumah. Di kamar dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

5. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel My Youth ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel My Youth ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan termasuk oleh para remaja dan juga dewasa.

8. Amanat

Memahami bahwa hidup adalah sebuah proses kita terkadang terlalu memaksakan diri untuk langsung berhasil atau langsung bisa melakukan sesuatu. Namun, melakukan proses yang harus ditempuh untuk dapat mencapai hal tersebut sangat penting.

Dan janganlah membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain. karena kamu adalah kamu dan orang lain itu berbeda.

Unsur Ekstrinsik Novel My Youth

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel My Youth juga kami akan jelaskan unsur ekstrinsik novel dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terjadi dalam novel ini yaitu sikap Kala yang berusaha membantu Clara untuk tidak menutup diri dan membuktikan bahwa ia berani dan bisa berbuat seperti yang orang lain lakukan.

2. Nilai Moral

Janganlah pernah membanding-bandingkan kehidupan kamu dengan kehidupan orang lain dan syukuri apa yang telah kamu miliki.

Kelebihan Novel My Youth

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap karya memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel My Youth, diantaranya adalah:

  • Penggunaan latar dan suasana yang sangat detail dan cocok serta relate dengan kehidupan nyata
  • Kisah yang dibangun juga terasa lebih nyata
  • Tidak hanya mengisahkan percintaan tapi juga persahabatan dan juga keluarga
  • Konflik dan solusi yang disajikan sangat menarik dan ada beberapa mengangkat isu politik, kejahatan seksual dan lain sebagainya
  • Membahas secara teknis ukuran dan jenis tulisan yang digunakan untuk mencetal buku ini juga dinilai sangat sesuai, sehingga pembaca merasa nyaman saat membaca
  • Novel ini sangat cocok dibaca oleh semua kalangan baik remaja, dan dewasa karena ringan, segar dan real dan bermakna
  • Gaya bahasa yang digunakan juga mudah dipahami oleh semua kalangan

Kekurangan Novel My Youth

Selain kelebihan tentunya novel My Youth ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangannya.

  • Tidak adanya pengembangan karakter
  • Tidak fokus terhadap premis utama kisah yang seharusnya kisah cinta Clara dan Kala
  • Terlalu fokus pada latar belakang tokoh yang idealis, ambisius dan hampir sempurna

Pesan Moral Novel My Youth

Jangan terlalu memusatkan pikiran kepada tujuan, dan hal ini bukan sebuah hal yang baik untuk dilakukan sebab fokus akan tujuan hanya akan membawamu kepada dua jawaban, yakni berhasil atau gagal. Maka dari itu sebaiknya fokus kepada prosesnya.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel My Youth semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: