Resensi Novel Setelah Kita Berpisah Lengkap

Resensi novel setelah kita berpisah ini akan membeberkan beberapa hal penting harus kalian ketahui dalam novel ini. Seperti mengenai identitas novel, sinopsis novel, unsur intrinsik, ekstrinsik, kekurangan maupun kelebihan dari novel ini.

1 Fashion murah

Resensi ini juga akan sangat berguna bagi bahan pertimbangan kalian untuk memilih membeli atau tidaknya novel ini. Dan sebaiknya kalian membaca terlebih daluhu resensi novel ini.

fashion muslim murah

Identitas Novel Setelah Kita Berpisah

Judul NovelSetelah Kita Berpisah
PenulisIna Shalsabila
PenerbitKBM dan Wattpad
Jumlah Halaman
Ukuran Buku
KategoriNovel Dewasa
Tahun Terbit2020
Harga Buku

Novel setelah kita berpisah ini adalah karya Ina Shalsabila yang ditulis di KBM.  Yang diterbitkan pada tanggal 22 September 2020. Novel ini berisi 87 Bab. Novel ini harus dibaca bagi yang sudah menikah atau 17 tahun ke atas.

Sinopsis Novel Setelah Kita Berpisah

Novel setelah kita berpisah ini menceritakan tentang kisah seorang istri bernama Alina yang tiba-tiba di talak. “ini uang gajiku selama sebulan penuh, kuberikan semuanya tanpa sisa. Janji jangan minta lagi. Sebab, ini nafkah terakhir yang aku berikan.”

Itu kata-kata yang keluar dari mulut seorang suami yang bernama Fatih. Tak ada yang bisa menarik kata-kata itu di tengah suasana yang sebelumnya terlihat biasa saja.  Meluncur bak anak panah yang terlepas dari busurnya.

Alina merasa tak mampu menopang bobot tubunhya. Semula duduk di tepi ranjang, perlahan meluruh ke lantai. Alina bertanya apa kesalahan yang telah ia perbuat, sehingga ia menerima kenyataan sepahit itu.

1 Fashion murah

Setelah meninggalkan Alina, kecurangan Fatih amat sangat tidak pantas. Ia memilih wanita lain bernama Anita yang tak lain adalah saudara Alina untuk menemaninya. Dia tak menyangka jika ia akan menempatkan dirinya di posisi yang sulit.

Berpisah dengan Alina jelas bukan keputusan yang mudah, kemudian beralih pada Anita juga bukan keputusan yang mudah jika berpikir waras, dan Fatih abai akan hal itu. Anita dan Alina adalah saudara tetapi bukan saudara kandung.

Alina merasa bingung. Dia berpikir bahwa jika hidup seorang diri, maka akan mudah bagi Alina untuk melanjutkan hidup tanpa melihat kebelakang. Namun, di rahimnya kini telah menetap janin dari buah cintanya dengan Fatih.

Tidak ada yang lebih menyakitkan saat melihat seseorang yang sangat kita rindukan berada dalam jangkauan, tetapi terasa sangat jauh. Itu yang di rasakan Alina. Pasrah, itulah cara yang bisa di lakukan Alina.

Sekuat apapun menahan rasa sakit, tetap tidak bisa membelokkan kenyataan bahwa Fatih dan Anita telah mengkhianatinya. Perih yang tak terkira, membuat tubuh Alina lemah.

Ternyata kenyataan tak bisa di singkirkan, yang lalu biarlah berlalu. Nasi yang sudah menjadi bubur tidak akan bisa utuh kembali. Alina akhirnya harus menerima kenyataan dengan lapang dada.

1 Fashion murah

Alina mencoba berjuang, meskipun banyak gosip yang beredar bahwa Alina adalah janda berbadan dua. Alina tetap sabar dan terus berjuang sampai kapanpun. Dia harus tetap kuat.

Unsur Intrinsik Novel Setelah Kita Berpisah

Dalam resensi novel setelah kita berpisah kami juga jelaskan unsur intrinsik di dalamnya, berikut penjelasannya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam cerita ini adalah kisah percintaan sepasang suami istri yang mendapat talak dari sang suami secara tiba-tiba. Dan adanya orang ketiga yang tak lain adalah saudara Alina sendiri.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Alina, adalah istri dari Fatih yang ditalak secara tiba-tiba usai memberi nafkah bulanan terakhir yang Fatih berikan dan langsung menalaknya. Wanita sabar, kuat menghadapi cobaan
  • Fatih, suami Alina yang menalak Alina. Suami yang egois, mau menang sendiri, dan curang. Tapi kadang suka merindukan Alina
  • Anita, adalah saudara Alina tapi bukan saudara kandung yang tega mengkhianati Alina. Dan Fatih lebih memilih Anita

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel setelah kita berpisah ini adalah alur maju-mundur atau alur campuran. Karena menceritakan awal di selingi kembali ke masa lalu.

4. Latar waktu

Waktu yang dikisahkan dalam cerita tersebut adalah pada pagi hari, siang hari, dini hari, sore hari dan malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan adalah di rumah, kamar, kamar mandi, apartemen, sebuah gedung, kantor, ruang kerja, ruang makan, tempat parkir kendaraan

1 Fashion murah

6. Sudut Pandang

Sudut pandang dalam novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari jadi sangat mudah dimengerti dan mudah dipahami. Hal ini dapat membuat pembaca mudah dan nyaman untuk membacanya.

8. Amanat

Jangan menganggap rendah seorang wanita, bagaimanapun seorang istri adalah teman hidup yang setia apabila kita bisa menghargainya. Dan jangan akibat keegoisan kita, kita harus meninggalkan orang yang menyayangi kita.

Sayangilah istrimu, dan jangan pernah kau khianati atau membuatnya kecewa. Karena pada akhirnya kita akan merasa bersalah dan merasa rindu atas apa yang telah hilang dari hidup kita.

Unsur Ekstrinsik Novel Setelah Kita Berpisah

1.Nilai Sosial

Nilai sosial dalam novel ini yaitu saling memaafkan ketika kita melakukan kesalahan, saling menghargai.

2. Nilai moral

Nilai moralnya adalah selalu peduli terhadap orang yang bersama kita, menjadi seseorang yang penyayang, penyabar dan kuat.

1 Fashion murah

Kelebihan Novel Setelah Kita Berpisah

Kelebihan dari novel setelah kita berpisah ini adalah pembawaan cerita yang begitu menguras air mata. Karena kisah nya sangat nampak di kehidupan nyata. Dan tak sedikit banyak pesan-pesan yang dapat kita ambil hikmahnya.

Membuat pembaca merasa terbawa suasana, dengan konflik yang begitu di bikin greget oleh penulis. Sehingga pembaca merasakan apa yang dirasakan Alina di cerita tersebut.

Kekurangan Novel Setelah Kita Berpisah

Kekurangan dari novel setelah kita berpisah ini adalah ada beberapa penulisan kata yang salah, tapi itu tidak membuat pembaca merasa kebingungan atas kesalahan itu karena bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari.

Cerita konflik yang bertele-tele, sehingga pembaca harus menunggu dan tidak bisa menebak apa kelanjutannya.

Pesan Moral Novel Setelah Kita Berpisah

Sekecil apapun kesalahan seseorang apalagi seorang istri jangan dijadikan alasan untuk mencari wanita lain atau hanya karena bosan lebih memilih menghindar dan mencari yang lain.

Cintai orang yang saat ini bersama kita, karena kedepannya belum tentu akan mendapatkan seperti yang kita punya saat ini. Tetap sabar apapun yang terjadi, berlapang dada lah karena mungkin Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

1 Fashion murah

Akhir Kata

demikian penjelasan mengenai resensi novel setelah kita berpisah mulai dari identitas, sinopsis, intrinsik hingga pesan moral yang terkandung di dalamnya yang perlu kamu ketahui. semoga bermanfaat ya!

Artikel Menarik Lainnya: