Resensi Novel The Most Wanted

Nah, bagi kamu yang menyukai kisah percintaan romantis anak-anak SMA kamu bisa coba baca novel karya Meitiya yang berjudul the most wanted. Novel ini mengisahkan kisah percintaan remaja dari Vanya dan Vanno yang cukup unik dan menarik.

Dalam resensi novel the most wanted kami akan jelaskan mulai dari identitas novel, sinopsis, intrinsik, ekstrinsik, kekurangan dan kelebihan hingga pesan moral yang terkandung di dalam novel tersebut.

Identitas Novel The Most Wanted

Judul NovelThe Most Wanted
PenulisMeitiya
PenerbitPT. Bumi Semesta Media
Jumlah Halaman208 halaman
Ukuran Buku13×19 cm
KategoriFiksi
Tahun Terbit2017
Harga BukuRp.30.000,-

The most wanted ini merupakan salah satu karya dari Meitiya seorang penulis muda yang merupakan kelahiran 2001. Dan the most wanted ini adalah karya pertama yang berhasil ia terbitkan.

Buku ini mulai diterbitkan pada tahun 2017 oleh PT.Bumi Semesta Media dan buku ini memiliki ketebalan mencapai 2018 halaman serta ukuran buku sekitar 19×20 cm.

Sinopsis Novel The Most Wanted

Dalam resensi novel the most wanted ini akan kami jelaskan juga sinopsis dari novel tersebut. Dimana sinopsis ini akan membantu kamu semakin memahami apa isi dari novel ini secara garis besar.

Novel ini berkisah tentang Vanya Calista gadis cantik yang baru pertama kalinya menginjak kan ke sekolah barunya. Di hari pertamanya di sekolah ia harus melakukan MOS atau Masa Orientasi Siswa.

Ia diantarkan oleh ayahnya, karena ia tidak mungkin berangkat bersama kakaknya Nata, karena kakaknya itu anggota OSIS disekolahnya itu. Sesampai di sekolahan baru Vanya ia langsung mendapatkan teman baru ia adalah Dania, dan kebetulan mereka berdua itu satu kelompok.

Di hari pertamanya itu Vanya kagum pada satu kakak kelasnya, dia adalah ketua OSIS di sekolah tersebut dan namanya Vanno ia sangat lah tampan, pintar dan tegas tapi sayang menurut Vanya dia tidak sebaik yang ia kira.

Ternyata Vanno itu orangnya cuek, dingin dan keras kepala. Vanno yang geram melihat tingkah laku Vanya ia menghukumnya, untuk berlari memutari lapangan sebanyak 10 kali tetapi saat putaran ke empat ia pingsan.

Vanno yang melihat itu langsung berlari dan menolong Vanya dan membawanya ke UKS. Dan di dalam UKS Vanno tertarik kepada Vanya, kenapa tidak? Vanya sangat lah cantik. Setelah Vanya terbangun ia ditunjuk oleh kelompoknya untuk menampilkan bakat.

Dan ia segera naik ke panggung dan bernyanyi sambil bermain piano di sana, alunan piano yang bisa menghipnotis semua peserta, dan suaranya yang bisa menghipnotis para panitianya.

Nata sangat bangga mempunyai adik seperti Vanya ia tak hanya cantik tetapi ia juga sangatlah pintar bermain piano dan juga suara emasnya yang begitu merdu.

Setelah masa MOS berakhir Vanno melihat Vanya yang sedang menunggu kakaknya itu berhenti, Vanno menawarkan tumpangan, tetapi Vanya menolaknya. Tapi, dengan geram Vanno menariknya ke dalam mobil.

Dan saat sampai rumah Vanno, ia berkata bahwa hari ini juga Vanya adalah pacarnya dan Vanno mengancam Vanya jika menolaknya. Dan esoknya Vanno mengungkapkan hubungan mereka di semua orang di sekolah.

Sehingga hal tersebut Vanya mendapatkan bulian dari teman-temannya yang menyukai Vanno, lantas apa yang akan terjadi selanjutnya? kamu bisa simak kisah mereka di novel the most wanted  secara langsung ya!

Unsur Intrinsik Novel The Most Wanted

Dalam resensi novel the most wanted kami juga akan menjelaskan unsur intrinsik di dalam novel tersebut dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu tentang kisah percintaan remaja SMA yang bernama Vanno dan Vanya serta keluarga dan juga persahabatan.

2. Tokoh dan penokohan

  • Vanno, ia merupakan ketua OSIS yang tampan, pintar tapi keras kepala, cuek dan pemarah
  • Vanya, ai merupakan gadis cantik yang cerdas dan juga memiliki bakat bermain viano
  • Darel, sahabat Vanya yang selalu ada di samping Vanya dan selalu membantunya
  • Nata, ia merupakan kakak Vanya yang sangat menyayangi Vanya
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel the most wanted ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur di dalam novel tersebut.

4. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar waktu pagi hari, siang hari dan juga malam hari.

5. Latar tempat

Latar tempat yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan latar tempat di sekolah, di wc, di rumah, di mobil, di kantin, di UKS dan masih banyak lagi tempat lainnya.

6. Sudut pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel the most wanted ini yaitu menggunakan sudut pandang orang ketiga yang serba tahu.

7. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh semua kalangan dan sangat cocok untuk di baca oleh kalangan remaja.

8. Amanat

Amanat yang terkandung dalam novel ini adalah pikirkanlah dalam mengambil keputusan bukan karena hanya perasaan emosi sesaat kamu melukai orang yang kamu sayang dan membuat kamu menyesal.

Unsur Ekstrinsik Novel The Most Wanted

Selain unsur intrinsik dalam resensi novel the most wanted ini akan kami jelaskan juga unsur ekstrinsik di dalamnya, dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini adalah sikap Darel yang selalu membantu Vanya saat dalam kesusahan itu merupakan sahabat yang baik dan juga perhatian.

2. Nilai Moral

Nilai moral yang terkandung adalah teman-teman Vanya yang membuli Vanya ini adalah tindakan yang tidak baik dan harus di hindari.

Kelebihan Novel Teh Most Wanted

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh novel the most wanted, diantaranya adalah:

  • Buku novel ini sangat menarik untuk diikuti
  • Alurnya yang sederhana dan mudah dipahami
  • Setiap karakter memiliki karakter yang unik dan seimbang
  • Bahasa yang digunakan ringan dan mudah dipahami

Kekurangan Novel The Most Wanted

Selain kelebihan novel ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Masih ditemukannya beberapa kata yang salah atau tyfo
  • Bahasanya kadang ada yang alay dan membuat pembaca bosan
  • Dan penyebutan nama yang salah sehingga membuat bingung

Pesan Moral Novel The Most Wanted

Novel ini mengajarkan kita untuk membangun hubungan dengan komunikasi yang baik dan putuskanlah sesuatu dengan pertimbangan yang matang jangan mengutamakan emosi saja.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel the most wanted yang perlu kamu pahami dimana novel ini sangat cocok di baca para remaja SMA.

Artikel Menarik Lainnya: