Resensi Novel Sunshine Becomes You: Sinopsis & Intrinsik

Novel sunshine becomes you ini merupakan sebuah karya dari Ilana Tan. Yang mengisahkan kisah percintaan romantis yang akan membuat kamu baper.

Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai novel ini. Kamu bisa baca dulu resensi novel sunshine becomes you di artikel ini.

Mulai dari intrinsik, ekstrinsik, kelebihan dan kekurangan hingga pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut akan di bahas. Yuk, baca resensinya ya di bawah ini!

Identitas Novel

Judul NovelSunshine Becomes You
PenulisIlana Tan
Jumlah halaman432 halaman
Ukuran buku13,5×20 cm
PenerbitPT. Gramedia Pustaka Utama
KategoriFiksi Romance
Tahun Terbit2012
Harga novelRp. 65.000

Novel sunshine becomes you ini merupakan sebuah karya dari Ilana Tan yang diterbitkan pada tahun 2012 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama.

Novel ini memiliki ketebalan mencapai 432 halaman dan dibandrol dengan Rp. 65.000an saja.

Sinopsis Novel Sunshine Becomes You

Novel ini menceritakan Alex Hirano yang merasa tidak ada yang istimewa dalam hidupnya. Aktivitasnya hanya berputar dari musik dan pianonya.

Tapi itu semua berubah sejak ia bertemu dengan gadis yang diceritakan Ray Hirano sebagai gadis yang disukainya.

Mia Clark, sejak pertama kali bertemu Alex sudah merasa gadis itu bencana untuknya seperti malaikat kegelapan yang kapan pun dapat melukainya.

Apa yang dikatakan Alex bukan tanpa alasan. Mia clark sudah membuat tangan kirinya menjadi tak berfungsi di pertemuan pertama mereka. Dengan menjatuhkan diri atas tangga dan menimpa Alex.

Entah takdir seperti apa yang mengikat Alex dan Mia, yang pasti sejak saat itu Alex tidak pernah menyukai Mia, dia selalu merasa gadis itu bisa melukainya kapan saja.

Alex tak peduli adiknya memiliki perasaan istimewa seperti apa untuk gadis itu.

Yang jelas baginya jauh-jauh dari gadis itu yang membuat semua rencana konsernya berantakan dengan mencedrai tangannya adalah pilihan yang terbaik.

Namun, harapan Alex untuk menjauhkan diri dari Mia yang belakangan dia juluki sebagai “malaikat kegelapan” itu sirna. Mia yang merasa bersalah sudah mencedrai tangan Alex yang seorang vianis.

Sehingga ia terus menawarkan bantuan sebagai tangan kirimu. Alex langsung menolak karena ia menganggap akan lebih parah jika dengan gadis itu.

Tapi, segala kerepotan dan kesusahannya menggunakan satu tangan akhirnya ia membutuhkan bantuan Mia juga dan Alex mulai menempatkan Mia sebagai pesuruh dan pembantu rumah tangga.

Dan seiring berjalannya waktu Alex menyukai senyum gadis itu, pelan-pelan mulai tergantung pada Mia, dan ia merasa Mia sangat penting untuknya. Dan ia mulai bersaing dengan adiknya Ray.

Akankah Alex mampu mendapatkan hati Mia, ternyata di balik senyum itu terdapat fakta menyakitkan yang harus Alex hadapi. Akankah Alex mampu menghadapinya?

Unsur Intrinsik Novel

Dalam resensi novel sunshine becomes you terdapat unsur intrinsik di dalamnya yang mungkin belum kamu ketahui. Diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat yaitu tentang kisah percintaan romantis dari Alex dan Mia.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Alex Hirano, ia merupakan sosok yang tegar, tidak mudah putus asa, pekerja keras dan penyayang
  • Mia Clark, ia sosok yang baik hati, lemah, pekerja keras, tabah dan tidak mudah putus asa
  • Ray Hirano, ia merupakan sosok yang penyabar, tidak mudah ptus asa, baik hati dan ikhlas
  • Dan masih banyak lagi tokoh tambahan lainnya

3. Alur

Alur digunakan alur mamju atau progresif. Dimana cerita dari awal hingga akhir diceritakan secara teratur dan runtut.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, dam juga malam hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel yaitu menggunakan latar tempat di apartemen Alex, rumah sakit dan juga panggung juga masih banyak lagi latar tempat lainnya.

6. Sudut Pandang

Menggunakan sudut pandang orang ketiga yangs erba tahu karena penulis menuliskan cerita dengan naman tokoh masing-masing.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu bahasa yang mudah dipahami dan ringan. Sehingga bisa dibaca oleh semua kalangan.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel sunshine becomes you yaitu kita harus memperjuangkan apa yang dicita-citakan.

Selain itu, juga harus bisa menerima kenyataan yang ada serta mensyukuri apa yang sudah diberikan oleh Tuhan.

Dan tetaplah semangat dan jangan putus asa. Setiap cobaan pasti ada jalan keluar dan tabahlah dalam menghadapi segala ujian.

Unsur Ekstrinsik Novel

Berikut merupakan unsur ekstrinsik novel, yaitu:

1. Nilai Sosial

Mia yang tidak sengaja membuat tangan Alex terluka dan berusaha menebus semua kesalahannya dengan menjadi pesuruh di apartemen Alex.

Itu merupakan bentuk tanggung jawab dan peduli terhadap orang lain.

2. Nilai Moral

Ray yang mengalah karena tahu pujaan hatinya lebih memilih kakaknya untuk mendampingi di sisa-sisa terakhir hidupnya. Ia rela dan ikhlas.

Kelebihan Novel

  • Novel ini mengajarkan arti dari kesabaran dan ketabahan
  • Mengisahkan cinta sejati yang membuat baper pembaca
  • Bahasa yang ringan dan mudah dipahami

Kekurangan Novel

Secara keseluruhan novel ini cukup bagus dari segi alur, cover juga latar dan gaya bahasa. Hanya saja tokoh Ray terlalu datar dan kurang greget. Selebihnya novel ini sangat mengharukan akan kisahnya.

Pesan Moral Novel Sunshine Becomes You

Terakhir dari resensi novel sunshine becomes you terdapat pesan moral di dalmnya yaitu:

Kita harus memperjuangkan apa yang dicita-citakan. Selain itu, juga harus bisa menerima kenyataan yang ada serta mensyukuri apa yang sudah diberikan oleh Tuhan.

Dan tetaplah semangat dan jangan putus asa. Setiap cobaan pasti ada jalan keluar dan tabahlah dalam menghadapi segala ujian.

Artikel Menarik Lainnya: