Resensi Novel Pada Sebuah Kapal; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Resensi Novel Pada Sebuah Kapal; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Resensi novel pada sebuah kapal ini akan kami bahas secara lengkap pada artikel ini dimana dalam novel ini akan kami jelaskan secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, esktrinsik hingga kelebihan dan kekurangannya.

Tidak hanya itu, kami juga akan jelaskan secara lengkap mengenai pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut. Maka dari itu, simak artikel ini secara lengkap agar tidak ketinggalan informasi penting ini.

Identitas Novel Pada Sebuah Kapal

Judul NovelPada Sebuah Kapal
PenulisN.H Dini
PenerbitPT. Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman352 halaman
Ukuran Buku 13×19 cm
Kategori Fiksi
Tahun Terbit 1955
Harga Buku Rp.42.500,-

Novel pada sebuah kapal ini merupakan sebuah novel karya dari N.H Dini dimana novel ini mulai diterbitkan pada tahun dan novel ini juga memiliki ketebalan mencapai 352 halaman novel ini diterbitkan oleh PT, Gramedia Pustaka Utama.

Novel ini mengisahkan kisah hidup Sri yang sejak kecil di tinggalkan sosok ayah dan ia bekerja sebagai penyiar radio dan juga penari.

Sinopsis Novel Pada Sebuah Kapal

Dalam resensi novel pada sebuah kapal ini kami juga akan jelaskan secara lengkap mengenai sinopsis novel dan berikut merupakan sinopsis dari novel pada sebuah kapal ini.

Novel ini mengisahkan seorang gadis bernama Sri yang sudah ditinggalkan oleh ayahnya sejak usia 3 tahun. Setealh beranjak dewasa Sri putuskan untuk pindah ke Salatiga dengan pertimbangan yang matang.

Dan ia masih menjadi seorang penyiar radio yang berstatus pegawai negeri, dan ia hanya wajib membayar sebagian biaya pengobatan dan penginapan.

Kemudian ia bertemu dengan Yus yang merupakan teman kakaknya dan bulan berikutnya Sri mulai kembali ke Jakarta dan suatu saat ia bertemu dengan Sunarti dan kedua temannya yaitu Mokar dan Suparto dan mereka akhirnya melepaskan rindu.

Kemudian Sri mengikuti kelas sanggar tari di sela kegiatannya menyiarkan radio Sri mencintai Basir tapi ia ditolak. Sri juga selalu dikucilkan teman-temannya  ditambah kakaknya mengabarkan kematian ibunya dan ia kemudian kembali lagi ke Jakarta.

Ia terus menyiarkan radio dan latiha menari dan tak lama Sri diundang menari di istana. Dan sekembalinya di istana dia dianggap wanita panggilan.

Dan saat Sri di Jakarta ia bertemu dengan Yus dan ia menyatakan cintanya kepada Sri dan ingin menikahinya namun Sri tolak karena belum ingin menikah dan saat latihan menari di rumah kakaknya Sri bertemu dengan Carl teman bule kakanya.

Selain itu ada juga Suparto yang Sri temui saat melakukan pertunjukan menari dan akhirnya saling mencintai dan mereka akhirnnya melakukan pertunangan, Suparto yang harus bertugas kembali dan saat ingin pulang mengalami kecelakaan dan meninggal.

Sri yang sedih harus kehilangan cintanya. Namun, seiring berjalannya waktu Sri juga mengambil cuti untuk menenangkan diri dan ia mencoba membuka hati lagi kepada Charles namun pernikahannya tidak bahagia.

Dan saat melakukan perjalanan Sri melakukan cinta terlarang dengan komandan kapal yang bernama Nicole yang sudah beristri dan beranak dua. Hanya saja Nicole tidak pernah bahagia dengan pernikahannya.

Lantas apa yang akan terjadi? Apakah perselingkuhan mereka akan ketahuan? Dan bagaimana kisah mereka selanjutnya? simak secara langsung di novel pada sebuah kapal ya!

Unsur Intrinsik Novel Pada Sebuah Kapal

Dalam resensi novel pada sebuah kapal kamu perlu mengetahui unsur intrinsik novel dan berikut beberapa unsur intrinsik novel yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1.Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah kisah percintaan Sri yang mencoba mencari kekasih hati.

2. Tokoh dan penokohan

  • Sri, sosok yang keras kepala, tidak mau mendengarkan nasehat kakanya,
  • Sutopo, sabar, tegar dalam menghadapi kehidupan
  • Michel, penyayang, bisa menyayangi Sri dengan sepenuh hati
  • Saputro, penganggungjawab, penyayang,
  • Charlesm pemarah, suka mempermalukan Sri kasar, pelit egoid
  • Sutopo, perhatian, dan sayang kepada adiknya
  • Carl, sombong, suka pamer
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Slur yang digunakan dalam novel pada sebuah kapal ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novelnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel pada sebuah kapal ini yaitu di pagi hari, siang hari dan malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang diguanakan dalam novel ini adalah kapal pesiar, marcelle, Jepang, Kobe, Rumah Paman Sri, jakarta, Salatiga, tempat penyiaran radio, sanggar tari dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan sudut pandnag orang pertama sebagai tokoh utama.

7. Gaya bahasa

Gaya bhasa yang digunakan itu blak blakan kepada pembaca, ditambah lagi dengan kerunutan cerita yang pas dan terkesan santai untuk di baca.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel adalah ambilah keputusan dengan mempertimbangkannya terleih dahulu dengan matang agar keputusan yang kamu ambil tidak akan membuat kamu menyesal.

Unsur Ekstrinsik novel Pada Sebuah Kapal

Berikut beberapa unsur ekstrinsik pada novel pada sebuah kapal, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Carl yang selalu menyombongkan kekayaannya membuat orang lain menjadi ilfil dan tidak menykainya termasuk Sri dan lainnya.

2. Nilai Moral

Sikap Sri yang suka berselingkuh dengan lelaki yang beristri ini merupakan tindakan yang tidak patut di contoh dan harus dijauhi dan jangan melakukan hubungan terlarang.

Kelebihan Novel Pada Sebuah Kapal

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap karya tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya dan berikut beberapa kelebihan yang terdapat dalam novel pada sebuah kapal ini, yaitu:

  • Novel yang dijelaskan pada novel ini sangat blak-blakan
  • Memiliki diksi yang aneh dan jarang di dengar
  • Mempermudah untuk membandingkan unsur budaya Timur dan Budaya barat
  • Mengisnfirasi wanita untuk berpikir sebelum bertindak dan tidak melakuan zina atau perselingkuhan dengan pria beristri

Kekurangan Novel Pada Sebuah Kapal

Selain kelebihan novel pada sebuah kapal ini juga memiliki kekurangan dan berikut penjelasan mengenai beberapa kekurangan dari novel ini adalah:

  • Alur cerita terlalu lambat sehingga kadang membuat pembaca merasa bosan
  • Ceritanya terlalu vulgar
  • Banyak pemakaian kalimat tidak efektif dan tidak baku
  • Ada beberapa tyfo

Pesan moral Novel Pada Sebuah Kapal

Manusia harus selalu sabar dalam menghadapi masalah kkehidupan Sri yang berusaha sabar menghadapi suaminya terlalu egois dan kamu harus menerima pendapat atau nasihat orang terdekat karena orang terdekat kamu tidak mungkin mencelakan kamu.

Akhir kata

Demikianlah penjelasan mengenai resensi novel pada sebuah kapal yang bisa kamu dapatkan mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat dipahami dan tentunya membantu bagi kamu yang sedang mencari informasi mengenai resensi novel ini.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: