Resensi Novel Not Me; Sinopsis, Intrinsik, Pesan Moral

Not Me ini merupakan sebuah karya dari Caaay yang merupakan seorang penulis wattpad dan sudah di baca oleh lebih dari 8,6 juta kali pembaca. Bagi kamu yang penasaran dengan buku ini kamu bisa simak resensi novel Not Me terlebih dahulu pada artikel ini.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya. Yuk, simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Not Me

Judul NovelNot Me
PengarangCaaay (Cahaya Matahari)
PenerbitMoka Media
Ukuran Buku14×20 cm
Halaman292 Halaman
KategoriFiksi
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.90.000,-

Novel Not Me ini merupakan sebuah novel populer dan cukup menarik untuk coba kamu baca dengan ketebalan 292 halaman novel ini telah sukses menjadi salah satu novel yang berhasil menduduki rak dengan judul buku best seller.

Dan novel ini merupakan novel pertama yang berhasil Caaay terbitkan dan selanjutnya novel keduanya yaitu ada About Me. Tidak kalah menarik dengan Not Me buku kedua juga berhasil menduduki rak best seller juga dan berlanjut dengan kisah-kisah selanjutnya.

Sinopsis Novel Not Me

Dalam resensi novel Not Me ini kami juga akan sedikit jelaskan mengenai sinopsis novel dimana di sinopsis novel Not Me ini kami akan beberkan gambaran mengenai isi dari novel Not Me ini seperti apa.

Novel Not Me ini mengisahkan Cakrawala Agnibrata dia adalah lelaki yang selalu menebarkan senyum ke semua orang yang ditemuinya, walaupun dunianya sedang hancur berantakan.

Dan sampai pada akhirnya, kebiasaannya untuk pura-pura bahagia justru merenggut kewarasannya. Cakra dinyatakan mengidap sakit mental.

“Setelah beberapa bulan saya mengamati perilakunya, saya dapat menyimpulkan bahwa Cakrawala, salah satu siswa terbaik di SMA Elang, ia mengidap Obsessive- Compulsive Disorder atau OCD” Sehingga dari berita itu banyak orang yang tidak mau berteman dengannya.

“Kamu ngapain sih temenan sama Cakra? Dia itu sakit mental”

“Cakrawala, kasih tau kakak, siapa yang mukulin kamu? Kamu pernah bilang kalo teman-teman kamu sayang sama kamu. Kalo mereka sayang gak mungkin kamu selalu bawa luka lebam yang baru pada setiap pulang sekolah”

“Cakrawala!” teriak Tigu yang menggelegar bagai petir. Tangan kirinya menggenggam kuat sebuah raket yang akan dia pakai untuk memukul tubuh Cakrawala.

“Keluar Kamu Cakra” teriaknya lagi, Cakrawala menyembunyikan dirinya di dalam lemari baju.

“Bunda, badan Cakra sakit semua karena dipukuli Ayah, Bunda tolong jemput Cakra. Cakra mau pulang sama Bunda…”

Cakrawala pria yang mengidap gangguan mental, yang membuatmu selalu tersenyum dan tertawa ceria seolah kamu adalah orang yang paling bahagia di dunia. Cakrawala sangat suka warna kuning dan memiliki senyum yang manis seperti gula dan sangat bawel.

Dan hampir setiap minggu Moa selalu berdiri di depan gerbang melihat ke arah pintu gerbang, menunggu kamu menjemput selepas sholat dhuha menggunakan sepeda kuning kesayanganmu.

Kemudian kamu akan tersenyum dan melambaikan tangan ke arahku sembari berteriak “Hai MOA! Aku di sini!”

Dan kini aku menunggu kamu hingga matahari terik tetapi kamu masih juga belum datang. Lalu, aku baru sadar bahwa kamu sudah tak ada lagi di dunia dan airmata Moa kembali lagi berlinang.

“Sekeras apa pun kamu menjaga, sekuat apapun kamu memegang, seerat apapun kamu memeluk, yang pergi akan tetap pergi.”

Moa mengayuh sepeda berwarna kuning itu, sepeda yang merupakan milik Cakrawala. Selama mengayuh, Moa hanya bisa menitikan air mata, ia bahkan tak peduli orang-orang yang terus menatapnya.

Unsur Intrinsik Novel Not Me

Dalam resensi novel Not Me ini kami juga akan menjelaskan sedikit mengenai unsur intrinsik novel dan berikut penjelasan lengkapnya:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang isu kesehatan mental sebuah persahabatan, keluarga dan perjuangan.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh dan penokohan yang terdapat dalam novel Not Me yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Cakrawala, ia merupakan seorang pemuda yang periang, ramah dan sangat menyukai warna kuning tapi ia memiliki penyakit kejiwaan dan rapuh
  • Tigu, ayah Cakra yang memiliki tempramen tidak baik
  • Bunda, seseorang yang sangat mencintai Cakra dengan tulus tapi sudah meninggal
  • Moa, Sahabat dan teman dekat Cakra yang selalu perhatian dan sangat menyayangi Cakra
  • Kansa, teman Moa yang baik
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini adalah menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini adalah pagi, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di gerbang sekolah, gereja, di lapangan di jalan dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Not Me ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu karena penulis menuliskan setiap nama yang melakukan peran.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Not Me ini mudah dipahami dan juga sangat sederhana jadi cocok untuk dibaca semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel yaitu sekeras apapun kamu menggenggam kamu tidak bisa menahan orang yang telah pergi karena sebuah takdir. Setiap orang memiliki luka tapi pura-pura bahagia itu memang berat.

Unsur Ekstrinsik Novel Not Me

Resensi novel Not Me ini juga menjelaskan unsur ekstrinsiknya. Berikut beberapa unsur ekstrinsik novel yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Nilai Sosial

Sikap Moa yang selalu perhatian dan Cakra yang selalu memberikan senyuman dan bawel menandakan mereka sangat memiliki jiwa sosial yang cukup baik.

2. Nilai Moral

Sikap Tigu yang selalu menyiksa Cakra bukanlah hal yang patut di contoh karena seburuk-buruk kelakuan seorang remaja janganlah menggunakan kekerasan yang berlebihan untuk menghukumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Not Me

Dalam sebuah karya kita akan menemukan kelebihan dan juga kelemahan dari sebuah karya termasuk dalam novel dan berikut kelebihan dan kekurangan dari novel Not Me, yaitu:

1. Kelebihan

  • Kelebihan pertama novel ini menawarkan premis cerita yang menarik karena mengangkat isu kesehatan mental
  • Selain berfokus pada isu tersebut menawarkan kisah romansa, keluarga dan juga kehidupan bermasyarakat
  • Penulis berhasil mengemas cerita menjadi unik, karena menggunakan teknil flashback
  • Alur novel dinilai cepat dan mengalir
  • Gaya penulisan yang santai dan mudah dipahami
  • Karakter tokoh utama dan tokoh pendukung ini sangat kuat

2. Kekurangan

  • Beberapa bagian kisah yang kesannya menggantung karena tidak ada penyelesaian
  • Beberapa dialog terlalu kaku dengan bahasa baku

Pesan Moral Novel Not Me

Novel ini mengajarkan kita untuk dapat menghargai setiap waktu yang masih berlaku untuk bersama orang terdekat dan menghindari bullyng karena akan meninggalkan trauma bersikap baiklah kepada semua orang.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Not Me mudah-mudahan resensi yang kami jelaskan sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi ini.

Artikel Menarik Lainnya: