Resensi Novel Supernova Akar: Sinopsis, Intrinsik & Amanat

Novel ini merupakan kelanjutan dari supernova pertama karya De Lestari. Novel ini mengisahkan tokoh utama Bodhi yang harus bertahan dengan keteguhan tentang kepercayaanya dan pedoman hidupnya.

1 Fashion murah

Jika kamu ingin mengetahui isi buku ini lebih dalam. Kamu bisa baca dulu resensi novel supernova akar di artikel ini. Karena akan di jelaskan secara lengkap mengenai unsur pentingnya.

fashion muslim murah

Seperti identitas, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik hingga pesan moral yang terkandung dalam novel tersebut. Yuk di simak ya

Identitas Novel

Judul NovelSupernova: Akar
PenulisDewi Lestari Mangonsong
Jumlah Halaman231 halaman
Ukuran Buku21×13,5 cm
PenerbitPT. Truedee Books
KategoriFiksi
Tahun Terbit2001
Harga BukuRp. 35.000

Noovel Supernova: Akar ini merupakan sebuah karya dari Dee Lestari yang mulai diterbitkan pada tahun 2001 oleh PT. Truedee Books dan buku ini memiliki ketebalan 231 halaman dan ukuran 21×13,5 cm.

Sinopsis Novel Supernova Akar

Novel supernova akar ini mengisahkan seorang tokoh Bodhi yang terlahir sebagai yatim piatu. Dan dia dibesarkan oleh Guru Liong di Vihara di daerah Pasuruan, Jawa Timur.

Pada saat umurnya sudah menginjak 18 tahun, Bodhi berniat untuk mencari kesejatian hidupnya petualangannya di mulai ketika Bodhi menjadi seorang cleaning service di sebuah hotel Belawan.

1 Fashion murah

Berbekal Paspor made in Ompung backpacker, Bodhi bisa pergi ke Bangkok. Dan ia tinggal di penginapan Srinthip dan di sana ia bertemu dengan Kell.

Dan Kell ini mengajari Bodhi bagaimana cara mentato seseorang.
Dan dari mentato itulah Bodhi akhirnya bisa mendapatkan uang.

Seorang backpacker dari Hollywood bernama Star datang untuk menginap di Srintip. Star meminta Bodhi untuk mentato dirinya di payudaranya.

Dalam proses pentatoan payudara Star, Star selalu berusaha menggoda Bodhi. Dan Bodhi selalu membaca mantra suci dalam hatinya untuk menahan godaan setan.

Setelah itu, Star langsung chek out dari Srintip. Bodhi melanjutkan perjalanan pencarian kesejatian hidupnya. Kali ini dia pergi ke Laos. Di Laos, Bodhi bertemu dengan seorang laki-laki pengasuh Bob Marley.

Selain Bodhi juga bertemu dengan Tristan dan mereka berdua bekerja di ladang ganja di Golden Triangel dengan upah USD 700 perminggu.

1 Fashion murah

Sekian bulan di sana Bodhi memiliki cukup uang untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya.

Bodhi ingin bertemu dengan Kell. Dia memutuskan untuk kembali ke Bangkok tapi sayangnya dia tidak menemukan Kell.

Bodhi terdampar di sebuah pertarungan di Golden Triangel hanya demi menolong laki-laki yang telah menyelamatkannya dari teror Khmer Merah.

Lalu setelah itu, Bodhi melanjutkan perjalanannya kembali. Kali ini Bodhi sedang menyusuri daratan ranjau. Dan di sana ia bertemu dengan Epona, gadis penakluk ranjau. Disana pula dia bertemu dengan Kell.

Ketika peralatan pendeteksi ranjau perlu di reparasi. Epona, Kell, Neang dan Bodhi pergi ke Batambang, sebelum itu, sebelum itu mereka mampir ke tempat Michael.

Ketika Kell ingin buang air kecil, tidak sengaja dia menginjak ranjau. Bukan malah memikirkan keselamatannya Kell malah meminta bodhi untuk mentatonya.

1 Fashion murah

Dan setelah Bodhi selesai mentatonya Kell malah menghembuskan nafas terakhirnya.

Unsur Intrinsik Novel

Dalam resensi novel supernova akar ini terdapat unsur intrinsik novel yang cukup menarik untuk di kaji, berikut di antaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel supernova akar ini yaitu petualangan pencarian kesejatian hidup yang hakiki dan berpetualang menjadi backpacker.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Bodhi, yaitu memiliki perwatakan mudah putus asa, mau berusaha dan belajar serta tidak mudah tergoda sesuatu yang tidak baik
  • Star, ia seorang wanita cantik dari Hollywood, seksi, tidak bisa di percaya
  • Guru Liang, ia tokoh pendukung yang sabar, baik, dan rendah hati
  • Kell, pria berussia 35 tahunan yang tampan, suka berpetualang, humoris, sabar, baik, kreatif dan mudah bergaul.
  • Tristan, baik dan suka mendukung Bodhi

3. Alur

Menggunakan alur campuran terdapat alur maju dan alur mundur di dalamnya.

4. Latar Waktu

Yaitu pagi hari, subuh esok hari, bulan ke enam, malam hari, lewat tengah malam,dan sore hari.

5. Latar Tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel Supernova Akar ini yaitu di Jakarta, Bandung, Medan dan Surabaya, Malaysia, Bangkok, Laos, Golden Triangel, dan masih banyak lagi lainnya.

1 Fashion murah

6. Sudut Pandang

Menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan ada beberapa bahasa asing namun masih cukup bisa dipahami oleh semua kalangan.

8. Amanat

Yaitu carilah kesejatian hidup yang hakiki jangan pernah gentar akan masalah yang dihadapi dan berpegang teguhlah pada keyakinan, dan kita akan dilindungi oleh Tuhan.

Unsur Ekstrinsik Novel

Berikut merupakan unsur ekstrinsik novel, yaitu:

1. Latar Belakang Pengarang

Dewi Lestari Simangunsong ini lebih akrab di panggil Dee ia merupakan seorang penulis, penyanyi dan seorang lulusan Ilmu Hubungan Internasional. ia lahir di Bandung 20 Januari 1976.

Sudah kurang lebih 18 buku yang ia terbitkan dan termasuk seri supernova ini sudah mencapai ke seri 6.

1 Fashion murah

2. Nilai Moral

Sikap Bodhi yang teguh akan kayakinannya dalam mencari jati diri itu sangat patut diacungi jempol ia tidak mudah tergoda.

Kelebihan Novel

  • Novel ini memiliki alur yang mudah diikuti
  • Banyak pesan moral di dalamnya

Kekurangan Novel

  • Tidak cocok untuk anak di bawah umur
  • Ada banyak bahasa asing yang kurang di mengerti

Pesan Moral Novel Supernova Akar

Terakhir dari resensi novel supernova akar terdapat pesan moralnya yaitu:

Yaitu carilah kesejatian hidup yang hakiki jangan pernah gentar akan masalah yang dihadapi dan berpegang teguhlah pada keyakinan, dan kita akan dilindungi oleh Tuhan.

Artikel Menarik Lainnya: