Resensi Novel Rahasia Kita; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik, Amanat

Resensi Novel Rahasia Kita; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik, Amanat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Resensi novel rahasia kita akan kami bahas pada artikel ini secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik, kelebihan, kekurangan dan juga pesan moral yang terkandung dalam novel itu secara lengkap.

Novel Rahasia Kita ini mengisahkan perjodohan dua anak muda yang masih sekolah yaitu antara Dika dan Sasa. Dimana mereka harus menikah diam-diam karena orang tua mereka ingin mereka bahagia sebelum meninggal.

Identitas Novel Rahasia Kita

Judul NovelRahasia Kita
PenulisFira KR
PenerbitRomancious
Jumlah Halaman280 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2021
Harga BukuRp.99.500,-

Novel rahasia kita ini merupakan sebuah karya dari penulis yang bernama Fira KR dan novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2021 oleh Romancious dimana di dalam novel ini terdapat 280 halaman dan memiliki ukuran sekitar 13×19 cm.

Novel ini merupakan fiksi romantis remaja yang diperankan oleh Dika yang seorang most wanted dan juga Sasa si manja. Mereka harus menerima perjodohan demi kebahagiaan orang tuanya.

Sinopsis Novel Rahasia Kita

Dalam resensi novel rahasia kita tentunya kamu akan menemukan sinopsis di dalamnya dimana sinopsis novel ini akan membantu kamu untuk memahami gambaran singkat mengenai isi novel ini.

Dimana novel ini diawali Sasa yang harus menjadi istri seorang most wanted di sekolah. Alysha Kinara Maharani gadis berusia 17 tahun yang harus dikejutkan oleh kehadiran seorang lelaki yang nekat dan tiba-tiba datang untuk melamar dan mengajaknya menikah.

Dan terlebih lelaki itu, merupakan salah satu siswa populer di sekolah mereka yang bernama Radhika Wijaya.

Dika dan Sasa dua remaja ini tidak saling mengenal namun harus terikat dalam sebuah perjodohan dan menghadapi problematika rumah tangga di usia yang cukup muda.

Di mana usia mereka masih memiliki perbedaan pendapat, ego yang belum stabil. Dan rasa tang ingin mengalah dan tak jarang menimbulkan perdebatan di antara keduanya. Di tambah lagi keadaan yang tidak berpihak pada mereka.

Dimana membuat keduanya harus merahasiakan hubungan mereka dari orang-orang terdekat. Hingga tiba tiba, sebuah kejadian tak terduga membuat mereka harus rela melepaskan hal terpenting dalam hidup keduanya.

Karena mereka masih sekolah, mereka juga tidak ingin teman-teman mereka tahu, Dika dan Sasa pun harus menyembunyikan status pernikahan mereka. Karakter Sasa yang manja tetapi tetap tahu batasan sebagai seorang istri menjadi gambaran sosok peran utama perempuan dalam buku tersebut.

Sementara Dika adalah sosok laki-laki yang cuek namun penyayang, perhatian dan bertanggungjawab. Dimana sifat cuek Dika kerap membuat dirinya berselisih dengan Sasa tapi lebih dari itu, rasa tanggung jawab Dika patut diacungi jempol.

Dika juga berusaha mencari kerja diluar jam sekolah dengan menjadi seorang guru les. Walaupun mempunyai orang tua yang kaya raya, Dika tidak mau menyusahkannya.

Dan rancangan masa depan yang sudah mereka tata dengan begitu apik pun sirna begitu saja. lantas mampukah Sasa menerima kehidupan barunya? Apakah mereka akan bertahan atau justru memilih untuk menyerah dan saling merelakan?

Dan bagaimana mereka merahasiakan hubungan mereka dari orang-orang terdekat? Lalu bagaimana cara mereka saling menerima satu sama lain? untuk lebih jelasnya kamu bisa simak novel rahasia kita ini secara langsung di bukunya ya!

Unsur Intrinsik Novel Rahasia Kita

Dalam resensi novel rahasia kita kami juga akan membahas mengenai unsur intrinsik novel di dalamnya. Unsur intrinsik ini merupakan unsur pendamping novel yang berasal dari dalam. Dan berikut beberapa unsur intrinsik dari novel ini yaitu:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel rahasia kita ini adalah tentang perjodohan dan percintaan serta keluarga.

2. Tokoh dan penokohan

  • Dika, ia merupakan cowok populer yang tampan, perhatian, dingin tapi bertanggung jawab
  • Sasa, ia merupakan gadis cantik yang manja tapi tahu kewajibannya sebagai istri
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel rahasia kita ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novelnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel rahasia kita ini adalah menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di sekolah, di kantin, di rumah, di kamar dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel rahasia kita ini yiatu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel rahasia kita ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Komunikasi yang baik akan membantu kamu dalam menghadapi konflik yang terjadi dari sebuah permasalahan rumah tangga saling terbuka dan menerima satu sama lain adalah kunci bahagia dalam sebuah hubungan.

Unsur ekstrinsik Novel Rahasia Kita

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel rahasia kita ini kami juga akan bahas mengenai unsur ekstrinsik novel dan berikut penjelasan lengkap mengenai unsur ekstrinsik novel ini, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel rahasia kita ini yaitu sikap Sasa yang ramah dan juga baik membuat ia memiliki banyak teman dan mudah bergaul.

2. Nilai Moral

Meksipun sikap Dika selalu dingin tapi nyatanya ia memiliki rasa tanggung jawab terhadap istrinya dengan mencari kerja tambahan di luar jam sekola ini contoh sikap yang baik dan patut di contoh.

Kelebihan Novel Rahasia Kita

Seperti yang telah kita ketahui bahwa novel rahasia kita ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut beberapa kelebihan dari novel ini, yaitu:

  • Novel ini memiliki gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan
  • Alur cerita yang menarik dan mudah diikuti
  • Tokoh memiliki karakter yang cukup kuat

Kekurangan Novel Rahasia Kita

Selain kelebihan novel rahasia kita ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangan yang terdapat dalam novel ini, yaitu:

  • Masih banyak ditemukan kesalahan penulisan atau tyfo
  • Alur cerita terlalu klasik dan sudah banyak yang menggunakan alur seperti ini
  • Endingnya mudah ditebak
  • Cover kurang menarik

Pesan moral Rahasia Kita

Dalam sebuah hubungan tentunya keduanya harus memiliki komitmen untuk bisa saling menghargai satu sama lain, kesampingkan ego dan jadilah pasangan terbaik untuk pasangan yang telah kamu pilih sebelumnya dan tetaplah jaga kesetiaan dan kejujuran serta komunikasi yang baik.

Akhir kata

Demikianlah penjelasan mengenai resensi novel rahasia kita mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: