Resensi Novel Sakura Wish: Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik

Dalam kesempatan kali ini tim Mustakim Media akan menjelaskan mengenai resensi novel Sakura Wish mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Tidak hanya itu, kami akan jelaskan mengenai kelebihan dan juga kekurangan novel untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel ini sampai lengkap di bawah ini.

Identitas Novel Sakura Wish

Resensi Novel Sakura Wish
Judul NovelSakura Wish
PenulisHarumi Kawaii
PenerbitZettu
Jumlah Halaman185 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2012
Harga BukuRp.36.000,-

Novel sakura wish ini merupakan sebuah novel dari negara Jepang yang ditulis oleh Harumi Kawaii dan novel ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2012 oleh penerbit Zettu novel ini memiliki ketebalan sebanyak 185 halaman.

Untuk ukurannya sendiri novel ini memiliki ukuran sekitar 13×19 cm kamu bisa mendapatkan novel ini dengan harga terjangkau yaitu sekitar Rp.36.000,- an saja cukup wort it kan.

Sinopsis Novel Sakura Wish

Dalam resensi novel Sakura Wish ini kami akan jelaskan juga mengenai sinopsis novel dimana sinopsis ini akan membantu kamu untuk lebih memahami isi novel secara garis besar dan ini penjelasannya.

Novel Sakura Wish ini mengisahkan Yosinara Keiko yang merupakan seorang murid baru di kelas tiga SMA Higashi Kyoto. Ia pindahan dari tokyo. Kedatangannya sangat menarik perhatian karena sikapnya yang ramah, manis, murah senyum, cerdas juga pandai berolah raga.

Hingga ada empat anak laki laki yang menyukai dia sekaligus. Tachibana Ryuji, remaja yang suka mendaki gunung.

Tanpa basa basi meminta Keiko untuk menjadi kekasihnya di hadapan semuan teman teman sekelasnya dalam pesta ulang tahun yang ke tujuh belas Kazuhiko Naomi justru mencintai Ryuji sejak kelas satu.

Awalnya Ryuji sengaja melakukan itu untuk membuat kesal naomi karna dia tidak bosan mengejanya padahal sedikitpun ia tidak pernah suka atau pun tertarik pada naomi. Ia bahkan mengajk keiko mendaki gunung puji hanya berdua.

Hubungannya Keiko dan Ryuji semakin dekat. Tapi Keiko belum menyadari perasaan yang sesungguhnya. Karena di saat bersamaan, ia juga sedang dekat dengan Ishikawa Hiroyuki, si cowok pendiam di kelas yang hampir tak kelihatan tersenyum dan irit bicara.

Pertemuan mereka di tempat rahasia ya itu di bukit belakang sekolah, yang telah menyatukan keduanya. Mereka menamakan bukit itu dengan bersamaan dengan nama Heavenli Garden.

Di balik sikap dingin Hiroyuki, sebenarnya diam diam ia menyukai Keiko. Tanpa sepengetahuan Keiko, Hiroyuki membuat sketsa wajah Keiko hampir setiap hari semenjak kedatangannya di sekolah ini.

Selain kedua pemuda itu, Keiko juga dekat dengan Takahiro Kenichi kapten basket sekolah sekaligus teman sebangkunya. Kenichi juga diam diam suka pada Keiko namun tidak pernah mengungkapkan perasaannya.

Lantas bagaimana kelanjutan dari kisah percintaan Keiko? Bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisahnya kamu bisa simak secara langsung di novel Sakura Wish ya!

Unsur Intrinsik Novel Sakura Wish

Dalam resensi novel Sakura Wish ini akan kami jelaskan juga unsur intrinsik novel dimana unsur intrinsik ini akan menjelaskan mengenai unsur pendamping novel dari dalam, dan berikut penjelasannya.

1. Tema

Tema yang di angkat dalam novel ini yaitu keraguan seorang gadis yang memabwa penyesalan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Yoshinara Keiko, ramah, baik hati, manis, murah senyum, cerdas, tulus dan pandai berolah raga perhatian juga ikhlas.
  • Witanabe Saisuke, dingin, berjiwa seni dan menyukai tempat sunyi
  • Yoshinara Aikawa, ayah Keiko yang bijak dan tanggung jawab
  • Guru Yamamoto, baik, ramah dan bersemangat
  • Takahiro Kanichi, ramah, baik hati agak cemburuan dan sensitif
  • Ishikawa Hiroyuki, tegas, tampan, cerdas, peduli dan baik hati
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya
  • Alur

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel sakura wish ini yyaitu menggunakan alur maju atau progresif dari awal hingga akhir.

4. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel di kereta kecepatan tinggi, kota tua Kyoto, SMA Higashi, ruang guru, ruang kelas, lapangan basket, gerbang sekolah, rumah Naomi, Universitas Kyoto dan masih banyak lagi tempat lainnya.

5. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel sakura wish ini yaitu di pagi hari, sepulang sekolah, malam hari, subuh. Jam istirahat dan lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu sudut pandang orang ketiga yang serba tahu karena setiap cerita di sebutkan nama tokohnya.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel sakura wish ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan merupakan terjemahan dari bahsa Jepang yang cukup mudah dipahami.

8. Amanat

Jangan takut untuk memulai hidup yang baru dan selalu mencoba tersenyum sepahit apapun itu dan sebelum terlambat cinta pun harus diputuskan dari awal jangan sampai keraguan membawa penyesalan.

Unsur Ekstrinsik Novel Sakura Wish

Selain intrinsik tentunya kami akan jelaskan juga unsur ekstrinsik dan berikut penjelasan lengkapnya:

1.Nilai Sosial

Kita harus saling mengasihi, saling membantu, dan saling mendukung dengan orang-orang yang berada di sekitar kita.

2. Nilai Moral

Bersikap bijaklah dalam melakukan sesuatu dan jangan saling emnjatuhkan dan hormatilah kedua orang tua.

3. Nilai Agama

Cobalah menjalani hidup sekalipun dalam keadaan sulit dan tetap percaya bahwa semua akan indah pada waktu-Nya.

Kelebihan Novel Sakura Wish

Dan berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Sakura Wish diantaranya adalah:

  • Bukan hanya sekedar novel fiksi tentang kehidupan remaja
  • Gaya bahasa yang mudah dipahami oleh semua kalangan meski novel terjemahan
  • Alur cerita ringan dan mudah dipahami
  • Setiap tokoh memiliki karakter yang kuat
  • Banyak terdapat pesan moral di dalamnya

Kekurangan Novel Sakura Wish

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangannya dan berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh novel, diantaranya adalah:

  • Ada beberapa kata yang sering diulang
  • Dari segi konflik kurang greget dan sedikit sekali kata romantisnya
  • Alur ceritanya cukup klasik dan masih banyak digunakan
  • Endingnya cukup mudah digunakan

Pesan Moral Novel Sakura Wish

Novel ini mengajarkan kita tentang keikhlasan rasa kehilangan kecewa dan penyesalan bagaimana pun juga perjalanan hidup akan terus berlangsung dan jadikan masa lalu sebagai pembelajaran dan jangan sampai terjebak di masa lalu.

Dan seberapa pun besarnya kecewa dan tersakiti tidak akan lemah dan menyerah begitu saja, tetapi tetap mencoba bangkit dan terus menjalani kehidupan.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel sakura wish mulai dari identitas novel, sinopsis novel, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: