Resensi Novel Solo Laveling 1 Lengkap

Resensi Novel Solo Laveling 1 Lengkap

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Bagi kamu yang suka dengan novel bergenre aksi fantasi sebaiknya kamu coba baca dulu novel Solo Laveling 1 yang akan kami jelaskan resensi novel Solo Laveling ini secara lengkap di artikel ini.

Dimana dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangan serta pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Identitas Novel Solo Laveling

Judul NovelSolo Laveling
PenulisChugong
PenerbitD&C Media
Jumlah halaman520 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi Aksi Fantasi
Tahun Terbit2022
Harga BukuRp.110.000,-

Komik Solo Laveling adalah webtoon asal Korea Selatan yang bergenre laga fantasi dan diterbitkan oleh D&C Medial. Solo Laveling awalnya merupakan novel seri Korea yang di tulis Chugong. Novel ini mulai diterbitkan ke dalam bentuk novel ringan oleh media cetak tersebut dengan ketebalan 520 halaman.

Sinopsis Novel Solo Laveling

Tokoh utama dalam resensi novel Solo Laveling ini adalah bernama Sung Jin-woo. Yang pada awalnya dia merupakan seorang hunter level E yang terkenal paling lemah bahkan di antara sesama level E.

Jin woo dihadapkan pada kesempatan sekali seumur hidup ketika ia terpilih sebagai “player” oleh program magis yang disebut “sistem” dan mendapatkan kemampuan unik yang tidak dimiliki oleh hunter biasa.

Yaitu kemampuan mengembangkan kekuatan tanpa batas. Dengan memanfaatkan kemampuan baru yang diberikan kepadanya oleh sistem. Akhirnya Jin Woo bisa bangkit dari hunter terlemah menjadi hunter terhebat sepanjang sejarah umat manusia.

Namun, dia kemudian mendapati dirinya terjebak dalam perang tiada akhir antara penguasa dan para raja, dua ras makhluk humanoid terkuat yang memiliki agenda masing-masing atau umat manusia bumi.

Awal mula terjadinya perang adalah ketika dunia diserang monster dan munculah hunter untuk menyerang monster-monster itu. Dan dikalangan hunter ada yang disebut hunter terlemah di dunia.

Dan itulah julukan Jin Woo sebelumnya. Masuk rumah sakit adalah kebiasaannya setelah masuk ek dungeon. Dan suatu hari saat melakukan raid.

Suatu peristiwa tragis menimpanya. Dan hampir saja merenggut nyawanya dan saat sadar kehidupannya berubah dan ia terpilih menjadi Seong Jin Woo dan merupakan hunter terkuat di dunia.

Ada juga Yoo Jin Ho dia adalah hunter level D asal Korea Selatan dan merupakan sahabat dari Jin Woo dan ia merupakan berasal dari keluarga yang sangat kaya raya.

Dan akhirnya ia menjadi wakil master di guild milik Jin Woo setelah ia berhasil meyakinkan Jin Woo dengan kesetiaan dan komitmen.

Jin Ho juga membangun hubungan layaknya kakak adik dengan Jin Woo oleh karena hubungan dengan kakak kandungnya merengang. Jin Ho memiliki kebiasaan aneh, yaitu memakai baju besi yang sangat mewah dan mahal.

Sedangkan Sung Jin Ah merupakan adik kandung Jin Woo dia buka seorang hunter melainkan seorang siswi SMA biasa saja. banyak teman dan hunter lainnya yang sama-sama melawan monster. Yaitu ada Baek Yoon Ho, Choi Jong in, Go Gun Hee, Woo Jin chul dan masih banyak lagi hunter lainnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai cerita perjuangan Jin Woo kamu bisa baca langsung kisahnya di buku novelnya Solo Laveling 1 ya!

Unsur Intrinsik Novel Solo Laveling 1

Dalam resensi novel Solo Laveling 1 akan kami coba bahas beberapa unsur intrinsik novel yang perlu kamu pahami dan berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel Solo Laveling adalah petualangan hunter bertarung dengan para monster.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Sung Jin Woo, ia merupakan seorang hunter terlemah yang terpilih oleh sistem dan menjadi hunter terhebat sepanjang sejarah
  • Yoo Jin Ho, ia merupakan sahabat Jin Woo yang baik, setia dan berkomitmen
  • Sung Jin Ah, ia merupakan sissi SMA biasa yang merupakkan adik kandung dari Jin Woo
  • Cha Hae In, merupakan seorang hunter levell S asal Korea dan satu-satunya hunter wanita berlevel S di negara tersebut. Dan memiliki penciuman yang sangat tajam termasuk mengenali hunter lainnya
  • Baek Yoon ho, Seorang hunter level S yang memiliki sihir transformasi dan merupakan master dari guild Baekho
  • Dan masih banyak tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Solo Laveling ini yaitu menggunakan alur campura dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novelnya.

4. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di Korea Selatan.

5. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel Solo Laveling 1 ini adlaah di pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novvel Solo Laveling ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Jangan berputus asa dmei kebaikan karena semua pasti akan indah pada waktu yang tepat seperi Suh Jin Woo yang selalu kalah di awal tapi jadi hunter terkuat sepanjang masa sekarang ini.

Unsur Ekstrinsik Novel Solo Laveling 1

Dalam resensi novel Solo Laveling 1 ini selain unsur intrinsik kamu juga perlu unsur ekstrinsik untuk kamu ketahui dan berikut beberapa unsur ekstrinsik di dalamnya yaitu

1. Nilai Sosial

Sikap Jin Woo yang menjadi hunter karena harus membiayai ibunya yang masuk rumah sakit akhirnya bisa membuahkan hasil yang ia sudha jadi hunter di jalan dan itu sangat baik untuk di contoh.

2. Nilai Moral

Sikap Jin Woo yang tidak sombong meskipun ia memiliki kekuatan dan kemampuan berbeda tidak membuatnya rendah diri dan terus memberikan kebaikan.

Kelebihan Novel Solo Laveling 1

Seperti yang telah kita ketahui bahwa setiap novel memiliki kelebihan dan juga kekurangannya dan berikut beberapa kelebihan yang perlu kamu miliki, diantaranya adalah:

  • Novel ini memiliki alur cerita yang menarik dan membuat pembaca terus penasaran dengan kisah selanjutnya
  • Novel ini memiliki gaya basaha yang mudah dipahami oleh semua kalanggan
  • Latar tempat dan suasana yang diceritakan dalam novel ini sangat detail

Kekurangan Novel Solo Laveling 1

Selain kelebihan berikut kekurangannya yaitu:

  • Beberapa tyfi di bagian tulisan
  • Novel ini memiliki banyak pemain jadi tidak mudah untuk dihapal

Pesan Moral Novel Solo Laveling 1

Menjadi petarung bukan hanya membutuhkan kekuatan yang luar biasa tapi juga harus memiliki strategi sehingga bisa mengalahkan lawan dengan mudah.

Akhir kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel Solo Laveling mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, esktrinsik hingga kelebihan dan juga kekurangannya semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat ya!

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: