Rumus Volume Bangun Ruang Tabung dan Penjelasannya

Bagi kamu yang sedang mencari rumus volume bangun ruang tabung kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena kami akan membahas rumus beserta contoh pengerjaan soal volume tabung secara lengkap.

Tidak hanya itu kami juga akan menjelaskan beberapa ciri-ciri tabung dan komponen di dalamnya serta pengerjaan contoh soalnya serta pembahasan yuk, simak sampai akhir ya!

Komponen-Komponen Bangun Ruang Tabung

Tabung merupakan bangun ruang berisi lengkung yang terdiri dari tutup dan alas berbentuk lingkaran berurutan sama dan sisinya dilingkari persegi panjang.

Nah, sebelum membahas bagaimana rumus volume bangun ruang tabung kamu juga perlu memahami apa saja komponen dalam bangun ruang tabung. Tabung ini merupakan salah satu jenis bangun ruang tiga silinder dengan dua lingkaran sejajar sebagai tutupnya.

Dalam komponennya, terdapat dua lingkaran yang sejajar dan permukaan melingkar yang menghubungkan kedua lingkaran tersebut.

Lingkaran tutup pada tabung disebut juga sebagai lingkaran alas, sedangkan permukaan melingkar membentang di sekitar tabung antara kedua lingkaran tutup.

Lingkaran alas pada tabung ini memiliki jari-jari (r) dan diameter (d) yang sama. jari-jari merupakan jarak dari pusat lingkaran tersebut sedangkan diameter adalah garis lurus yang melalui pusat lingkaran dan memiliki panjang dua kali jari-jari.

Permukaan melingkar yang terhubung dengan kedua lingkaran tutup selain itu, tabung juga memiliki tinggi (t) yaitu jarang vertikal antara kedua lingkaran tutup. Tinggi ini menentukan seberapa tinggi tabung tersebut.

Ciri-Ciri Bangun Ruang Tabung

Nah, setelah memahami bagaimana rumus volume bangun ruang tabung berikut kita simak beberapa ciri-ciri dari tabung yang perlu di pahami dan berikut beberapa ciri-ciri dari bangun ruang tabung yaitu adalah:

1. Mempunyai 3 sisi

Dalam satu bangun ruang tabung terdapat 3 sisi didalamnya dengan adanya 3 sisi tersebut maka bangun ruang tabung bisa berbentuk. Selain itu, ketiga sisi yang ada pada bangun ruang tabung kita bisa menghitung volume pada tabung.

Adapun 3 sisi bangun ruang pada tabung terletak pada bagian sisi alas tabung, bagian sisi tutup tabung dan bagian sisi selimut tabung.

Pada bagian alas tabung dari sisi tutup tabung merupakan kunci dari terbentuknya bangun ruang tabung. Hal ini dikarenakan dengan adanya sisi alas dan sisi tutup, maka sisi selimut dapat tertutupi.

Selain itu, pada bagian selimut tabung bisa dibilang memiliki bentuk berupa bangun datar persegi panjang mengapa begitu? Karena bangun persegi panjang tersebut menjadi penghubung antara bagian sisi alas tabung dengan bagian sisi tutup tabung.

2. Memiliki 2 Buah Rusuk

Ciri kedua dari bangun ruang tabung adalah memiliki 2 buah rusuk yang letaknya berada di bagian alas dan tutup tabung dan berupa lengkungan garis lingkaran dengan adanya dua buah rusuk ini.

Kita jadi tahu bahwa garis lengkungan ini akan mempengaruhi ukuran jari-jari bangun ruang tabung, selain itu tanpa adanya dua buah rusuk kita tidak akan tahu letak lingkaran berada dimana karena tidak ada garis lengkungan.

Ciri tabung yang satu ini bisa dibilang sebagai pemberitahu letak dari lingkaran itu berada. Dua buah rusuk menjadi penting karena lingkaran merupakan salah satu bangun datar yang dapat membentuk bangun ruang tabung dari jaring tabung.

3. Adanya Lingkaran pada Bagian Alas dan Tutup Tabung

Ciri selanjutnya yaitu bangun ruang tabung ini ada alas dan tutup pada tabung yang berbentuk lingkaran pada bagian sisi alas dan sisi tutup tabung berupa lingkaran. Uniknya lagi, lingkaran yang dijadikan alas dan tutup tabung pasti memiliki ukuran yang sama satu sama lain.

Oleh karena itu, ketika menghitung keliling lingkaran kita hanya menghitung salah satu lingkaran saja dan tidak perlu menghitung lingkaran alas dan tutup tabung.

Unsur-Unsur Bangun Ruang Tabung

Nah, selian memahami volume bangun raung tabung kamu juga perlu mengetahui unsur-unsur bangun ruang tabung dan berikut penjelasannya:

1. Sisi Alas dan Sisi Tutup Tabung

Unsur pertama dari bangun ruang tabung adalah adanya sisi alas dan sisi tutup tabung dimana sisi alas dan tutup ini dua buah lingkaran yang letaknya sisi alas di bawah tabung dan tutup di bagian atas tabung.

2. Selimut Tabung

Yaitu sisi lengkung yang letaknya berada di bagian tengah tabung dan berfungsi menghubungkan sisi alas dan tutup tabung.

3. Jaring-jaring Tabung

Jari-jari yang ada dalam lingkaran pada bangun ruang tabung jarak antara rusuk tabung dengan titik pusat lingkaran.

4. Diameter Tabung

Yaitu panjang dari jari-jari tabing yang dikalikan 2.

5. Tinggi Tabung

Suatu jarak antara titik pusat lingkaran yang berada di sisi tutup tabung dengan titik pusat lingkaran yang ada di sisi alas tabung.

Rumus Volume Bangun Ruang Tabung

Sebetulnya pada artikel ini tidak akan hanya di bahas mengenai rumus volume bangun ruang tabung tapi juga rumus luas dan keliling tabung untuk lebih jelasnya kamu bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1.Rumus Volume Bangun Ruang Tabung

Volume pada bangun ruang tabung dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut V= Luas alas x tinggi. Atau V = .

2. Rumus Luas Permukaan Tabung

Dan untuk menghitung luas permukaan tabung dapat dihitung dengan cara menjumlahkan luas ketiga sisinya. Yaitu luas permukaan tabung = luas alas + luas tutup + luas selimut tabung.

Luas alas =

Luas Tutup =

Luas Selimut tabung = 2 x

L =2

3. Rumus Keliling Alas atau Tutup Tabung

Dan untuk menghitung alas atau tutup tabung dapat dihitung menggunakan rumus sebagai berikut : K = 2

Contoh Soal Menghitung Volume Bangun Ruang Tabung

Selain mengetahui rumus volume bangun ruang tabung kamu juga perlu mengetahui soal menghitung volume tabung menggunakan rumus tersebut dan berikut contoh soalnya.

1. Contoh Ke satu

Sebuah tabung diketahui jari-jarinya 6 cm, tingginya 7 cm, dan pi = 22/7 hitunglah berapa volume tabung tersebut?

Pembahasan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa rumus volume tabung adalah V

V = 22/7 x 62 x 7

= 22/7 x 252

= 792 cm3

Jadi, volume tabung tersebut adalah 792 cm kubik atau 792 cm3

2. Contoh Soal 2

Sebuah tabung mempunyai jari-jari alas = r cm dan tingginya t cm. Jika jari-jarinya bertambah menjadi 2r cm dan hitunglah:

  • Berapa perubahan volumenya
  • Jika volume bertambah 300 cm3 berapa volume tabung mula-mula?

Pembahasan

  • Volume tabung mula-mula –

Volume tabung sekarang =

Jadi, perubahan volume tabung sekarang – volume tabung mula-mula yaitu:

= 4

= 3

  • Perubahan volume tabung = 3 cm3, maka 3

Jadi, Volume tabung mula-mula = 100 cm3

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai rumus volume bangun ruang tabung kamu bisa bisa menghitung volume dengan rumus V = . Kamu bisa lihat contoh bagaimana cara menghitungnya.

Artikel Menarik Lainnya: