Resensi Novel Raksasa Dan Jogja Paling Lengkap

Resensi Novel Raksasa dan Jogja Paling Lengkap

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Nah, bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi novel romantik yang tidak biasa kamu coba baca dulu novel Raksasa dan Jogja karangan dari Dwitasari dimana pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai resensi novel raksasa dan Jogja.

Dalam resensi novel ini akan kami jelaskan mengenai identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, kelebihan dan kekurangannya tidak lupa kami jelaskan juga pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut.

Identitas Novel Raksasa dan Jogja

Judul NovelRaksasa dan Jogja
PenulisDwitasari
PenerbitPlot Poin
Jumlah Halaman270 halaman
Ukuran Buku14×20 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2012
Harga BukuRp.47.000,-

Raksasa dan Jogja ini merupakan sebuah kisah yang dikarang oleh Dwitasari dan ini merupakan novel pertamanya yang ia terbitkan. Novel ini diterbitkan oleh PT. Plot Poin pada tahun 2012.

Novel Raksasa dan Jogja ini memiliki ketebalan yang mencapai 270 halaman dan ukuran buku mencapai 14×20 cm dan novel ini di bandrol mulai dari harga sekitar Rp.47.000,- cukup terjangkau bukan?

Sinopsis Novel Raksasa dan Jogja

Dalam resensi novel raksasa dan Jogja ini akan kami jelaskan juga sinopsis novel dimana sinopsis novel ini akan membantu kamu dalam memahami sinopsis novel secara gampang dan garis besar saja.

Novel raksasa dan Jogja ini mengisahkan seorang wanita bernama Bianca dimana ia tidak percaya dengan namanya cinta.

Bianca yang tertekan dengan keadaan keluarganya yang tak harmonis. Papanya yang sering menyiksa Mamanya, bahkan Papanya tidak segan melakukan KDRT.

Selain menyiksa mamanya, papanya suka sering membanting barang pecah. Walaupun Bianca perna sempat putus asa tapi ia masih tetap bertahan, bahkan ketika wajah ibunya lebam oleh pukulan ayahnya dan bahkan saat pelipis ibunya mengeluarkan darah.

Bianca memang tak percaya cinta, namun secara diam-diam ia mencari-cari jawaban atas pertanyaan itu. Memandangi hidup yang diisi oleh kekerasan Papanya kepada Mamanya memang sudah biasa.

Papanya tempramen, Mamanya sangat lemah. Seimbang sering melihat mamanya mendapat perlakukan yang berbanding terbalik dari makna cinta itu yang membuatnya enggan dan takut percaya cinta.

Letisha Ananda sahabat Bianca waktu SMA yang merebut cinta pertama Bianca yaitu bernama Joshua Prasetia Hutomo.

Bianca memutuskan untuk meninggalkan Jakarta. Dan melupakan penghianatannya serta melupakan kekerasan Papanya terhadap Mamanya.

Ia ingin bahagia sehingga ia meneruskan kuliah di Universitas Swasta terbaik di Daerah Istimewa Jogjakarta. Bianca tinggal di rumah Budhe Sumiyati dan tentunya Kevin sepupunya.

Kevin hampir sempurna, sangat menyayangi Bianca layaknya adik sendiri. Jogja mempertemukan Bianca dengan seorang malaikat pembawa kabar baik bernama Gabriel. Dan mempercayakan Bianca untuk menjadi tulang rusuknya.

Lantas apakah Bianca bisa melupakan traumanya karena kekerasan yang dilakukan ayah ke ibunya? Atau Bianca bisa membuka hati apa yang menjadi takdirnya saat ini dan menerima cinta Gabriel?

Bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisah dari novel raksasa dan Jogja kamu bisa simak secara langsung di dalam novel raksasa dan Jogja ya!

Unsur Intrinsik Novel Raksasa dan Jogja

Dalam resensi novel raksasa dan Jogja kamu juga perlu memahami apa saja unsur intrinsik yang terdapat dalam novel ini, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel raksasa dan Jogja ini kami akan membahas mengenai cinta seorang Bianca yang mengalami trauma karena KDRT yang dilakukan ayahnya.

2. Tokoh dan penokohan

  • Bianca, ia merupakan seorang gadis yang merasa kurang beruntung dan kurang mendapatkan kasih sayang orang tuanya
  • Ayah, orang yang tempramen dan suka memukul
  • Mamanya, orang yang lemah
  • Latasha, orang yang merebut Joshua dari Bianca
  • Joshua, cinta pertama Bianca
  • Gabriel, orang yang meyakinkan Bianca bahwa cinta ia tulus
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel raksasa dan Jogja ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novelnya.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel raksasa dan Jogja ini menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel raksasa dan Jogja ini yaitu di Jakarta dan Jogyakarta.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel raksasa dan Jogja ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel raksasa dan Jogja ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami.

8. Amanat

Percayalah bahwa setelah datang kesedihan akan ada kebahagiaan yang akan menantimu dan percayalah tidak smeua manusia itu jahat karena sebagiannya ada yang benar-benar tulus mencintai dengan hati.

Unsur Ekstrinsik Novel Raksasa dan Jogja

Dalam resensi novel raksasa dan Jogja ini akan dijelaskan juga unsur ekstrinsik novel dan berikut penjelasan lengkapnya.

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah sikap tulus dan perhatian serta kesungguhan dari Gabriel yang harus meyakikan Bianca bahwa ia memang tulu adalah sikap sisial yang baik.

2. Nilai Moral

Sikap Latasha yang menusuk dari belakang dan merebut cinta pertama dari Bianca ini adalah tindakan yang tidak patut di contoh.

Kelebihan Novel Raksasa dan Jogja

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap karya ini memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan dan berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel ini, diantaranya adalah:

  • Bahasa yang digunakan dalam novel raksasa dan Jogja ini mudah dipahami dan ringan
  • Untaian kata juga menarik dan dan indah
  • Penejelasan latar tempat cukup jelas sehingga pembaca bisa membayangkan apa yang ada dalam novel tersebut
  • Cover buku cukup menarik dan sesuai dengan isi judul novel
  • Setiap tokoh memiliki karakter yang unik dan seimbang tidak ada yang dilebih-lebihkan

Kekurangan Novel Raksasa dan Jogja

Selain kelebihannya tentunya novel ini juga memiliki kekurangan di dalam novelnya dan berikut beberapa kelebihan yang terdapat dalam novel raksasa dan Jogja diantaranya adalah:

  • Ada sebagian tulisan dalam novel ini yang diselipkan bahasa Jawa dan sayangnya tidak semua memahami bahasa Jawa termasuk saya
  • Dan masih ditemukannya beberapa kesalahan ketik atau tyfo

Pesan Moral Novel Raksasa dan Jogja

Jangan pernah putus asa dalam menghadapi kehidupan hadapi masalah dengan tenang dan yakinilah bahwa setiap kesedihan maka akan ada kebahagiaan setelahnya dan yakinlah Tuhan akan memberikan apa yang kamu butuhkan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Raksasa dan Jogja semoga apa yang tim Mustakim Media paparkan dapat dipahami dan tentunya membantu kamu yang mencari resensi novel ini.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: