Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi dan Contohnya

Ruang lingkup ilmu ekonomi itu bisa dikatakan sangat luas. Banyak hal yang bisa dipelajari dari aktivitas ekonomi. Mulai dari yang paling kecil di tingkat keluarga, hingga tingkat tertinggi level dunia. Sehingga, ruang lingkup ilmu ekonomi itu memang sangat luas.

1 Fashion murah

Luasnya ruang linkup dari ilmu ekonomi membuat banyak orang yang tertarik mempelajari disiplin ilmu tersebut. Lalu, apa saja sebenarnya ruang lingkup dari ilmu ekonomi? Ini dia beberapa penjelasan mengenai ruang lingkup dari ilmu ekonomi.

fashion muslim murah

Memahami Dasar Ilmu Ekonomi

Pada dasarnya, ilmu ekonomi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang cara manusia dalam mencukup kebutuhan hidupnya dengan menggunakan daya yang dimiliki. Lebih sederhananya lagi, ilmu ekonomi adalah ilmu tentang hal yang berkaitan dengan materi, khususnya keuangan.

Salah satu ahli ekonomi, Thorstein Veblen punya konsep tersendiri. Ia mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari kemampuan manusia dalam menentukan pilihan produksi, distribusi hingga konsumis pada sebuah kebudayaan.

Ilmu ekonomi memang mempunya cakupan yang sangat luas. Banyak objek maupun subyek yang bisa dipelajari. Ilmu ini juga terus berkembang mengikuti zaman. Terdapat banyak hal baru yang bisa dipelajari di era digital seperti sekarang ini.

Hal yang Dipelajari dari Ilmu Ekonomi

Banyak hal yang bisa dipelajari dari ilmu ekonomi. Mulai dari bidang usaha kecil sampai kebijakan moneter dari sebuah negara. Sehingga, bisa dibilang kalau ilmu ekonomi mempunyai cakupan yang sangat luas. Berikut ini beberapa hal yang dapat dipelajari dari ilmu ekonomi.

1 Fashion murah

1. Sistem Keuangan Negara

Salah satu hal yang bisa dipelajari dari ilmu ekonomi adalah bagaimana sistem keuangan negara berjalan. Sistem keuangan dari sebuah negara bisa dipelajari secara menyeluruh. Mulai dari nilai tukar dengan negara lain hingga proses pengaturan sebaran uang dalam negeri.

Ilmu ekonomi memang punya banyak studi. Sistem keuangan negara menjadi salah satu yang paling sering dibahas pada ilmu ekonomi. Hal ini memang jadi salah satu bahasan yang cukup menarik jika dilihat dari sudut pandang ekonomi.

2. Perbankan

Serba – serbi perbankan juga bisa dipelajari dalam disiplin ilmu ekonomi. Sistem perbankan memang jadi bahasan yang menarik. Di Indonesia, ilmu perbankan sangat bermacam – macam. Apalagi di Indonesia diterapkan juga ilmu perbankan syariah.

Ilmu perbankan memang jadi salah satu fokus utama dari ilmu ekonomi. Banyak yang tertarik untuk mempelajari seluk beluk dunia perbankan karena karir di sektor tersebut sangat lebar. Di dalam bank memang ada banyak studi dan cabang ilmu ekonomi yang banyak diminati.

3. Kredit dan Pinjaman

Hal lain yang juga dipelajari dalam disiplin ilmu ekonomi adalah sistem kredit dan pinjaman. Tiap negara mempunyai sistem kredit dan pinjaman yang berbeda. Dalam pembahasan ini diatur berapa jumlah batas pinjaman yang diperbolehkan dan berapa bunga dari tiap pinjamannya.

Masalah kredit dan pinjaman di Indonesia memang menarik untuk diikuti dan dikuliti. Selain sektor pinjaman level negara, ada juga pembahasan mengenai kredit dan pinjaman di level paling bawah. Studi tentang kredit dan pinjaman memang jadi cabang ilmu yang menarik untuk dikulik.

1 Fashion murah

4. Perdagangan dan Pemasaran

Bahasan tentang perdagangan dan pemasaran juga ikut dibahas dalam ilmu ekonomi. Banyak teori perdagangan dan pemasaran yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. Ilmu terapan tersebut tentunya akan sangat bermanfaat untuk dipelajari masyarakat.

Bahkan sekarang ini banyak universitas yang membuka program studi marketing atau pemasaran. Itu membuktikan kalau ilmu tentang pemasaran mulai mendapatkan tempat di kampus nasional Indonesia. Pengaruh perdagangan dan pemasaran memang sangat besar di era modern.

5. Akuntansi

SIstem akuntansi juga merupakan cabang ilmu ekonomi. Akuntansi atau pencatatan keuangan merupakan bagian penting dari kegiatan ekonomi masyarakat. Sehingga, ilmu akuntansi ini perlu dipelajari dengan sangat baik karena bisa langsung diterapkan.

Bidang akuntansi memang jadi salah satu bidang studi yang paling banyak diminati. Di sejumlah universitas ternama, fakultas akuntansi mempunyai banyak peminat tiap tahunnya. Intinya, kuntansi memang jadi ilmu penting buat banyak orang yang punya bisnis.

6. Investasi

Bagaimana caranya berinvestasi juga menjadi ilmu ekonomi yang dapat dipelajari. Perkembangan investasi di dunia memang pesat. Segala macam bentuk investasi itu bisa dipelajari dari yang paling mendasar hingga yang paling terkini. Ini adalah cabang ilmu ekonomi yang banyak diminati.

Studi tentang investasi memang sangat menarik untuk dikulik secara mendalam. Apalagi sekarang kesadasarn akan investasi terus meningkat. Terutama di kalangan anak muda. Sistem investasi yang sangat modern saat ini memang jadi studi yang banyak diminati.

1 Fashion murah

7. Perpajakan

Cabang ilmu ekonomi berikutnya adalah perpajakan. Ilmu tentang pajak ini adalah salah satu studi yang paling lama di dunia. Karenanya, cabang ilmu perpajakan ini memiliki peminat yang sangat banyak. Mereka yang kuasai ilmu perpajakan bakal mudah dapatkan pekerjaan.

Pajak memang jadi bagian dari ilmu ekonomi yang banyak diulas dan mendapatkan sorotan. Apalagi, peemrintah Indonesia gencar memberikan keringanan atau juga amnesti pajak dalam beberapa kurun waktu tertentu. Ilmu perpajakan juga terus berkembang dari waktu ke waktu.

Klasifikasi Ruang Lingkup Ekonomi

Ruang lingkup ekonomi itu bisa diklasifikan menjadi dua, yakni ekonomi makro dan mikro. Ruang lingkup dari ekonomi makro tentu lebih luas daripada mikro. Semuanya bisa disesuaikan dengan luas dan cakupannya. Berikut ini penjelasan tentang klasifikasi ruang lingkup ekonomi.

1. Ruang Lingkup Ekonomi Makro

Klasifikasi yang pertama adalah ekonomi mikro. Sudah sempat dijelaskan sebelumnya kalau ruang lingkup dari ekonomi makro itu sangat luas. Levelnya bisa sebuah daerah hingga negara. Jadi, ruang lingkup ekonomi makro mempunyai cakupan yang sangat besar.

Contoh dari ekonomi makro adalah bagaimana sebuah negara memutuskan nilai suku bunga. Misalnya bank sentral Indonesia membuat kebijakan menurunkan suku bunga di masa pandemi corona demi menjaga jalannya perekonomian masyarakat.

2. Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang lingkup berikutnya adalah ekonomi makro. Ekonomi makro ini berfokus kepada kegiatan ekonomi di tingkat paling bawah. Aktivitas atau kegiatan ekonomi mikro ini dianggap sebagai tulang punggung perekonomian dari sebuah negara.

1 Fashion murah

Contoh mudah dari kegiatan ekonomi makro adalah transaksi jual beli yang dilakukan di sebuah pasar tradisional. Transaksi yang nilainya kecil dan dilakukan oleh individu tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi makro.

Kesimpulan

Ruang lingkup ekonomi memang begitu luas. Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa ilmu ekonomi memang cukup penting untuk dipelajari. Melalui pembelajaran tentang ilmu ekonomi secara tepat, masyarakat bisa paham tentang pentingnya wawasan tentang ilmu tersebut.

Ilmu ekonomi memang jadi studi paling lama dan terus berkembang dari masa ke masa. Bisa disimpulkan bahwa studi tentang ilmu ekonomi ini akan terus diminati oleh banyak orang, terutama mahasiswa yang ada di berbagai perguruan tinggi.

Artikel Menarik Lainnya: