Resensi Novel Ubur Ubur Lembur Paling Lengkap

Resensi Novel Ubur Ubur Lembur Paling Lengkap

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Pastinya jika kamu mendengar nama Raditya Dika sudah tidak asing lagi dia merupakan seorang artis komedi serta penulis ini cukup memiliki banyak karya salah satunya di novel ubur ubur lembur ini.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai resensi novel ubur ubur lembur secara lengkap mulai dari identitas novel, sinopsis, unsur intrinsik, ekstrinsik dan kelebihan dan juga kekurangannya. Yuk, simak sampai akhir ya!

Identitas Novel Ubur Ubur Lembur

Judul NovelUbur Ubur Lembur
PenulisRaditya Dika
PenerbitGagas Media
Ukuran Buku 13×20 cm
Jumlah Halaman235 Halaman
KategoriKomedi
Tahun Terbit2018
Harga Buku Rp. 76.000,-

Novel yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2018 ini merupakan karya Raditya Dika yang cukup best seller dan diterbitkan oleh Gagas Media. novel ini bergenre komedi yang menceritakan tentang pengalaman belajar hidup dari apa yang dia cintai.

Karen novel ini bergenre komedi jadi kamu akan merasa terhibur dengan kisah-kisah konyol yang diceritakan dalam novel tersebut. Yuk, simak dulu sinopsisnya di bawah ya!

Sinopsis Novel Ubur Ubur Lembur

Dalam resensi novel ubur ubur lembur ini kami akan jelaskan sedikit tentang sinopsis novel dimana sinopsis ini akan membantu kamu memahami apa isi dari novel tersebut secara garis besar.

Novel ini ditulis berdasarkan kegelisahan yang dirasakan oleh Raditya Dika karena dengan waktu yang semakin lama semakin terbatas maka menulis adalah sebuah kemewahan baginya.

Suatu sore ia diundang ke acara Ubud Writers & Readers festival dalam acara tersebut ia bertemu dengan seorang komedian asal Australia yang tidak disebutkan namanya.

Dan akhirnya ia memutuskan untuk menulis lalu setelah pulang dari acar tersebut di tulislah draf pertama ubur ubur lembur ini.

Dan ubur-ubur lembur ini menceritakan tentang pengalaman Raditya Dika yang belajar hidup dari apa yang dia cintai ia menganggap bekerja kantoran tidak sesuai dengan minat dan bakatnya.

Seperti seekor ubur-ubur lembur, lemah dan lunglai karena hanya hidup mengikuti arus, bekerja lembur hingga malam hari tapi tidak bahagia dan tidak menemukan sesuatu hal yang bisa memberikan arti dalam kehidupan.

Dan Radit pun tidak mau jadi seekor ubur-ubur lembur Radit ingin bisa berjalan menggunakan dua kakinya dan Radit percaya bahwa jika kita hidup dari apa yang kita cintai maka kita akan mencintai kehidupan kita.

Di dalam novel ubur-ubur lembur ini mengisahkan perjalanan hidup Radit dengan 14 cerita di dalamnya mulai dari cerita temannya, cerita dirinya waktu SD, cerita saat shooting dan cerita lainnya.

Dan bagi kamu yang penasaran dengan kisahnya kamu bisa simak secara langsung kisah lengkapnya di novel ubur-ubur lembur dijamin akan penuh tawa karena di sajikan dengan lawak dan menghibur.

Unsur Intrinsik Novel Ubur Ubur Lembur

Dalam sebuah resensi tentunya kamu juga akan menemukan unsur intrinsik di dalamnya dan berikut beberapa unsur intrinsik yang terdapat dalam novel ubur-ubur lembur, diantaranya adalah:

1. Tema

Tema yang diangkat dalam novel ini yaitu tentang kisah perjalanan hidup Raditya Dika yang disajikan dalam 14 cerita di dalamnya yang random banget.

2. Tokoh dan Penokohan

Berikut beberapa tokoh yang terdapat dalam novel ubur-ubur lembur diantaranya adalah:

  • Raditya Dika, ia merupakan tokoh utama dalam novel yang menceritakan kisah kisah memiliki sikap yang lucu dan ocak banget dan kadang pemikirannya di luar nalar
  • Ibu Raditya Dika, ibu yang baik dan sangat perhatian
  • Andri dan Sally, dua tokoh percintaan yang Radit ceritakan dalam novel ubur-ubur lembur
  • Dan masih banyak lagi tokoh lainnya

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ubur-ubur lembur ini menggunakan alur campuran dimana terdapat alur maju dan alur mundur dalam novel ini.

4. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam novel ini cukup random yaitu saat waktu SD, saat SMA, saat shooting dan masih banyak lagi setiap cerita akan berbeda latar waktunya.

5. Latar Tempat

Karena novel ini memiliki 14 cerita maka novel ini juga memiliki latar tempat yang akan berbeda-beda salah satunya di kebun binatang ragunan, di kamar dan masih banyak lagi latar tempat lainnya yang digunakan dalam novel ini.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan dalam novel ubur-ubur lebur ini tentunya menggunakan sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yaitu Raditya Dia sendiri sebagai sosok gue.

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup unik dan menghibur dimana gaya basaha sederhana dan ada efek komedi didalam dialog-dialog yang ia sajikan.

8. Amanat

Bahwa hidup adalah sesuatu yang harus di syukuri dan seharusnya kita bahagia jika kamu bisa hidup dengan pashion yang kamu cintai dan merasa nyaman dalam mengerjakannya dan setiap waktu akan menjadi berharga untuk dijalani.

Unsur Ekstrinsik Novel Ubur Ubur Lembur

Selain unsur intrinsik tentunya sebuah novel juga memiliki unsur ekstrinsik dimana unsur ekstrinsik ini adalah unsur pembangun novel yang berasal dari luar dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Nilai Sosial

Nilai sosial yang terkandung dalam novel ini menggambarkan bahwa Raditya merupakan sosok yang sangat memiliki banyak teman artinya sosialiasi Radit cukup bagus.

2. Nilai Moral

Sikap Radit yang kocak ini bisa menghibur siapa saja termasuk teman, ibunya dan juga kekasihnya dan itu merupakan nilai plus yang dimiliki oleh Raditya Dika.

Kelebihan Novel Ubur Ubur Lembur

Dalam sebuah karya tentunya kita akan menemukan beberapa kelebihan dan juga kekurangan termasuk dalam sebuah novel. Tidak terkecuali novel ubur-ubur lembur ini juga memiliki kelebihan diantaranya adalah;

  • Ditulis dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dimenegrti
  • Karena kisah nyata dan banyak nilai positif di dalamnya terutama dalam rasa syukur dengan kehidupan yang telah dijalani
  • Memberikan energi posistif karena gaya penulisan yang kocak dan menghibur
  • Ada beberapa ilustrasi dalam novel sehingga tidak membuat pembaca merasa  bosan

Kekurangan Novel Ubur Ubur Lembur

Selain kelebihan tentunya novel ini juga memiliki kekurangan dan berikut beberapa kekurangannya, yaitu:

  • Ada banyak banyolan-banyolan yang sebetulnya sulit dipahami oleh orang awam
  • Karena hanay menggunakan bahasa singkat dan tidak baku
  • Ada istilah kasar yang sebenarnya bisa diganti dengan yang lebih baik agar aman dibaca anak-anak

Pesan Moral Novel Ubur Ubur Lembur

Dalam novel ini mengajarkan bahwa kita bisa mensyukuri arti kehidupan ketika kamu bisa memilih kehidupan sesuai dengan fashion dan keinginanmu sehingga kamu menjalaninya dengan tanpa terpaksa dan bahagia.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai resensi novel ubur-ubur lembur mulai dari identitas novel, unsur intrinsik, sinopsis, kelebihan dan kekurangan hingga pesan moralnya. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan membantu kamu yang sedang mencari resensi novel ini.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: