[Resensi] Sinopsis Novel Teluk Alaska dan Instrinsiknya

Kalian anak muda tentunya sudah tahu dong dengan novel Teluk Alaska ini dimana novel ini diangkat menjadi sebuah film yang cukup menarik para remaja. Sebelum menonton filmnya untuk detail lebih lanjut kamu bisa simak sinopsis novel Teluk Alaska terlebih dahulu di sini.

1 Fashion murah

Di artikel ini tim Mustakim Media akan coba menjelaskan sinopsis, identitas, unsur intrinsik dan ekstrinsiknya bagi kamu yang penasaran bisa simak artikel ini sampai selesai ya!

fashion muslim murah

Identitas Novel Teluk Alaska

JudulTeluk Alaska
Nama PenulisEka Aryani
Nama PenerbitCoconut Book
Jumlah Halaman407 Halaman
Ukuran Buku14×20,5 cm
KategoriRomance
Tahun Terbit2020
Harga BukuRp.99.000,-

Novel Teluk Alaska ini awalnya di tulis Eka Aryani di sebuah aplikasi Wattpad dan disahkan menjadi novel pada tahun 2019 dan kerennya novel ini mendapatkan penghargaan Book of The Year 2020 dari Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi).

Dan kemudian novel ini diangkat menjadi sebuah film yang diperankan oleh Devano Danendra dan Syfa Hadzu.

Sinopsis Novel Teluk Alaska

Nah, setelah mengetahui secara singkat mengenai identitas novel Teluk Alaska selanjutnya mari kita bahas sinopsis novel Teluk Alaska ini secara singkat saja dan berikut penjelasan lengkapnya.

Novel Teluk Alaska bercerita tentang gadis bernama Anatasia Mhysa atau Ana. Yang memiliki sifat pendiam sehingga ia tidak memiliki kawan.

1 Fashion murah

Dan alhasil, ia hanya bisa mencurahkan segalanya di buku diary berwarna pink yang selalu ia bawa kemanapun. Tidak hanya itu, ia juga memiliki buku lain yang berisi semua rahasia miliknya.

Ana menjalani kehidupan sulit ia kerap di bully oleh Tasya dan Cindy. Hingga akhirnya hadirlah Bulan sebagai sosok teman yang bisa membuat Ana lebih ceria dari sebelumnya.

Lalu, ada karakter lain yang bernama Aliester yang bersikap kasar suka merundung anak-anak lain termasuk Ana. Bahkan, Alister dan gengnya menyuruh orang-orang di kelas untuk tidak berteman dengan kamu.

Nama Alister ini sempat membuat Ana teringat dengan teman masa kecilnya yang memiliki nama yang sama. namun, Ana belum terlalu yakin bahwa dia adalah teman kecilnya karena sifatnya sangat berbeda dengan Alister yang dulu.

Ana yang terus dirundung oleh Alister berusaha tetap tenang dan sabar. Selain itu, ia juga memiliki Bulan yang siap membantunya saat Ana sedih. Namun, Ana teta tidak bisa berhenti memikirkan Alister sehingga ia memutuskan untuk mencari tahun tentang Alister.

Dan suatu hari, Alister mendapati Ana diluar sekolah dan memutuskan untuk mengikutinya sepulang sekolah. Namun, ternyata Ana justru pergi ke makam ayahnya dan menangis di depan batu nisan sang ayah.

1 Fashion murah

Dari situ, Alister baru menyadari bahwa selama ini Ana selalu menceritakan segala kesulitan yang ia hadapi di sekolah kepada mendiang ayahnya dan hal ini membuat perasaan Alister hancur.

Ia pun menyadari sikapnya selama ini kepada Ana dan memutuskan untuk tidak lagi merundung Ana lagi. Dan dengan perlahan tapi pasti  akhirnya mereka berdua menjadi lebih terbuka satu sama lain dan membuat mereka saling menyukai satu sama lain.

Lalu bagaimana kelanjutan cerita mereka berdua? Apakah benar Alister merupakan teman masa lalu Ana? Apakah mereka berdua memutuskan akhirnya memutuskan untuk bersatu? Kamu bisa simak kelanjutan cerita ini di novelnya agar semakin menyentuh.

Unsur Intrinsik Novel Teluk Alaska

Di sinopsis novel Teluk Alaska ini kami juga akan sedikit bahas mengenai unsur intrinsik novel dan berikut penjelasan lengkapnya:

1. Tema

Tema yang diangkat dari novel Teluk Alaska ini yaitu adalah tentang persahabatan dan juga percintaan.

2. Tokoh dan Penokohan

  • Ana: Pendiam dan baik hati
  • Tasya, Cindy: suka bully dan menghina
  • Bulan: baik hati, ceria
  • Alister: kasar, pemarah tapi penyayang

3. Alur

Alur yang digunakan dalam novel ini adalh alur campuran.

1 Fashion murah

4. Latar Tempat

Latar tempat yaitu di sekolah, ruamh sakit, dan rumah Ana.

5. Latar Waktu

Pagi, siang dan malam hari.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang yang digunakan yaitu sudut pandang orang ketiga.

7. Gaya bahasa

Ringan dan mudah dipahami.

8. Amanat

Setiap orang memiliki masalah dan tentunya jangan berputus asa untuk menyerah karena pasti ada jalan keluar yang tepat untuk mengatasi setiap masalah yang kamu hadapi.

Kutipan Penuh Makna dari Novel Teluk Alaska

Novel karya Eka Aryani ini menceritakan kisah romantis dua insan yang cukup menggugah jiwa berikut beberapa kutipan yang bisa dijadikan quotes:

1 Fashion murah

“ Perempuan itu memang sangat ingin diperhatikan, tapi jika caranya berlebihan perhatian itu bakal berubah jadi terpaksa.”

“Selamat malam bulan, sinarmu sudah menyapa wajahku. Terimakasih sudah menemaniku malam ini.”

“Kalau emang kita ditakdirkan seperti teluk Alaska, bertemu tapi tidak bersatu, gue yakin Tuhan kasih tujuan buat mempertemukan kita, gue yakin Tuhan pengen gue merubah cerita teluk Alaska yang lo bikin.”

“ jika kau bahagian dengan pilihanmu aku bisa apa? Aku hanya bisa ikut bahagia meskipun menyakitkan hati.”

“Kamu tahu, kita seperti lautan di Teluk Alaska, aku bisa melihatmu namun tidak bisa menggenggammu.”

“Disaat orang lain beranggapan kalau kamu nggak berguna, inget, masih ada aku yang butuhin kamu buat bikin hidupku sempurna, dan kamu bukan seedar berguna, tapi anugerah”

1 Fashion murah

Kelebihan dan Kekurangan Novel Teluk Alaska

Setiap novel tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangannya untuk lebih jelasnya kamu bisa simak beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari sinopsis novel Teluk Alaska ini berikut penjelasannya:

1. Kelebihan

Ada beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui dari novel ini, diantaranya adalah:

  • Kelebihan pertama dari novel ini adalah penggunaan kata yang mudah dipahami dan dimnegerti
  • Selain itu konflik dalam cerita novel ini juga cukup kompleks membuat pembaca terus merasa penasaran
  • Tidak hanya menceritakan tentang kisah cinta, tapi juga hubungan dengan serapih mungkin dengan jalan cerita yang runtut

2. Kekurangan

Selain kelebihan novel Teluk Alaska ini juga memiliki kekurangannya dan berikut beberapa kekurangannya adalah:

  • Pertama novel ini ada banyak salah ketik atau tyfo
  • Ada banyak perilaku remaja yang suka merundung itu adalah sikap negatif yang tidak patut di contoh

Pesan Moral Dalam Novel Teluk Alaska

Di sinopsis novel Teluk Alaska ini juga akan dibahas mengenai pesan moral dari novel dan berikut beberapa pesan moral dalam novel ini yaitu:

  • Jangan menghakimi seseorang akan sifat dan prilaku atau tindakannya karena kita tadak tahu penyebabnya
  • Setiap orang memiliki sisi sendiri yang tidak dapat diperlihatkan termasuk sisi gelapnya
  • Jangan merendahkan orang lain tanpa kamu mengetahui latar belakang seseorang

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai sinopsis novel Teluk Alaska mulai dari identitas hingga unsur intrinsik dan juga kutipan menarik hingga pesan moral yang terkandung dalam novel Teluk Alaska ini.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu kamu yang sedang mencari referensi mengenai novel ini.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: