Resensi Novel Phantera Leo; Sinopsis, Intrinsik, Pesan Moral

Kamu suka dengan kisah percintaan remaja yang tidak biasa kamu bisa coba baca karya Sabrina Febrianti yang berjudul Phantera Leo dimana novel ini pertama kali diterbitkan di Wattpad dan sudah di baca lebih dari 9,6 juta pembaca.

Dalam artikel ini akan kami jelaskan resensi novel Phantera Leo secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, hingga pesan moralnya secara lengkap. Agar tidak ketinggalan informasi penting mengenai hal ini simak artikelnya sampai akhir ya!

Identitas Novel Phantera Leo

Judul NovelPhantera Leo
PenulisSabrina Febrianti
PenerbitCloudbooks Publishing
Ukuran Buku15×21 cm
Jumlah Halaman394 halaman
KategoriFiksi
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.89.500,-

Novel Phantera Leo ini di tulis oleh Sabrina Febrianti yang merupakan penulis muda asal Indonesia yang sudah menerbitkan berbagai novel best seller. Dan novel Phantera Leo ini mulai diterbitkan oleh Cloudbooks Publishing pada tahun 2021.

Novel ini tidak hanya mengisahkan percintaan semata antara Lea dan Leo tapi juga mengisahkan keluarga, dan juga persahabatan yang cukup menarik untuk di simak di waktu senggangmu.

Sinopsis Novel Phantera Leo

Di dalam sebuah resensi novel pastinya kamu akan menemukan sebuah sinopsis dan bertujuan untuk mengetahui isi secara garis besar novel ini. dan begitu pula dalam resensi novel Phantera Leo berikut merupakan sinopsis novelnya.

Novel ini mengisahkan Oleandre yang akrab dipanggil Lea ia gadis berusia 15 tahun dan masih SMA di Taman Bukit Duri, Tebet Jakarta Selatan. Lea memiliki penampilan fisik cantik, tetapi memiliki bobot tubuh yang besar.

Ia memiliki rambut panjang yang tergerai indah. Saat SMA itu sama seperti SMP dimana para kakak kelas akan berebut mengambil hatinya. Dan kini Lea telah berada di area sekolahnya namun ada yang tampak aneh semua orang cuek dan tak peduli penampilannya.

Dan kini ia sadar bukan lagi menjadi pusat perhatian dan ia lantas menghampiri Vivian yang merupakan sahabat satu kelasnya. Dan Vivi bercerita di lingkungan SMA memiliki banyak siswi cantik yang lebih dari pada Lea bahkan ada juga seorang model.

Vivi juga menyarankan kepada Lea untuk menjaga sikapnya. Dan hari pertama masuk SMA sangat melelahkan dan mereka segera ke kantin tapi antriannya begitu ramai dan Lea menunjukan bagaimana cara melewati keramaian dan menyelak antrian.

Dan tidak lama ia mendapatkan pesanannya.dan Vivi langsung menganga dan mereka pun menduduki bangku yang kosong Vivi tetap mengingatkan Lea untuk tidak mencari gara-gara di sana karena mereka adalah anak baru.

Dan mereka memutuskan untuk makan di kelas. Dan mereka saat berjalan berdua mereka berhadapan dengan cowok tinggi dan ganteng banget Lea menatap cowok itu dengan berani, “Le” katanya.

Dan ketika Lea ingin menjawab cowok tersebut meleatinya dan memanggil temannya yang bermana Leo dan menghampiri teman cowoknya dengan pipi merah merona Lea merasa malu dan kegeeran.

Vivi menoleh kepada Lea dan menahan tawa karena hampir saja Lea menggubris panggilan cowok tadi. Lea memejamkan matanya karena malu.

Nama lelaki itu adalah Phantera Leo lelaki yang akan membuatnya selalu kesal, lelaki itu tiba-tiba menyatakan cinta kepadanya. Dan yang lebih mengejutkan lagi Leo memberitahu kenyataan bahwa ia menjadikannya kekasih dengan alasan untuk sandiwara belaka.

Lantas apakah Lea akan pasrah? Atau mempertahankan egonya? Yuk, simak langsung di novel Phantera Leo ya secara lengkap ya!

Unsur Intrinsik Novel Phantera Leo

Dalam resensi novel Phantera Leo kami akan jelaskan beberapa unsur intrinsik dalam novel tersebut dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Phantera Leo ini adalah menggunakan tema percintaan antara Lea dan leo persahabatan dan juga keluarga.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Lea, ia merupakan gadis cantimyang sangat memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan juga pemberani
  • Leo, cowok ganteng yang selalu jadi rebutan para cewek karena cool dan ganteng banget
  • Vivi, ia merupakan sahabat Lea yang baik dan selalu menemani Lea
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Phantera Leo ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novelnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Phantera Leo inni yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel Phantera Leo ini yaitu menggunakan latar tempat di sekolah, di kelas, di kantin, di lapangan dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Phantera Leo ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Phantera Leo ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Janganlah mempermainkan perasaan seseorang karena berbahaya meski sepele tapi bisa membuat seseorang kehilangan jati diri dan merasa tidak dihargai dan lain sebagainya.

Unsur Ekstrinsik Novel Phantera Leo

Dalam resensi novel Phantera Leo kami juga akan jelaskan unsur ekstrinsik novel di dalam novel Phantera Leo ini dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel Phantera Leo ini adalah sikap Vivi yang sangat baik dan juga perhatian kepada Lea dan sering mengingatkan sahabatnya itu agar tidak membuat ulah.

2. Nilai Moral

Sikap Leo yang mempermaikan perasaan Lea itu merupakan sikap pengecut dan bukan sikap lelaki yang baik.

Kelebihan Novel Phantera Leo

Seperti yang telah kita pahami bahwa setiap karya tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut penjelasan lengkapnya mengenai kelebihan novel Phantera Leo, yaitu:

  • Kisah remaja dalam novel ini cukup menarik untuk diikuti
  • Premis cerita novel ini sederhana, tetapi menyenangkan untuk terus dibaca sampai habis, novel ini tidak hanay mengisahkan percintaan tapi juga persahabatan dan kekeluargaan
  • Bahasa yang digunakan ini sederhana dan mudah dipahmai dan dimengerti
  • Karakter yang di bangun sangat sesuai untuk menjalankan perannya  dan memiliki relevasi dengan kkarakter SMA

Kekurangan Novel Phantera Leo

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Beberapa diksi atau pilihan kata yang digunakan kurang pas
  • Ada beberapa kalimat ambigu maknanya sehhingga membuat bingung
  • Ada beberapa penulisan tyfo

Pesan Moral Novel Phantera Leo

Dalam hubungan apa pun kesetiaan adalahh unsur utama yang harus dimiliki. Sebab kejujuran dan kesetiaan merupakan dua hal yang mampu membangun dan mempertahankan hubungan.

Akhir Kata

Nah, itu dia penjelasan mengenai resensi novel Phantera Leo mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moralnya semoga apa yang kami sampaikan dapat dipahami dan membantu ya!

Artikel Menarik Lainnya: