Resensi Novel Serein; Sinopsis, Intrinsik, Ekstrinsik, Amanat

Bagi kamu yang suka dengan aplikasi Wattpad pastinya sudah tidak asing lagi dengan penulis bernama Ameylia Falensia dimana karya-karyanya selalu trending utama di aplikasi ini salah satunya novel Serein yang sudah lebih 12 juta kali di baca oleh pengguna Wattpad.

Dan kesempatan kali ini kami akan menjelaskan resensi novel Serein mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moralnya simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Serein

Judul NovelSerein
PenulisAmeylia Falensia
PenerbitCoconut Book
Ukuran Buku14 x 20 cm
Jumlah Halaman360 halaman
Tahun Terbit2022
KategoriFiksi
Harga BukuRp.99.000,-

Novel Serein ini telah lama di lirik penerbit karena sudah dibaca lebih dari 12 juta orang dan akhirnya di bukukan pada tahun 2022 oleh Coconut Book. Novel yang bergenre romantis percintaan remaja tetapi dibumbui isu cemburu.

Novel ini memiliki ketebalan yang mencapai 360 halaman dan akan membuat kamu merasa menjadi tokoh utama yang selalu merasa sial dan salah di mata keluarga dan kekasihnya.

Sinopsis Novel Serein

Novel Serein ini mengisahkan seorang gadis cantik bernama Ocha Tuleshova yaitu gadis berparas cantik yang baru saja masuk Sekolah Menengah Atas. Dan ia mengambil jurusan IPA di SMA Crinay Jaya.

Ocha merupakan anak bungsu yang memiliki 2 orang kakak. Kakak pertama adalah lelaki yang bernama Cakrawala, sedangkan, kakak keduanya yaitu bernama Violet. Ocha juga memiliki seorang kekasih bernama Langit.

Wajah cantik yang dimilikinya ternyata tidak menjadi jaminan bagi Ocha untuk dapat bebas dari hal-hal negatif termasuk penindasan. Dan memiliki kakak pun tidak menjamin ia bisa selamat dari semua hal itu.

Bahkan ironisnya, sang kakak menjadi salah satu kumpulan penindas yang selalu siap sedia untuk menyerang Ocha kapan pun dan dimana pun tidak mengenal waktu dan tempat.

Langit memang sangat mencinta Ocha dan sangat tergila-gila dengan Ocha pada saat pandangan pertama. Langit si pria manis itu selalu bisa membuat Ocha tersenyum bahagia. Langit adalah sosok pria yang baik dan mencintai semua orang yang ada di dekatnya.

Namun, ternyata hal itu menjadi sebuah bumerang tersendiri bagi Ocha Langit berada dalam genggaman tangan kakaknya sendiri yaitu Violet. Langit kekasihnya selalu mengantar Violet kemana pun dia mau.

Ocha sudah merasa biasa menjadi yang kedua dalam hubungannya dengan langit. Ketika Ocha sedang berjalan tiba-tiba ada motor dari arah belakang yang berhenti dan membunyikan klaksonnya dan ternyata itu adalah Cakra kakaknya.

Dan menanyakan kapan ia pulang karena Ocha selama ini ngontrak tapi Ocha menolak. Dan ia terus berjalan menuju kontrakannya. Ocha memejamkan matanya, dia kembali teringat dengan kejadian saat ia pulang.

Dan sikap Langit yang selalu membuat Ocha kecewa ia merasa di dunia ini sendirian dan rasanya sangat ingin menyerah. Lantas apa yang akan terjadi selanjutnya mengenai Ocha dengan hubungannya baik dengan kekasih atau juga keluarganya?

Yuk, simak kelanjutan kisahnya di novel Serein ya!

Unsur Intrinsik Novel Serein

Dalam resensi novel Serein kita bisa menemukan beberapa unsur intrinsik di dalamnya dan berikut beberapa unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Serein, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini adalah tentang percintaan dan juga tentang keluarga.

2. Tokoh dan penokohan

  • Ocha, ia merupakan gadis yang tersakiti oleh keluarganya, ia penyendiri, sangat cantik dan tidak memiliki banyak teman dan selalu di tindas
  • Langit, pria yang plin plan dan selalu menjadikan prioritas pacarnya yang kesekian
  • Cakra, kakak sulung Ocha yang sebetulnya sangat menyayangi tapi ego yang tinggi
  • Violet, kakak yang jahat dan iri dengan kecantikan Ocha
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur ayng digunakan dalam novel Serein ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Serein ini adalah sama seperti novel pada umumnya yaitu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel yaitu menggunakan latar tempat di SMA Crinay Jaya, di kantin, di lapangan, di jalan, di kontrakan dan masih banyak latar tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel Serein ini menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel Serein ini menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Penindasan adlah hal yang sangat berbahaya dan tampaknya memang sepeleseperti mengejek saja, tetapi itu seperti membunuh jiwa seseorang. Sebab mental seseorang dapat terganggu akibat ditindas.

Unsur Ekstrinsik Novel Serein

Dalam resensi novel Serein ini kami juga akan menjelaskan unsur ekstrinsik novel. Unsur ekstrinsik ini merupakan unsur pembangun yang berasal dari luar, dan berikut penjelasan lengkap mengenai novel Serein, diantaranya adalah:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel Serein ini adalah sikap Langit yang tidak mementingkan kekasihnya yang selalu ditindas menurutku ini adalah sikap yang sangat tidak patut di contoh.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung dalam novel ini adalah sikap Violet dan teman-temannya yang selalu menindas Ocha buka merupakan sikap seorang siswa yang baik karena itu harus di hindari dan dijauhi.

Kelebihan Novel Serein

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap sebuah karya pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan termasuk dalam sebuah novel, dimana novel ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah:

  • Novel ini merupakan novel best seller yang di tulis Ameylia dengan cukup mengalir
  • Alurnya sedang tidak terlalu cepat dan tidak juga terlalu lambat
  • Kisah Serein ini juga merupakan kisah yang ringan tetapi ide ceritanya menarik
  • Konflik yang disajikan terbilang cukup berani, karena menyinggung penindasan dan konflik keluarga
  • Karakter yang dibangun juga tergambar cukup baik seperti Ocha yang penyabar, Violet yang dominan dan Langit yang penyayang
  • Tidak hanay percintaan remaja tapi juga tentang kekeluargaan dan moral

Kekurangan Novel Serein

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah:

  • Ada beberapa kesalahan umum di penulisan ini juga ditemukan
  • Cerita dengan konflik yang klasik dan mudah ditebak endingnya

Pesan Moral Novel Serein

Penindasan itu berbahaya karena bisa mengganggu kejiwaan seseorang. Seorang yang ditindas akan mempertanyakan dirinya sendiri, apakah sebenarnya dirinya berharga atau tidak. Maka dari itu hindari tindak bullying atau penindasan karena sangat merugikan.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai resensi novel Serein mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: