Resensi Novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai

Resensi Novel Senja Hujan dan Cerita yang Telah Usai

Resensi Novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai

Boy Candra memang tak pernah gagal membuat karya yang bikin pembaca kian baper. Contohnya Novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai. Sudah baca?

Resensi novel senja hujan dan cerita yang telah usai ini akan mengulas beberapa unsur penting didalamnya. Seperti identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik juga pesan moral.

Kelebihan juga kekurangan akan di sampaikan agar membantu kamu mengambil sikap untuk membeli buku ini atau tidak. Simak yuk!

Identitas Novel Senja Hujan dan Cerita yang Telah Usai

Judul NovelSenja Hujan dan cerita yang Telah Usai
PenulisBoy Candra
Jumlah halaman240 Halaman
Ukuran buku19×13 cm
PenerbitMedia Kita
KategoriNonfiksi
Tahun Terbit2015
Harga bukuRp. 55.000

Novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai merupakan novel dengan genre nonfiksi yang menceritakan masa lalu yang telah usai. Novel ini diterbitkan pada tahun 2015 dengan memiliki 240 Halaman.

Cerita yang disuguhkan benar-benar membuat pembaca akan merasa bahagia, kecewa dan juga terluka dengan pengungkapan kata-kata indah dan puitis di dalam novel tersebut.

Sinopsis Novel Senja Hujan dan Cerita yang Telah Usai

Resensi Novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai

Novel ini menceritakan pengalaman kisah perjalanan asmara dari Boy Candra. Dimulai dari jatuh cinta diam-diam, mencintai sahabat sendiri, lalu dikhianati, rindu mendua lalu diduakan dan hal pahit lainnya.

Segala persoalan saat menjalin hubungan di tuangkan di dalam novel ini. Merenung atas segala perasaan yang dulu pernah ada. Yang dikenang tentang bahagia atau tentang sia-sia.

Dan pengkhianatan dijadikan sebuah pelajaran berharga di masa depan. Dan hidup akan terus berjalan meski bukan bersamanya.

Tapi ingat sedihlah secukupnya, patah hatilah sesuai porsinya agar hidupmu tidak sia-sia. Dengan kata-kata yang puitis Boy Candra mampu meluapkan isi perasaannya dengan sempurna.

Sehingga imbasnya kita sebagai pembaca terhanyut oleh suasana yang dihadirkan dari curahan hatinya. Jika kamu ingin memiliki buku yang memiliki banyak rasa saat membacanya.

Buku Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai cocok untuk coba kamu baca.

Unsur Intrinsik Novel Senja Hujan dan Cerita yang Telah Usai

Dalam sebuah resensi novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai ini akan dibahas beberapa unsur intrinsik di dalamnya, yaitu:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai ini yaitu cerita cinta masa lalu yang telah selesai.

2. tokoh dan Penokohan

  • Aku (Penulis Boy Candra), tokoh utama yang menceritakan kisah percintaannya sendiri dalam hidupnya. Tokoh merupakan sosok yang suka mengenang masa lalu.
  • Seseorang yang dicintai penulis, memiliki sifat yang kurang dewasa dan kurang memahami kesibukan dari tokoh Aku.
  • Kekasih baru Aku, yaitu seseorang yang baru yang mampu membuat tokoh Aku merasa jatuh cinta kembali.

3. Alur

Alur yang digunakan dalam buku ini yaitu menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai yaitu menggunakan latar waktu pada waktu senja dan disaat hujan turun.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di sebuah sekolah.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu tokoh Aku yang sebagai tokohnya.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai ini gaya bahasa yang indah juga puitis, namun mudah dipahami tanpa kesan bertele-tele dan juga sederhana.

8. Amanat

Berikut amanat yang terkandung dalam novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai, diantaranya:

Jadikanlah masa lalu sebagai pelajaran berharga untuk kehidupan. Dan iklas dalam menjalani takdir. Karena sejatinya rizki, jodoh dan maut itu takdir Tuhan.

Jangan memaksakan diri jika merasa tidak nyaman. Dan jangan terlalu banyak menuntut kepada orang lain. memaafkan masa lalu dan memulailah kehidupan barumu.

Unsur Ekstrinsik Novel Senja Hujan dan Cerita yang Telah Usai

Ada pun berikut ini merupakan unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel Senja Hujan Dan Cerita Yang Telah Usai, yaitu:

1. Nilai Moral

Sikap bangkit dan mau memaafkan masa lalu merupakan sikap yang patut di contoh karena menaruh benci tidak akan membuatmu bahagia.

2. Nilai Sosial

Sebagai sesama manusia kita harus bisa memahami perasaan hati manusia lainnya.

Mengkhianati adalah hal yang sangat melukai hati. Sehingga jika ingin bertindak demikian sebaiknya di pikirkan terlebih dahulu.

Kelebihan Novel Senja Hujan dan Cerita yang Telah Usai

  • Banyak pesan moral yang tersimpan dalam novel salah satunya kita harus iklas dalam menjalani kisah hidup.
  • Banyak menyisipkan kata inspiratif (quotes) yang banyak di buku ini.
  • Cover yang sangat menarik dan sederhana tapi cantik.
  • Gaya bahasa yang mudah di pahami dan juga indah.

Kekurangan Novel Senja Hujan dan Cerita yang Telah Usai

  • Alur maju mundur dalam novel kadang membuat pembaca merasa kebingungan bagi yang belum terbiasa.
  • Penempatan Bab juga kurang tertata.
  • Penyusunan cerita tidak sesuai tanggal yang dituliskan pada bagian bawah cerita hal ini membuat bingung karena penataannya kurang sesuai denagn kronologisnya.

Pesan Moral Novel Senja Hujan dan Cerita yang Telah Usai

Terakhir dari sebuah resensi novel senja Hujan dan Cerita Yang Telah Usai adalah pesan moral yang terkandung didalamnya yaitu:

Jadikanlah masa lalu sebagai pelajaran berharga untuk kehidupan. Dan ikhlas dalam menjalani takdir. Karena sejatinya rizki, jodoh dan maut itu takdir Tuhan.

Jangan memaksakan diri jika merasa tidak nyaman. Dan jangan terlalu banyak menuntut kepada orang lain. memaafkan masa lalu dan memulailah kehidupan barumu.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: