Resensi Novel Remember Rain: Identitas, Sinopsis, Intrinsik

Bagi kamu yang suka dengan kisah percintaan remaja kamu wajib banget nih baca dulu buku remember rain karya dari Jihan Nur Pratiwi dan pada kesempatan artikel ini kami tim Mustakim Media akan menjelaskan mengenai resensi novel remembar rain.

Dalam artikel ini kami jelaskan identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, hingga pesan moralnya secara lengkap. Tidak lupa kami jelaskan juga mengenai kelebihan dan juga kekurangan dari novel ini yuk, simak lengkap penjelasan di bawah ini ya!

Identitas Novel Remember Rain

Resensi Novel Remember Rain: Identitas, Sinopsis, Intrinsik
Judul NovelRemember Rain
PenulisJihan Nur Pratiwi
PenerbitEuthenia
Jumlah halaman192 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi Remaja
Tahun Terbit2015
Harga Novel Rp.52.000,-

Remember rain adalah sebuah novel remaja yang di tulis oleh Jihan Nur Pratiwi yang lahir di Palas, Lampung Selatan pada 27 Maret 1998 dan novel ini mulai diterbitkan pada tahun 2015 oleh PT. Euthenia. Novel ini juga memiliki ukuran sekitar 13×19 cm dengan ketebalan yang mencapai 192 halaman.

Sinopsis Novel Remember Rain

Resensi novel remember rain ini juga akan dijelaskan mengenai sinopsis novel dimana sinopsis ini akan berguna bagi kamu untuk memahami isi novel ini secara lengkap.

Novel ini bermula saat Kennia dengan tidak sengaja bertemu dengan Bilo di sebuah tempat perbelanjaan Bilo digambarkan sebagai kali-laki bermata coklat dan berwajah tampan. Dan Kennia memiliki sahabat yang bernama Belinda.

Sedangkan Bilo memiliki sahabat Travis dan Farel. Awalnya Kennia dan Billo bolos sekolah untuk membuat kue stroberry untuk Raisa, dimana Raisa ini merupakan mantan dari Billo dan membuatnya kue hanya untuk membalas kebaikannya di masa lalu.

Dan kini Billo mulai menyukai Kennia dan mereka memutuskan untuk menjalin hubungan. Hanya saja banyak sekali godaan yang menerpa. Seperti Billo yang kepergok memeluk wanita di taman.

Dan ternyata Billo lebih memilih membantu Raisa dibandingkan mengantarkan pulang Kennia ke sekolahnya. Dan sekarang Kennia mulai bercerita tentang masa kecilnya saat hujan datang.

Dan dulu saat masih berada di sebuah perumahan ia pernah memiliki teman yang memiliki rambut coklat dan bermata coklat. Dimana waktu turun hujan dan mereka bersembunyi di bawah perosotan.

Dan Kennia yang baik hati saat itu memberikan wafer stroberry dan yakult kepada anak lelaki itu. Lalu Kennia dihampiri oleh seorang anak perempuan yang sama seumuran dengan mereka untuk menjaga anak lelaki itu.

Karena Kennia terburu-buru saat itu, hingga ia kehilangan gelang miliknya. Dan setelah selesai bercerita Billo merasa tidak asing dengan cerita itu. Itu sama persis seperti bayangan dulu ia masa kecil.

Dan terungkaplah sudah bahwa yang dulu pernah menolongnya di saat hujan adalah bukan Raisa melainkan Kennia dan gelang itu ia masih simpan. Dan seharusnya Billo membalas budi ke Kennia bukan ke Raisa.

Dari cerita ini Billo semakin yakin bahwa gadis yang cintai dulu dan sekarang adalah benar-benar Kenia. Dan ia mulai memantapkan hati pada pilihan hati yang sebenarnya. Yaitu pada Kennia.

Lantas bagaimana dengan perasaan Raisa? Bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisah mereka kamu bisa simak secara langsung di novel remember rain secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel Remember Rain

Selain sinopsis dalam resensi novel remember rain ini akan kami jelaskan juga mengenai unsur intrinsik novel dan berikut penjelasan lengkap mengenai unsur intrinsik novel, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel remember rain ini adalah tentang sebuah percintaan remaja dan juga persahabatan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Kennia, ia merupakan gadis remaja cantik yang juga baik hati dan suka menolong sedari kecil
  • Billo, ia merupakan seorang lelaki tampan yang bermata coklat namun plin plan dan mudah tergoda
  • Raisa, ia merupakan seorang yang pandai berbohong
  • Belinda, ia merupakan sahabat Kennia yang baik dan juga setia
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel remember rain ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar SMA, kantin, perpus, perumahan, rumah Kennia, rumah Billo, taman, rumah Raisa dan masih banyak lagi latar tempat lainnya.

5. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel remember rain ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel remember rain ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung di dalamnya yaitu percayalah bahwa cinta sejati tidak akan pernah salah alamat meski kamu telah berpindah ke lain hati jika ia merupakan bagian dari takdirmu ia akan kembali kepadamu.

Unsur Ekstrinsik Novel Remember Rain

Selain unsur intrinsik kami dalam resensi novel remember rain ini akan dijelaskan juga unsur ekstrinsik dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung di dalam novel ini yaitu sikap Kennia yang selalu membantu siapa saja yang sedang membutuhkan ia memiliki sikap sosial yang tinggi kepada siapa pun.

2. Nilai Moral

Sikap Billo yang sebelum mengetahui pakta bahwa orang yang ia cari sesungguhnya adalah Kennia ia sangat plin plan dan tidak bisa menjaga sikapnya untuk tidak menyakiti hati Kennia.

Kelebihan Novel

Seperti pada karya umumnya bahwa setiap karya tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan dan berikut beberapa kelebihan dari novel remember rain, yaitu:

  • Kelebihan pertama novel ini yaitu memiliki alur cerita sederhana namun berkesan
  • Gaya bahasa yang digunakan cukup sederhana dan mudah dipahami oleh semua kalangan
  • Karakter tokoh cukup kuat dan seimbang
  • Cover buku cukup menarik

Kekurangan Novel

Selain kelebihan tentunya novel ini juga memiliki beberapa kekurangan dan berikut penjelasannya:

  • Kekurangan pertama yaitu novel ini memiliki kesalahan kata penulisan atau tyfo
  • Ceritanay cukup klasik dan banyak digunakan
  • Endingnya mudah ketebak

Pesan Moral Novel Remember Rain

Percaya pada sebuah takdir jika memang itu cinta sejatai apa pun halangan dan rintangan yang memisahkanmu maka ia akan kembali pada pelukanmu dan memberikan cinta yang tulus kepadamu.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel remember rain mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya secara lengkap semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya: